Halaman Konsultasi Obat bisa diakses melalui Konsultasi Apoteker (klik pada judul)

Pengobatan Terkilir atau Keseleo

Sekalian posting nih mumpung masih hangat memarnya hahaa...masih sambungan dari posting tadi malam nih sob.. “Peringatan Kecil dari-Nya”. Tahu kan.. bagaimana akhir gambar ilustrasi Peringatan Kecil itu,..Kecelakaan ?? iyap...tapi bisa dibilang kecelakaan kecil, karena Alhamdulillah yah sesuatu..ternyata nggak ada lecet sedikitpun tangan, kaki bahkan si “jupe”pun masih tetep mulus apa lagi paginya sempat dipoles biar tambah ganteng :P sekali lagi Alhamdulillah ya Rabb...tapi eh tapi ada yang aneh dengan kaki saya...


Setelah beberapa meter dari tempat kejadian, saya sempat berhenti dan memeriksa keadaan kaki, sekali lagi Alhamdulillah walaupun sepatu bolong karena nancep di suatu baut swing arm motor supri X. Kaki, khususnya bagian jari-jari tidak berdarah *berarti judulnya tadi kecelakaan antara kaki+sepatu+motor :”( Beberapa jam dari kejadian kok si kaki tambah chubby plus rasa nyeri saat sholat,..sepertinya ada otot yang nggak beres nih..dugaan pertama adalah kaki saya terkilir/keseleo lagi-lagi Alhamdulillahirobbil'alamin hanya terkilir saja coba kalau sampai kuku terkelupas? :) bisa-bisa jadwal renang tertunda betul..betul..betul..saatnya persiapkan cara pengobatan otot terkilir nih..tapi kita bahas tentang terkilir dulu yaa bro...

Definisi Terkilir
Terkilir/Keseleo dalam bahasa kedokteran dikenal dengan nama Cedera Muskuloskeletal atau sprain atau lebih spesifik lagi “Trauma” bagi kalangan medis, trauma bukan hanya ada di pikiran seperti masyarakat awam mengenal istilah trauma, tapi juga dapat diakibatkan oleh benturan, zat kimia, api, dll. Seperti halnya memar yang merupakan bentuk trauma akibat benda tumpul, luka sayat yang merupakan trauma benda tajam. Biasanya, sprain terjadi pada keadaan saat orang terjatuh dengan bertumpu pada tangan, mendarat dengan bagian luar dari kaki, atau mendatar keras di tanah sehingga menyebabkan lutut terpelintir.

Mekanisme Terkilir
Terkilir pada pergelangan kaki biasanya disebabkan oleh gerakan ke sisi luar/samping (lateral) atau ke sisi dalam/tengah (medial) dari pergelangan kaki yang terjadi secara mendadak. Terkilir secara inversi yaitu kaki berbelok dan atau membengkok ke dalam dan terbalik. Tipe ini merupakan cedera yang paling umum terjadi pada pergelangan kaki. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tulang penstabil pada sisi sebelah samping yang mengakibatkan tekanan pada kaki menjadi terbalik. Jika kekuatan tersebut cukup besar, pembengkokan dari pergelangan kaki terjadi sampai medial malleolus kehilangan stabilitasnya dan menciptakan titik tumpu untuk lebih membalikkan pergelangan kaki. Ketika serabut otot ligamentum untuk eversi tidak cukup kuat untuk menahan atau melawan kekuatan inversi, maka serabut ligamentum sisi sebelah samping menjadi tertekan atau robek, terjadilah terkilir. Sprain dapat disebabkan oleh jatuh, terpelintir, atau tekanan pada tubuh yang menyebabkan tulang pada sendi bergeser sehingga menyebabkan ligamen teregang atau bahkan robek.

Gejala Terkilir
Gejala yang dapat dirasakan jika seseorang mengalami sprain adalah nyeri, bengkak, memar, tidak stabil, dan hilangnya kemampuan untuk menggerakkan sendi. Meskipun begitu, gejala dan tanda ini dapat sangat bervariasi dalam hal beratnya, tergantung seberapa parahnya sprain/terkilir yang terjadi. Terkadang orang yang mengalami sprain merasa ada yang robek saat cedera terjadi.

