Pengobatan Tersengat Lebah/Tawon

Lalalaa... nanaa,... dadiiduu,... uuuoo,...*lagi nyanyi ga jelas neh sob,..hehee..itung-itung buat nambah semangat pagi hari ini sob,...soalnya pagi tadi saya berangkat untuk proses mencari data penelitian tesis. Saat melewati daerah sepi alias kanan kiri kebun-kebun warga, saya mbatin (ngomong dalam hati) kok banyak bener nih kupu-kupu warna kuning (ngga’ tahu nama spesiesnya jd sebut aja kupu-kupu kuning :P piss...) ngngng,.. ZzzZzz... Astaghfirullah Hal Adzim..!!!

Teriak kanget sob,..karena suara tadi ternyata suara tawon galau yang hinggap di jari tangan saya saat motor melaju santai. Kenapa galau ? udah tahu ada motor lewat eehh,..santai aja terbang ke arah motor yang akhirnya hinggap di jari telunjuk kanan dan si tawon sangat baik hati bro,..selain “bersilaturahmi” ke jari saya, ternyata dia juga ninggalin sengat dan racunnya :”( Aarrghh,..!! baru aja mau berangkat udah ada halangan begini,..(sedikit mengeluh boleh kan sob,..hehee..) Tapi nggak boleh terhalang hanya karena sengatan tawon galau geje. Aku Harus Tetap Berangkat !! Semangaatt..!!


Itu ceritaku,..apa ceritamu,.. *malah iklan hahaa..
Singkat cerita pagi ini saya tersengat tawon galau bro,..rasanya ? mmm,..Alhamdulillah yah,..sesuatu beuudd dah :P pertama kaget, kedua jengkel, ketiga instrospeksi, keempat Alhamdulillah. Kaget dan jengkel mungkin tidak perlu dibahas ya sob,..manusia normal geto lhoo,..introspeksi broo,..kl di’inget-inget sebelum berangkat tadi sudah baca doa, ah..mungkin doa’nya nggak khusuk dan semoga ada rezeki lain dibalik sengatan lebah ini ammiin,..*ngarep.com. Alhamdulillah broo,..dengan terkena sengat tawon ini, saya jadi punya ide nyata buat coretan baru di Blog Dunia Farmasi yang udah vakum 2 minggu :”( hahaa,.. Kalau dulu saya pernah posting coretan tentang Pengobatan Terkilir yang isinya tentang cerita saya di jalanan sekarang juga akan saya bahas tentang Pengobatan Tersengat Tawon/Lebah yang juga terjadi di jalanan hhhmm,...jalanan memang tempat yang berbahaya. yokk,..lanjut bacanya,..

Kita bahas bagian tawon’nya dulu ya sob,..
Bagian sengat tawon disebut sebagai Ovipositor yaitu suatu organ hewan/serangga yang digunakan untuk oviposition (bertelur) oleh karena itu hanya dimiliki oleh tawon/lebah betina. Sengatan Hymenoptera (tawon, lebah, dan beberapa semut) juga termasuk ovipositor, tetapi termodifikasi alami sehingga berhubungan dengan kelenjar racun yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa dengan racun/bisa sengatannya. Ketika tawon/lebah menyengat maka alat penyengat (Ovipositor) serta kantung racun tertinggal/tertancap di tubuh korban (lebah madu yang mati setelah menyengat), ada juga yang tidak tertinggal (golongan hymenoptera) dan dapat digunakan menyengat lagi. Pada kasus yang saya alami tadi pagi sepertinya jenis hymenoptera karena bentuk tawonnya berwarna merah gelap cenderung coklat dan sengatannya tertancap di jari karena refleks tangan saat ada sengatan. Racun/bisa dari sengatan tawon/lebah adalah melittin toxin, histamin dan amina biogenik lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada bagian yang tersengat.

Melittin toxin
melittin toxin merangsang ujung saraf reseptor nyeri di kulit. Hasilnya adalah sensasi yang sangat menyakitkan, yang dimulai dengan nyeri yang berlangsung beberapa menit dan kemudian menjadi rasa nyeri, pegal, panas, gatal dan terjadi peradangan. Bahkan sampai beberapa hari kemudian, daerah sengatan menjadi sensitif terhadap sentuhan. Tubuh akan merespon sengatan untuk mengeluarkan komponen racun oleh cairan darah. Jika sengatan tawon/lebah bukan pertama kalinya maka ada kemungkinan sistem kekebalan tubuh langsung mengenali racun dan meningkatkan prosedur pembuangan. Alhamdulillah dulu sudah beberapa kali tersengat tawon/lebah jadi sekarang sakitnya tidak ter la lu walaupun terasa WOW !! hhmm,..

