Akses Konsultasi Obat melalui kolom Konsultasi Obat, terdapat pada kolom kiri atas Blog ini

Swamedikasi


swamedikasi
Swamedikasi menjadi alternatif yang diambil masyarakat untuk meningkatkan keterjangkauan pengobatan. Pada pelaksanaannya swamedikasi dapat menjadi sumber terjadinya kesalahan pengobatan (medication error) karena keterbatasan pengetahuan masyarakat akan obat dan penggunaannya. Masyarakat cenderung hanya tahu merk dagang obat tanpa tahu zat berkhasiatnya Menurut WHO, peran swamedikasi adalah menanggulangi secara cepat dan efektif keluhan yang tidak memerlukan konsultasi medis mengurangi beban pelayanan kesehatan pada keterbatasan sumber daya dan tenaga, serta meningkatkan keterjangkauan masyarakat yang jauh dari pelayanan kesehatan


Di tengah himpitan ekonomi saat ini apa lagi adanya kebijakan pemerintah menaikan harga BBM yang akan berimbas pada kenaikan komoditi kebutuhan dasar manusia, banyak masyarakat berupaya melakukan pengobatan terhadap dirinya sendiri (swamedikasi). Karena jika harus pergi ke dokter maka pasien dibebankan biaya diagnosa dan lagi jika diresepkan obat yang harganya tidak sedikit, inilah alasan yang mendasar mengapa banyak masyarakat masih tetap mengandalkan self medication/swamedilasi atau pengobatan sendiri tanpa dibekali keilmuan terkait obat-obatan dan penyakit yang memadai.

Perlu ditegaskan dalam hal ini adalah tidak semua penyakit dapat ditangani hanya oleh pengobatan sendiri, penyakit yang boleh diobati sendiri oleh orang awam memiliki ciri :

  1. Penyakit bersifat ringan seperti demam 1-2 hari, jika demam sudah lebih dari 3 hari maka diharuskan periksa lebih lanjut kepada dokter, dan harus waspada jika demam sampai kejang maka diwajibkan dibawa ke Rumahsakit atau klinik terdekat.
  2. Flu dan batuk ringan biasanya sembuh +/- 1 minggu lebih dari itu sebaiknya menemui dokter untuk diagnosa lebih lanjut karena ditakutkan teridentifikasi TBC
  3. Diare ringan selama beberapa hari tetapi jika disertai demam lebih dari 3 hari disarankan menemui dokter
  4. Sakit kepala ringan biasanya sembuh setelah beristirahat/tidur
  5. Sembelit/konstipasi dan sukar tidur
Beberapa penyakit diatas dapat dikategorikan penyakit ringan dan dapat dilakukan pengobatan sendiri tetapi jika sudah melebihi batas waktu dari penyakit tersebut saya sarankan  menemui dokter untuk diagnosa lebih lanjut. Tetapi sangat disayangkan banyak ditemukan kesalahan dalam proses swamedikasi di masyarakat .


Aji Wibowo,S.Farm.,Apt.,M.P.H
Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab
Berbagai Sumber


Kami mengharapkan kritik dan saran anda dengan memberikan komentar dibawah coretan ini. 
Berikan Apresiasi anda jika coretan ini bermanfaat dengan klik like fanpage Blog ini klik Dunia Farmasi atau klik Tombol Like pada kotak Facebook Fanpage dibawah coretan ini, Terimakasih :)
 

Related Post :



2 Komentar :

  1. maunya lebih murah tapi kejadiannya malah lebih mahal kalau berobat tanpa ada dasar ilmunya. biasanya aku lebih pilih ke apotek langsung kl sakit ringan aja,tanya ke apotekernya saja udh lkp dijelasin obatnya ap aja

    nice to read

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu bertanya dulu kepada ahlinya ya mba' hehee...

      Delete

Terimakasih, Komentar anda berisi :

1. Kalimat Sopan, Bijak dan Sesuai dengan topik Coretan (Baca : Tulisan)

2. Pertanyaan atau pernyataan positif yang bersifat membangun

3. Promosi, Link Hidup, Spam dan Link Porno akan ditempatkan khusus di folder Spam

My Ping in TotalPing.com Top Blogs Page Ranking Tool TopBlogIndonesia.com BlogrollCenter.Com