Terapi dan Pengobatan Terkilir
Prinsip utama penatalaksanaan sprain adalah mengurangi pembengkakan dan nyeri yang terjadi. Terapi pemijatan pada daerah yang terkilir adalah salah besar bro,..justru akan memperparah peradangan yang terjadi karena pemijatan melibatkan tekanan pada otot/sendi yang robek. Langkah yang paling tepat sebagai penatalaksanaan tahap awal (24-48 jam) adalah prinsip RICE (rest, ice, compression, elevation), yaitu :

Rest (istirahat)
Kurangi aktifitas sehari-hari jangan menaruh beban pada tempat yang cedera selama 48 jam. Gunakan alat bantu seperti crutch (penopang/penyangga tubuh yang terbuat dari kayu atau besi) untuk mengurangi beban tumpuan pada tempat yang cedera. Cara ini yang saya abaikan hehee...kejadian jam 12an lalu jam 18.30 tetep ngeGym seperti biasa, karena jadwal latihan adalah bagian atas tubuh jadi, walaupun dengan rasa nyeri pada bagian terkilir ngeGym tetep jalan doong..

Ice (es)
kompres dingin
Kompres dingin dengan cara letakkan es yang sudah dihancurkan kedalam kantung plastik dan dibungkus handuk tipis Kemudian letakkan pada tempat yang cedera selama maksimal 2 menit guna menghindari cedera karena dingin. biarkan temperatur kulit kembali normal sebelum kembali memberikan kompres es. Tetapi jangan memberikan kompres es lebih dari 20 menit karena dapat mengganggu sirkulasi darah di sekitar bagian memar dan menyebabkan kerusakan jaringan. Fungsi kompres dingin ini adalah mengurangi memar.

Compression (penekanan)
Daerah yang sakit dibalut dengan balutan kompresi elastis untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah tersebut, dan memberikan rasa nyaman. Balutan kencang,mantap tetapi tidak sampai membuat aliran darah di sekitarnya terganggu. Lama proses compersion ini tergantung dari tingkatan terkilirnya jika rignan saja bisa 1-2 hari atau bahkan bisa 2 minggu jika tergolong terkilir berat.

Elevation (peninggian)
Pertahankan agar daerah yang cedera berada lebih tinggi daripada jantung. Tujuan daripada tindakan ini adalah agar pembengkakan yang terjadi dapat dikurangi. Misalnya jika yang cedera pergelangan kaki, upayakan posisi tidurnya pergelangan kaki diganjal bantal atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung.

Pengobatan
Sediaan obat yang mengandung analgesik dan antiinflamasi topikal dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada anggota tubuh yang terkilir. Analgesik berfungsi sebagai penghilang rasa sakit atau nyeri, sedangkan antiinflamasi berfungsi sebagai anti radang atau nyeri yang disertai panas dan bengkak. Contoh obat yang banyak dijual di Apotek adalah Na-diklofenak, ketoprofen, ibuprofen, naproksen, asam mefenamat. Selain obat tersebut terdapat pula sediaan topikal seperti krim pereda rasa nyeri contoh lafalos plus, Thrombophop Gel. Perlu diketahui obat-obat'an tersebut bukan mengobati otot/sendi yang terkilir tetapi mengurangi rasa nyeri/sakit yang disebabkan oleh memar yang terjadi.

Mau lebih jelas lagi soal obatnya...? konsultasikan ke Apoteker di sekitar anda ya sob...ceritakan proses terkilirnya bagaimana, perlihatkan bagian terkilirnya jika Apoteker merasa tidak bisa menangani dengan pemberian obat-obat saja maka pasien direkomendasikan berkonsultasi kepada dokter spesialis orthopedi untuk penanganan lebih lanjut, karena ada fase-fase penyembuhan jika terkilirnya masuk dalam kategori terkilir berat.