Histamin toxin
Ilustrasi bengkak
Histamin adalah senyawa nitrogen organik yang terlibat dalam respon imun lokal serta mengatur fungsi fisiologis dalam usus dan bertindak sebagai neurotransmitter serta memicu respon peradangan (pembengkakan). Setelah 1-2 jam tersengat maka terjadi pembengkakan pada daerah kulit sekitarnya. Persis sama seperti yang saya alami sob,..setelah sampai di Puskesmas tempat pengambilan data-data tesis. Si jari telunjuk dan telapak tangan atas saya jadi lebih chubby dari tangan sebelah kiri hahaa..Alhamdulillah masih bisa digerakin untuk membuat coretan ini. Racun histamin ini ternyata yang membuat keadaan sengatan tawon/lebah menjadi berbahaya dan menimbulkan dua jenis reaksi pada tubuh, yaitu :
  1. Gejala lokal (pada daerah sengatan) : Rasa panas dan nyeri, Pembengkakan, Gatal-gatal,  Benjolan merah
  2. Gejala menyeluruh (sistemik) : gatal seluruh tubuh, gangguan pernapasan, syok anafiatik, bahkan Insufisiensi ginjal yang berpotensi mengancam jiwa akibat sengatan yang banyak pada satu waktu (tawon/lebah main keroyokan). 
 Protein dalam racun bertindak sebagai enzim, satu enzim melarutkan semen yang menjaga sel tubuh bersama-sama, sementara yang lain meningkatkan perforasi dinding sel. Kerusakan ini melepaskan serpihan jaringan kecil yang akan dihilangkan melalui ginjal. Tetapi, jika serpihan tersebut terlalu banyak terakumulasi pada ginjal dalam waktu terlalu cepat, maka ginjal akan tersumbat dan dapat menyebabkan kematian akibat gagal ginjal.

Pengobatan
  1. Bengkak : Kompres dengan air dingin atau es (dalam kantung) seperti kompres pada Pengobatan Terkilir, salep Betametason pemakaian 2-3x sehari, Jika tersengat di daerah tangan atau kaki, maka tinggikan bagian tersebut
  2. Nyeri : Berikan terapi obat antinyeri seperti asetaminofen 3x sehari, aspirin 3x sehari (rekomendasi FDA tidak untuk anak umur dibawah 18 tahun ), asam mefenamat 3x sehari, na diklofenak 2-3x sehari
  3. Gatal-gatal : Berikan antihistamin seperti Diphenhydramine 3-4x sehari, Chlorpheniramine maleate (CTM), Cetrizine 1x sehari


Informasi lebih lanjut tentang Obat-obat'an ini hubungi segera Apoteker di sekitar anda :)

Perhatian
Jika orang yang tersengat mengalami gejala-gejala atau riwayat reaksi alergi yang parah (anafilaksis), seperti :
  1. Kesulitan bernapas atau mengi
  2. Sesak di tenggorokan atau saluran nafas menutup
  3. Suara serak atau kesulitan berbicara
  4. Mual, sakit perut, atau muntah
  5. Jantung berdebar dan nadi cepat
  6. Kulit gatal, tingles, membengkak, atau berubah merah
  7. Kecemasan atau pusing
  8. Kehilangan kesadaran
Sangat disarankan untuk menghubungi Rumah sakit terdekat agar mendapat perawatan yang lebih intensif oleh dokter yang berkompeten dengan injeksi subkutan epinefrin.

Ada juga pengobatan tradisional dari berbagai daerah untuk pengobatan tersengat tawon, ada yang menggunakan bunga melati, bunga mawar (digosokan pada daerah sengatan), bekicot (ditempelkan pada daerah sengatan), tembakau kering (digosokan pada daerah sengatan) walaupun bisa mengurangi nyeri sengatan tawon/lebah, pengobatan ini masih terbatas pada informasi penelitian ilmiahnya.

Sengatan 1 Tawon/lebah mungkin masih bisa ditoleransi tubuh dan diterapi seperti informasi diatas (kecuali syok anafilaksis), tetapi jika si tawon/lebah main keroyokan sebaiknya korban langsung dibawa ke pusat kesehatan terdekat. Karena bisa menyebabkan kematian akibat gagal ginjal. Alhamdulillah,...selesai juga Corat-Coret tentang Pengobatan Tersengat Lebah/Tawon, pernah tersengat tawon ? Bagaimana cara pengobatannya teman-teman,..?