Aji Wibowo,S.Farm.,Apt
Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab
Sumber : Clinical Sports Medicine Book, Sports Injuries: Their Prevention and Treatment Book

Berikan Apresiasi anda jika coretan ini bermanfaat dengan klik like fanpage Blog ini klik Dunia Farmasi atau klik Tombol Like pada kotak Facebook Fanpage dibawah coretan ini, Terimakasih. “Knowledge is nothing without sharing”
kami mengharapkan kritik dan saran anda dengan memberikan komentar dibawah coretan ini

Related Post :



77 comments:

  1. nggak ada obat yang khusus buat terkilir ya..? soalnya kalau dipijat sakit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan definisinya, terkilir adalah : suatu cedera muskuloskeletal atau cedera pada tulang rawan jadi untuk memulihkannya dengan teknik RICE yg disebutkan diatas. obat2an hanya membantu mengurangi nyeri'nya bukan mengobati tanpa tindakan RICE

      Delete
  2. infoX bermanfaat banget nih kebetulan cowoku lg terkilir gara2 main futsal jd bisa ngerawat dia de hihii..

    ReplyDelete
  3. kesimpulannya adalah kalau konsultasi penyakit dateng ke dokter kalau konsultasi obat ke Apoteker :) salam Apoteker bang,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul :) salam apoteker

      Delete
  4. makasih buat infonya mas

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak, semoga bermanfaat

      Delete
  5. ooo .. gitu ya seharusnya
    dapet info bagus nih . kebiasaan di kampung , terkilir yaa di urut ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya saya juga berpikiran begitu eh setelah belajar di kesehatan ternyata keliru jk terkilir lalu langsung di'urut pada tempat sendi yg terkilir.

      kalau mau di'urut sebenarnya tidak apa2 tapi menunggu nyeri memar yang terjadi mereda dahulu

      Delete
  6. good posted......tp gmn merubah tradisi kampung sy yaaaa.?u

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tradisi indonesia tetap melekat unii,..terkilir pasti langsung diurut sampe teriak-teriak :D padahal penanganan pertamanya cuma kompres es hehee,..

      Delete
  7. bro tanya, apakah natrium diklofenak bisa untuk mengobati tangan ato sendi yg terkilir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na diklofenak atau Natrium diklofenak bukan menyembuhkan sendi yg terkilir tapi mengurangi sakit nyeri yg disebabkan karena peradangan pada sendi yg terkilir

      Delete
  8. Very nice article...

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

      Delete
  10. thanks atas tipsnya

    berguna sekali
    kalau terkilir menggunakan balsem lang berpengaruh tdak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. balsem digunakan untuk melemaskan otot sekitar padahal sebaiknya dikompres dengan es agar menghambat peradangan pada sendi yang robek

      Delete
  11. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang pengobatan keseleo... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammin.. terimakasih sudah berkunjung pak/bu semoga blog ini bermanfaat untuk anda

      Delete
  12. saya coba dulu ya gan..ini barusan tadi malam kaki saya terkilir.. mudah2an setelah mencoba teknik "RICE" bisa sembuh...
    terima kasih tipsnya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan... selamat mengobati dan semoga cepat pulih kembali

      Delete
  13. apa bedanya gan dikompres dingin[es dengan kompres hangat[param kocok] untuk persendian yang terkilir...sebelumnya makasih banget gan ama post nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompres dingin berguna untuk menghambat peradangan karena ada jaringan otot yg rusak/robek, sehingga menghambat aliran darah yang melewati jaringan tersebut yg pada akhirnya menghambat pembengkak'an karena kerusakan otot disekitar sendi akibat terkilir

      kompres panas berguna untuk melebarkan pembuluh darah agar aliran darah kembali lancar, biasanya digunakan pada saat sakit kepala atau demam.

      sama-sama gan.. semoga membantu dan semoga cepat pulih kembali

      Delete
  14. Gimana ya mengatasi urat betis yg salah urat akibat main futsal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan terapi seperti yang saya jelaskan diatas semoga cepat sembuh..