Aji Wibowo.S.Farm.,Apt
Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab
Sumber : Clinical toxicology of animal venoms and poisons | wvu.edu | webmd.com | Randomized controlled trial of topical aspirin in the treatment of bee and wasp stings, J. Toxicol. Clin. Toxicol.

Berikan Apresiasi anda jika coretan ini bermanfaat dengan klik like fanpage Blog ini klik Dunia Farmasi atau klik Tombol Like pada kotak Facebook Fanpage dibawah coretan ini, Terimakasih. “Knowledge is nothing without sharing”
Kami mengharapkan kritik dan saran anda dengan memberikan komentar dibawah coretan ini
Author image

Blogger :

Aji adalah nama terpendek pada rangkaian lengkap nama saya, juga menjadi nama panggilan sehari-hari. Mengenyam pendidikan Farmasi di New yorkarto alias Yogyakarta sampai jenjang S2. Saat ini diberikan kepercayaan untuk menyebarkan Ilmu Kanuragan Bidang Farmasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Hubungi saya di :

Coretan Lain :



33 Komentar :

  1. so, kalo qt pke antihistamin sbg anti inflamasi.. idealny brp lama pemakaianny? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahh,..dede' neh kl bikin pertanyaan susah bener hahaa..maksudnya dede' dewi ini kortikosteroid untuk anti inflamasi topikal ? soalnya kl antihistamin lebih banyak untuk antagonis reseptor histamin H1, H2, H3 walaupun ada dugaan cetirizine berefek anti inflamasi.

      penggunaan kortikosteroid untuk anti inflamasi topikal, (jd kembali ke pertanyaan dede' kemaren nih eh,..dibahas juga dicoretan ini wkwkwk,..) ada literatur yang bilang 2-3 minggu tapi ada juga yg bilang 2-4 minggu jd kita ambil diantara itu aja de' dan yg penting lg kl udah dipakai lebih dari 2 minggu penghentiannya harus secara bertahap :)

      Delete
  2. Replies
    1. terimakasih, saya tunggu komentar bro Crusader di coretan saya yang lain..

      Delete
  3. liputri sartika30 Oct 2012 16:36:00

    mas ada cara tradisonal juga mas, ini mungkin juga hanya orang tertentu yang bisa ngambilnya. jadi waktu itu temenku lagi naik motor sama aku, trus tangannya di sengat tawon. dia langsung berenti dan tangannya yang kena sengat diusahakan jgn bergerak banyak/apalagi di kibas2kan. temenku pake tangan satunya lagi mencet bagian di pinggir2 kena sengatan tadi dan keluar kayak jarum kecil banget gitu (itu racunnya), trus lgsg dibuang. abis itu ya biasa lagi mas, ga terjadi bengkak kayak biasanyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh,..caranya boleh dicoba nih hehee..
      tangan ga bergerak dimaksudkan biar aliran darah disekitar sengatan nggak terlalu lancar biar racun sengat tidak cepat menyebar dan lsg dikeluarkan dg paksa. jarum kecil (Ovipositor) adalah alat sengat tawon bukan racun, toxin yang dikeluarkan lebah berbentuk cairan yg masuk melalui pembuluh darah dan membuat inflamasi pada daerah sekitar sengatan

      Delete
  4. Mau nanya jg nih mas...kl pake mawar itu ada efeknya g??? ada yg bilang pake mawar....malah ada yg bilang pake kotoran gigi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada efeknya bro,..dalam bunga mawar terdapat senyawa flavanoid anti peradangan/anti pembengkakkan yang mereduksi racun sengatan tawon tapi senyawa ini akan bekerja maksumal sesaat setelah tersengat tawon, kalau sudah berselang 1 jam maka efek mawar untuk anti radang sudah tidak poten lagi.

      Delete
  5. Pengalaman pribadi, waktu itu saya pernah dikeroyok lebah/tawon dan mendapat 14 sengatan di area kepala bagian belakang, kuping, leher dan jari tangan. Rasanya jangan ditanya .., seketika seperti ada ledakan rasa sakit bercampur panas di area yang tersengat.

    Selama kurang lebih 3 jam pertama, saya menderita perih, nyeri,gatal,pusing,demam,tenggorokan terasa tersekat, susah bicara dan haus. Bagian tubuh yang tersengat mulai bengkak dan memerah.

    Saya tidak segera mendapatkan perawatan medis di klinik kesehatan, namun beberapa saat setelah terkena sengatan atas pertolongan teman-teman, bagian yang tersengat segera diberi obat warung pereda sakit kepala, diolesi balsem dan diolesi tanah yang terdapat diatas lubang/sarang cacing tanah dan dikompres dengan es.
    Efeknya lumayan, rasa sakit dan panas akibat sengatan agak berkurang namun demam dan gatal masih terasa.