      Delete
  15. kaki kesleo akibat salah jatuh pas mata kaki,udah di terapi kenapa masih bengkak gan,,udah 2 migguan lebih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi pemulihan sendi yang robek memabg memerlukan waktu yang lama apa lagi kalau penanganan 24 jam pertama tidak tepat. silahkan konsultasikan kepada dokter orthopedi. obat-obatan hanya membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat pembengkakan

      Delete
  16. kaki kesleo pas fudsal salah jatuh gan tapi udah q terapi tetep aja masih bengkak gan,,,solusinya gimana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi pemulihan sendi yang robek memabg memerlukan waktu yang lama apa lagi kalau penanganan 24 jam pertama tidak tepat. silahkan konsultasikan kepada dokter orthopedi. obat-obatan hanya membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat pembengkakan

      Delete
  17. ibu saya pernah jatuh dan terkilir dibagian persendian siku tangan kanannya, menurut dokter karena penanganan yg terlambat dibagian itu terlanjur tumbuh jaringan yang baru. Ada gk obat yang bs digunakan untuk mengahancurkan jaringan tersebut? atau solusi lain selain operasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaringan tersebut terbentuk karena sistem keseimbangan tubuh ketika ada bagian yang tidak normal maka bagian lain akan menyesuaikannya seperti terbentuknya jaringan baru karena terkilir, jika jaringan baru tersebut tidak mengganggu aktifitas dan kesehatan maka tidak perlu dioperasi tetapi jika mengganggu sebaiknya dilakukan terapi pengangkatan dengan jalan operasi kecil. sampai saat ini saya belum menemukan ada obat yang bisa menghambat atau menghilangkan pertumbukan jaringan baru yang disebabkan karena terkilir.

      Delete
  18. pak, biasanya kalo terkilir langsung terapi RICE, sembuhnya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama kesembuhan orang sangat tergantung pada kondisi fisik dan kondisi keparahan terkilirnya jadi tidak bisa dipastikan berapa hari, minggu atau bahkan bukan. tapi rata-rata kesembuhan terkilir setelah terapi RICE adalah 2 minggu

      Delete
    2. Lama juga ya, hari senin udh harus ujian praktek olahraga lagi T_T

      Delete
  19. Makasih infonya.
    Aq dah 1mggu ini terjatuh dri plafon 3,5m . kaki kanan nggkk bisa pake jln ,1-3 hri pertama bengkak dikit, dan udah saya obati pke Trombophob gel. Ini dah 1mg msh nggk bisa pke jln, pdhl bengkaknya dah hilang, klu di liat kyak dah normal, tpi nggk bsa pke jln,kira2 penaganan selanjutnya gmna iy?
    Trim's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkak sudah hilang tapi sendi yang terkilir belum sembuh total, karenanya masih perlu penyesuaian dan perbaikan sendi tersebut memerlukan waktu yg lama. perawatan selanjutnya adalah menjaga sendir yang terkilir tidak mendapatkan beban tubuh anda

      Delete
  20. Saya kesleo lg olah raga 5 minggu lalu, pertolongan pertamanya memang dipijit, sakit banget, sampai sekarang masih ada rasa sakit dan belum berani olahraga lagi, usia saya 65 th, tiap hari hanya dipanasi dengan krem, apakah saya harus mencoba dengan terapi RICE sekarang atau sudah terlambat?
    H.Maman Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi RICE efektif sesaat setelah terjadi terkilir/keseleo jika sudah lebih dari 5 minggu tidak kunjung sembuh sebaiknya diperiksakan pada dokter spesialis orthopedi. disarankan untuk berolahraga yang low impact untuk pria/wanita umur diatas 50 tahun. olahraga low impact seperti jalan kaki, jogging, renang olahraga ini menitik beratkan pada kesehatan jantung dan pernapasan dengan tingkat cedera yang minimal

      Delete
  21. terimakasih..sangat bermanfaat pak..problem sy entah terkilir apa urat kejepit dibagian belakang pinggang,pinggul sampai paha bagian belakang kalau berdiri atau berjalan lebih dari 20 menit mau duduk terasa sulit,kaku dan nyeri begitu juga sebaliknya kelamaan duduk susah mau berdiri dan sangat nyeri. bertahun-tahun saya berusaha menahan nyeri akibat problem ini,sudah pernah diurut tapi gak ada hasilnya pak,menurut bapak bagaimana solusinya...
    trma ksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktivitas berat apa yang bpk lakukan sebelum merasakan gejala itu ? jika Bpk adalah seorang lifter/atlet angkat besi atau hobby angkat beban (fitnes) dengan beban yang berat/melebihi kekuatan maksimal anda bisa jadi anda mengalami Herniasi Nukleus Pulposus atau bahasa awamnya adalah syaraf kejepit bukan urat kejepit. saran saya nyeri yang bpk rasakan diperiksakan pada dokter spesialis orthopedi karena obat-obatan saja tidak cukum membantu menyembuhkannya

      Delete
  22. Saya terkilir pada tangan kiri bagian persendian sekitar ketiak. saat ini sudah 3 bulan belum 100% sembuh. Tangan kiri masih belum bisa diangkat keatas secara lurus (180 derajat), masih dikisaran 150 derajat. sudah diurut sekitar 9 x dalam kurun waktu 3 bulan ini. saya belum tahu metode RICE sehingga tidak melakukannya. kalau sudah 3 bulan lebih, terapi dengan metode apa bro ? lalu, ada teman yang menyarankan diberi obat neurobion pink. apa fungsi neurobion pink terhadap terkilir saya ini ? apakah bisa membantu proses penyembuhannya ? lalu biasanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhannya ? kok sampai 3 bulan belum sembuh bro ? apakah saya perlu minta bantuan untuk diurut lagi ? mohon pencerahannya. terima kasih.

    Salam,

    Susanto Hidayat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya bapak susanto berkonsultasi dengan dokter spesialis orthopedi dimungkinkan perlu rontgen pada bagian tersebut. neurobion pink berisi vitamin B yang terkait dengan terkilir mungkin adalah membantu pematangan sel agar pembentukan jaringan baru di sekitar sendir terkilir lebih optimal.

      Delete
  23. Thank you bro infonya, gw cedera otot jari dan tulang engkel mata kaki, alhamdulillah sembuhnya di tukang urut cimande.

    Tapi masih ada sedikit tegang pada otot jari jadi ga bisa bergerak luwet jari kaki gw, selesai diurut tepat seperti kata Bos kang urut melakukan metode RICE, sekarang gw masih proses pressure pake balutan kain elastis udah 3 hari tapi masih berasa aja otot yang terkilir.

    Kaki gw dibalut dan sebelumnya di olesin trombophob dulu, kira2 ada ga yah krim yang lebih manjur??

    Trus kata kang urut kalo terkilir atau keseleo jangan pake koyo atau krim hangat lainnya sebaiknya pake krim pendingin seperti thrombophob dan counterpain Cool karena ketika otot kita terkilir saat itu tarikan otot akan terasa panas makanya harus dikasih yang dingin bukan krim yang panas karena krim panas justru membuat otot dan syaraf yang terkilir bertambah tegang dan keras.

    Gimana bos info gw, bener ga??
    Untuk obatnya ada lagi yang bagusan gitu soalnya otot kaki gw masih berasa tegang kalo digerakin.

    www.HaziqFadhila.asia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali sudah mengunjungi Blog Dunia Farmasi semoga informasi didalamnya bermanfaat untuk semua.

      Logika mas Muhammad sudah benar kira-kira seperti itu. saya belum menemukan ada produsen yang mengeluarkan krim lebih manjur utk cidera otot (terkilir). Obat-obat'an yang digunakan khusus terkilir memang belum ada tapi ada obat dg indikasi itu hanya saja tingkat keparahan terkilir mas muhammad belum perlu menggunakan obat tersebut. karena ada langkah-langkah penggunaan obat seperti kelas 1 kelas 2 kelas 3 dst utk sampai pada obat kelas 3 maka pasien menggunakan obat kelas 1 dahulu. tetapi hal itu juga tergantung pada hasil diagnosis dokter jika memang diperlukan langsung obat kelas 3 maka bisa lsg digunakan.

      Semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
  24. Dok saya sudah 2 hari keseleo nih, bengkaknya lumayan besar di kedua mata kaki (luar dalam). Kalo mau berdiri nyeri banget jadi ngga bisa jalan sama skali..musti diapain ya kira2 dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya bukan seorang dokter, saya adalah Apoteker partner dokter dalam Obat-obat'an.

      bagian persendian mata kaki adalah tempat rawan terkilir, jika penanganan tidak tepat bisa berakibat fatal. sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter orthopedi, jangan diurut/pijat sembarangan.