    Setelah diurut dan dikompres, saya meminum parasetamol dan ctm untuk meredakan demam dan rasa gatal. Dibantu oleh istri, jarum-jarum halus sengat lebah dicabut dan bekasnya diolesi dengan pasta gigi.
    Setelah itu kemudian mencoba untuk tidur. Menurut istri saya, selama saya tidur, saya mengigau dan mengaduh kesakitan (mungkin akibat demam/panas yang tinggi dan pada saat terkena sengatan lebah/tawon saya berusaha keras menahan sakit dan menjaga kesadaran, sehingga akumulasi rasa sakit itu keluar pada saat saya tidur).

    Bangun pagi keesokan harinya tubuh terasa lebih segar, namun rasa sakit, panas, gatal dan perih masih saja terasa. Bengkak mulai menjalar di area sekitar daerah sengatan.
    Setelah membersihkan diri, saya kemudian menemui dokter dan mendapatkan perawatan serta diberi berbagai jenis obat diantaranya, pereda sakit dan demam, anti alergi dan obat pereda gatal/pegal/linu. Kompres dengan es masih saya teruskan pada area yang sakit.

    Hari Ke-2, kesehatan makin baik, area pembengkakan mulai berkurang, nafsu makan kembali normal dan tidur lebih nyenyak.

    Hari Ke-3, alhamdulillah, saya dapat kembali beraktifitas seperti biasanya.

    Begitulah pengalaman saya tersengat lebah dan pengobatannya selama kurang lebih 2 hari, mudah-mudahan bermanfaat .. (sebagai info : jenis tawon/lebah yang menyengat saya, warnanya hitam, mulut bersungut, ukurannya sebesar puntung rokok pada bagian tengah tubuhnya berwarna kuning seperti memakai jaket. dan dapat menyengat sebanyak 1-3 kali. Karena tubuhnya berbentuk seperti kacang tanah, didaerah saya, purwakarta jawa barat, dinamakan sebagai "enggang suuk". biasa bersarang di dahan pohon atau di tiang lampu penerang jalan dengan diameter sarang mencapai ukuran buah nangka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terimakasih sekali sudah berbagi pengalaman tentang sengatan lebah. memang tidak ada terapi khusus untuk sengatan lebah, pengobatan yang diberikan adalah untuk mengurangi gejala-gejala yang timbul karena racun histamin dari sengat tawon.

      sebaiknya hindari tawon apapun itu jika kita tidak memiliki keahliannya seperti para peternak tawon. menjaga akan selalu lebih baik daripada mengobati

      Delete
  6. top markotop bang buat tipsnya yg kompres pake es. langsung gk sakit lagi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat, salam Apoteker

      Delete
  7. akhirnya nemuin juga ulasan cara obati sengatan lebah. terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat untuk semua, sebarkan informasi ini kepada teman-teman anda.

      Delete
  8. artikelnya cukup informatif dan gampang dimengerti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat, Salam Apoteker

      Delete
  9. mas, klo saya sih masalahnya bukan rasa sakit or nyeri pada sengatan lebahnya... tapi gatal2 diseluruh tubuhnya itu lho... yang buat saya gak kuat utk garuk2... untuk mengatasi rasa gatal diseluruh tubuh ini dgn CTM dah gak mempan mas... gimana nih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek CTM akan terasa 1 jam setelah meminumnya. jika gatal-gatalnya sudah sangat parah maka anda perlu perawatan yang lebih intensif lagi yaitu Rumahsakit

      Delete
  10. tadi malam saya tersengat tawon di sela jari tangan kanan,entah itu disengat atau digigit saya gak tau soalnya bekas gigitan nggak ninggalin kantung sengat,yang pasti tangan jadi bengkak ringan.Trus pagi harinya paha sebelah kiri sakit saat digerakan,dan pada bagian kulit paha ada beberapa bintik merah seperti setitik darah yg sudah mengering.saat tulisan ini saya buat, kaki sebelah kiri saya masih terasa sakit kalau digerakkan.apakah ini ada hubunganya dengan sengat lebah tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar ada hubungannya karena efek histamin pada setiap individi akan berbeda-beda. Sebenarnya efek tersebut akan hilang dengan sendirinya tetapi jika terlalu mengganggu maka sebaiknya anda meminta konsultasi kepada Apoteker di Apotek untuk diperiksa secara langsung atau dokter umum terdekat.