      Delete
  25. mas aji, saya juga menderita terkilir 2 hari ini, alhamdulillah udah berkurang, udah bisa jalan lagi. Tinggal bengkaknya aja yang masih ada. Obat untuk mengobati bengkaknya itu bisa pake amoxicillin? Atau obat lainnya apa? Soalnya dulu pernah juga bengkak karena infeksi, dan teratasi lewat obat dari dokter.
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amoxicillin bukan digunakan untuk bengkak dikarenakan keseleo. Amoxicillin adalah obat antibiotik/antibakteri untuk mengobati infeksi yang menyebabkan bengkak jadi jika infeksi sembuh maka bengkak juga sembuh. salep yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan karena keseleo adalah salep yang mengandung zat aktif HEPARIN untuk Mencegah pembekuan darah di sekitar bengkak/memar karena keseleo

      Delete
  26. mas aji, saya juga menderita terkilir 2 hari ini, alhamdulillah udah berkurang, udah bisa jalan lagi. Tinggal bengkaknya aja yang masih ada. Obat untuk mengobati bengkaknya itu bisa pake amoxicillin? Atau obat lainnya apa? Soalnya dulu pernah juga bengkak karena infeksi, dan teratasi lewat obat dari dokter.
    Makasih mas

    ReplyDelete
  27. Jika keseleo di dapati dengan kondisi kulit lebam, biru dan membengkak, di tambah terbukanya permukaan kulit tentu pijat tidak di perbolehkan dalam kondisi seperti ini. jika keseleo di dapati dengan kondisi nyeri dan urat yang kaku justru pijat baik di berikan . kondisi keseleo orang berbeda2, jika di dapati dengan kondisi dislokasi tulang, chiropractic akan sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyeri yang terjadi pada keseleo dikarenakan adanya serat otot yang robek jika parah dapat ditandai dengan adanya darah yang menggumpal di sekitar sendi yg terkilir. prinsip pengobatan medis untuk keseleo adalah mengurangi tekanan pada sendi tersebut agar proses pembentukan jaringan baru bisa lebih optimal. proses pemijatan justru akan membuat jaringan otot pada sendi akan bertambah rusak. jika didapati dislokasi tulang maka bukan lagi disebut keseleo.

      Delete
  28. ooo begitu ya.

    kalo saya sih tiap kali kaki terkilir (sudah lebih dari 5 kali) dan sekarang udah yg kesekian kalinya pasti saya pergi ke tukang urut, takutnya urat yg ada di persendian itu kejepit dan bisa menyebabkan stroke dikemudian hari tapi itu menurut pemikiran ane sih pak makanya tiap kali kaki terkilir pengobatannya ya di bawa ketukang urut. . .
    mohon penjelasannya ya.

    oia apakah terkilir ini juga bisa menyebabkan cacat, soalnya ana setiap kali terkilir pasti yang disebelah kanan pak. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. "takutnya urat yg ada di persendian itu kejepit dan bisa menyebabkan stroke" sepertinya perlu diluruskan tentang apa itu urat apa itu pembuluh darah dan apa itu serat otot. urat sering diinterpretasikan sebagai garis2 yg terlihat dibalik kulit ada yg terlihat jelas ada yg tidak. sebenarnya itu bukanlah urat melainkan pembuluh darah. jika pembuluh darah ini tersumbat memang bisa menyebabkan stroke. tetapi jika terkilir pada bagian sendi maka serat-serat ototlah yang rusak/robek bukan pembuluh darahnya yg terjepit.

      sebenarnya bukan cacat tetapi lebih pada sendi tersebut menjadi lemah sehingga jika jaringan otot di daerah tersbut belum terbentuk sempurna dan mendapatkan tekanan berlebih karena sepak bola atau lainnya maka sendi itu akan mudah terkilir kembali

      Delete
  29. mksh infonya,bermanfaat skali,,kl sy prnh kclkaan 2 bln yll,,,pergelangan kaki sy luka keseret motor,,skrg sdh kering tp msh ngelupas2,,otot pergelangan kaki mnjadi kaku krn ada penebalan kulit punggung kaki,,apa masih perli RICE?? apa aman kalo di urut? mksh sblm nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menjawabnya saya perlu minimal foto keadaan luka atau bekas luka anda. untuk saat ini mengurangi penebalan kulit gunakan salep anti keloid yg bisa didapatkan di Apotek

      Delete
  30. Seminggu yg lalu saya jatuh dr atap kaki bengkak dan sakit bgt. Mgkin keseleo. Sekarang buat napak aja msh sakit. Mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses penyembuhan sendi robek atau otot robek memerlukan waktu 2-3 minggu untuk sembuh total bisa mencapai bulanan. sebaiknya anda tidak melakukan gerakan atau aktivitas yang berat dahulu agar pembentukan jaringan baru pada sendi bisa lebih optimal

      Delete
  31. Yes! I've found the weblog very good like this. Boleh nanya nggak niy, Dok? Saya latihan lari jogging selama 30 menit setiap pagi dan sore. Terus, suatu saat otot kaki di sekitar otot peroneus longus di kaki kanan saya terasa nyeri dan ngilu, apalagi kalau kaki kanan saya dijingkat-jingkatkan. Nah, obat dalam dan obat luar apakah yang cocok untuk saya, Dokter? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf saya bukan dokter melainkan Apoteker yaitu mitra dokter dalam pengobatan yang optimal, penggunaan obat luar agar dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan dan memberikan rasa hangat pada sendi. rasa hangat tersebut dapat mengoptimalkan proses penyembuhannya. Tidak ada obat yang khusus untuk keseleo tetapi obat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakannya serta vitamin/suplemen untuk membantu kesembuhan yaitu vitamin tulang dan sendi

      Delete
  32. pagi pak aji....
    saya mengalami cedera kaki akibat kecelakaan,,dan sudah 2 minggu masih bengkak,,saya belum bisa berjalan normal (masih memakai tumpuan jari-jari kaki untuk berjalan),,sudah cek-up k dokter dan mereka bilang tidak apa2,,huft.....
    yang saya kuatirkan cairan yang mengakibatkan bengkak di kaki apakah bisa berubah menjadi nanah??saya kuatir sekali pak,,mohon info nya
    selama cedera saya mnum nonflamin,voltadex dan mengoles thrombophob gel,,dan terkadang saya kompres memakai air hangat
    terima kasih

    ReplyDelete
  33. klo keseleo gak sembuh2 dari 2bulan itu gimna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari keparahan sendir yang keseleo, waktu normal untuk memulihkan 100% keseleo ringan-sedang adalah 1-2 bulan. jika masih terasa sakit pada sendi yg keseleo sebaiknya tidak memaksakan sendir tersebut untuk bergerak dg intensitas tinggi

      Delete
  34. mas saya sudah terkena kseleo di lutut, sudah lbh dr 3minggu , saya sudah kompres" dan melakukan contoh di atas , tp blm ada perubahan,nyeri,kaku dan bengkak msh ada , saya hrs gimna lagi ya ??


    ReplyDelete
    Replies
    1. kekuatan sendi tiap individu berbeda-beda dan tergantung pada tingkat keparahannya. Lutut adalah sendi yang menopang berat badan paling besar saat jaringan otot pada sendi tersebut rusak maka waktu pemulihan akan lebih lama daripada persendian lain

      Delete
  35. Saya beli obat pereda nyeri terkilir akibat jatuh dari atap asbes ke apotik diberi mixalgin, setelah saya cari tau di google dinyatakan bahwa obat tersebut untuk meredakan sakit kepala. Obat tersebut tidak jadi saya minum karena saya ragu-ragu takut tidak sesuai dengan peruntukannya.
    Apakah obat tersebut dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit "nyut2" atau adakah obat yang lebih tepat untuk menghilangkan rasa sakit yang saya derita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit kepala juag termasuk dalam kategori nyeri, bisa dikatakan nyeri kepala. tetapi ada tingkat obat anti nyeri dari ringan hingga berat obatnya berbeda.