      Delete
  11. asam mefenamat bukannya buat sakit gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asam mefenamat adalah antiinflamasi non steroid, bekerja dengan cara menghambat sintesa prostaglandin dalam jaringan tubuh dengan menghambat enzim siklooksigenase sehingga mempunyai efek analgesik, antiinflamasi dan antipiretik.

      Indikasi asam mefenamat adalah Meredakan nyeri ringan sampai sedang sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma, nyeri otot dan nyeri sesudah oprasi.

      beberapa orang merasakan nyeri pada tempat sengatan, nyeri tersebut bisa digolongkan nyeri otot dan nyeri karena trauma

      Delete
  12. pak bisa tolong saya, 2 1/2 jam lalu saya terkena tawon sampai sekarag masih sakit perih,panas dan ngebet.tepatnya mengenai telapak kaki saya, mohon obatnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengurangi rasa sakitnya gunakan asam mefenamat 3x sehari atau na diklofenak 2-3x sehari. jika terjadi garal-gatal berikan Chlorpheniramine maleate (CTM) 3x sehari. Oleskan salep betametason untuk mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal disekitar sengatan

      Delete
  13. kalau didaerah kami ,, kebiasaan dari nenek moyang kami , kalu tersengat tawon , lebah , bahkan digigit lipan pun obat nya sangat lucu bahkan jorok ,, yaitu diolesin pake ujung jari yang basah yang sebelumnya di coletin ke kemaluan perempuan ,,, tapi saya pernah beberapa kali mencoba dan alhasil itu sangat ampuh ,, karena sewaktu saya digigit tawon istri saya langsung ngolesin eh gak sakit sama sekali ,, gitu juga pas saya digigit lipan langsung diolesin istri itu ampuh banget ,, gg kerasa sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh ternyata ada cara baru yang agak sesuatu hehee,.. walaupun belum terbukti secara ilmiah tapi jika itu berhasil maka dapat dikategorikan sebagai pengobatan secara empiris. terimakasih atas infonya

      Delete
  14. "Jika tersengat di daerah tangan atau kaki, maka tinggikan bagian tersebut" maksudnya ditinggikan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya tangan atau kaki tersebut diletakan pada bagian yang lebih tinggi agar proses pembengkakan lebih lambat

      Delete
  15. wah artikerlnya sangat membantu sekali pak. kebetulan kemarin keponakan saya (umur 1,5 tahun) juga terkena sengatan lebah di telapak tangan kanan. dan sekarang tanggannya menjadi bengkak sekali. oleh ibunya disuruh untuk menggerak2an telapak tangannya (gerakan seperti membuka dan menutup), apakah itu bisa membuat bengkak tangannya semakin besar? dan untuk kompres dengan air es itu untuk mengurangi bengkak atau menghilangkan nyerinya pak? kenapa tidak menggunakan air hangat? oh iya sekalian saya meminta rekomendasi obat (selain salep betamethasone nya). terimakasih sebelumnya bpak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sebarkan kepada rekan-rekan anda jika informasi ini bermanfaat. gerakan tangan membuka/menutup tidak membuat pembengkakan semakin besar. pembengkakan tersebut dikarenakan reaksi inflamasi oleh racun histamin lebah/tawon. Selain betametason ada kaltrofen gel digunakan untuk mengurangi nyeri bengkak atau thrombofob gel. Sebaiknya dikompres air dingin untuk mengurangi nyeri bengkak tapi jika sudah bengkak gunakan salep saja.

      Delete
  16. Infonya sangat membantu,terima kasih..
    saya baru saja terkena sengatan tawon, kalau seandainya tidak ditangani dengan obat-obatan apakah nantinya bisa sembuh dengan sendirinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam blogger, terimakasih sudah berkunjung. pada dasarnya obat-obatan tersebut untuk meringankan gejala yang timbul karena racun dalam sengatan tawon, Jika dirasa tidak mengganggu anda maka tubuh sebenarnya punya mekanisme penyembuhan sendiri

      Delete

Terimakasih, Komentar anda berisi :

1. Nama Komentator adalah Nama anda sebenarnya

2. Kalimat Sopan, Bijak, Positif dan sesuai dengan Topik Coretan (Baca : Tulisan)

3. Promosi, Link Hidup, dan Spammer akan saya tempatkan khusus di Folder Spam

Maaf jika komentar anda tidak langsung dibalas karena kesibukan Offline saya




My Ping in TotalPing.com Page Ranking Tool TopBlogIndonesia.com BlogrollCenter.Com Health