      sebaiknya Bpk subandi memberikan nama obatnya agar dapat saya berikan informasi yang tepat dan akurat mengenai obat anti nyeri

      Delete
  36. Trimakasih atas artikelnya bang... kaki ane terkilir 2 hr yg llu tp baru bengkak parah hari ini sampe cenut2 rasanya... tdnya mw di urut tp stlah baca blog ini gjd deh... kedokter aja minta obat n surat ijin sakit bwt kantor untuk mnjalani RICE...
    Sekali lg thx bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tindakan anda sudah tepat, semoga lekas sembuh

      Delete
  37. saya udah ngejalanin rice 2-3hari ini, tapi kok masi ngerasa nyeri ya kalo buat numpu satu kaki? untuk jalan biasa sih gpp, tapi kalo kebetulan nahan di kaki yg kesleo ini masi ngerasa ada sakit. apa harus ngejalanin rice terus2an? kesleo nya ringan padahal, gak ada bengkak gak ada memar. ada saran mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses penyembuhan diri sendiri pada setiap orang berbeda-beda ada yang cepat ada yang lambat dan tergantung pada tingkat keparahan kerusakan sendinya. Proses RICE digunakan pada 1 minggu pertama dan jika masih terasa sakit pada sendi yang keseleo maka itu adalah proses pemulihan sendi. Saran saya sebaiknya tidak memberikan tekanan yang berat saat proses pemulihan sendi

      Delete
  38. Mas aji,saya mau bertanya..saya cedera di lutut mas karena main futsal..terasa seperti patah,setelahnya bengkak tetapi masih bisa digerakkan..lalu saya urut esok harinya..1..2..3..kali di urut setelah beberapa minggu terasa lebih baik,dan saya kira lutut saya sudah sembuh normal..tetapi setelah beberapa bulan,lutut saya suka kambuh,seperti terlepas (kecengklak)..saya tdk bs berlari dan berolahraga lg..menurut mas Aji,apa yang saya derita?bisa sembuhkan? lalu,menurut mas Aji apa solusi yang paling tepat untuk saya? terima kasih,sebelumnya ..


    best regard

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang ditulis diatas jika sendi sudah terkilir parah maka tingkat kesembuhannya tidak 100% mungkin saat melakukan pekerjaan yang tidak membebani sendi yang terkilir maka tidak terasa sakit tetapi saat sendi terkilir mendapatkan beban yang tinggi, sendi yang terkilir itu lebih rapuh dari sebelumnya. sebaiknya ganti jenis olahraga anda yang low impact seperti berenang.

      Delete
  39. kak, waktu itu kaki saya sempet ketabrak motor trus di area dengkul tapi kebawah sedikit,kecelakaan ini sudah lewat selama.. sekitar 3bulanan lebih.. setelah 1 mingguan setelah kecelakaan saya bisa jalan, tapi kok pas saya jalan kurang lebih 10 menit terasa pegel nyeri gitu, karena saya pikir ini dampak kecil dari kecelakaan tsb mungkin sebulanan-2bulanan bisa sembuh dan nyatanya semakin lama, semakin sebentar durasi saya bisa jalan, kaki saya pun makin nyeri pegel, dan barusan saya di pijit katanya ada urat yang nyelip? saya tidak tahu. kira kira ini sama ato tidak dengan terkilir? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyembuhan luka pada persendian memang membutuhkan waktu yang lama apa lagi sendi kaki (dengkul) yang merupakan sendi yang menopang berat badan kita, jika dipaksakan menopang berat badan anda ditakutkan akan lebih lama proses penyembuhannya. Sebaiknya biarkan sendi tersebut sembuh total dengan tidak membebani sendi tersebut. Berlatih menggerakan sendi dapat dilakukan setiap hari tanpa beban berlebih. Untuk lebih jelas mengetahui kelainan tersebut sebaiknya dilakukan rontgen dengan rujukan dari dokter spesialis persendian

      Delete

Top Health blogsMy Ping in TotalPing.com Top Blogs Page Ranking Tool TopBlogIndonesia.com