Halaman Konsultasi Obat bisa diakses melalui Konsultasi Apoteker (klik pada judul)

Konsultasi Obat

Proses Konsultasi Obat

Salah satu tugas keprofesian Apoteker di bidang klinis adalah dapat memberikan informasi obat kepada pasien dan masyarakat luas dengan tujuan memaksimalkan efek terapi obat yang mereka dapatkan sehingga mempercepat kesembuhan.pasien. Informasi obat tersebut adalah
  1. Informasi cara/metode dan ketentuan setiap akan minum obat.
  2. Memastikan bahwa resep obat anda tidak mempengaruhi obat lainnya/berinteraksi dengan obat atau makanan/minuman yang anda kosumsi.
  3. Informasi lain yang dapat mendukung pengobatan anda
Konsultasi obat online ini dimaksudkan sebagai informasi tambahan, bukan sebagai pengganti konsultasi langsung dengan Apoteker. Melalui halaman ini saya dan beberapa rekan mencoba menjelaskan informasi kesehatan dan obat-obat'an berdasarkan keilmuan bidang Farmasi dan Apoteker. Kami tidak bertanggung jawab atas segala penggunaan obat/suplemen/jamu/makanan yang anda gunakan/makan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk tetap berkonsultasi langsung dengan Apoteker di sekitar anda (Apotek, Klinik, Rumah Sakit, Puskesmas bahkan di Industri Farmasi).

Diharapkan setiap konsultasi menyertakan :
  1. Nama (bisa samaran)
  2. Umur (asli)
  3. Berat dan Tinggi Badan (asli)
  4. Obat yang sudah dikonsumsi sebelumnya (asli)
  5. Keterangan kesehatan yang dianggap perlu (asli)
Informasi tersebut akan membantu kami memberikan informasi yang lebih akurat tentang permasalahan dan saran pada pengobatan anda.  Silahkan isi komentar anda dengan konsultasi obat yang anda inginkan atau via email kami di farmatika[at]gmail.com atau farmatika[at]yahoo.com jika hal tersebut dirasa rahasia pribadi.

Catatan :
  • Kolom konsultasi obat ini dikelola oleh beberapa Apoteker berpengalaman di bidang farmasi klinis.
  • Sebaiknya anda bookmark dahulu halaman ini dengan cara CTRL+D (tahan tombol Ctrl disertai huruf D) agar mudah mengunjungi blog ini untuk melihat jawaban konsultasi anda.
  • Dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga Online, kami mohon maaf jika pertanyaan anda tidak dapat langsung dijawab, tetapi kami usahakan untuk tetap online setiap hari.
  • Jika Halaman Konsultasi Obat ini memberikan manfaat untuk anda kami mohon apresiasinya dengan mengunjungi dan like Facebook Fanpage kami di http://www.facebook.com/Farmatika Klik Dunia Farmasi, semakin banyak like maka  informasi tentang Dunia Farmasi dan halaman konsultasi obat ini dapat bermanfaat lebih luas untuk masyarakat.

Klik Halaman Konsultasi Apoteker Baru

Aji Wibowo,S.Farm.,Apt
Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab
Terimakasih, Salam Apoteker

203 comments:

  1. apakah mengkonsumsi sporacid tablet ada efek samping terhadap lambung dan tulang belakang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Bpk/ibu
      informasi terkait Sporacid adalah obat yang digunakan untuk infeksi jamur, zat aktif yang terdapat pada sporacid adalah itraconazole dengan efek samping tertinggi yg ditemukan adalah :
      1. gangguan gastrointestinal (nyeri pada bagian
      2. perut, mual, muntah, rasa tidak nyaman pada perut sampai diare)
      3. sakit kepala ringan
      4. gatal-gatal pada kulit
      *untuk efek samping terhadap tulang belakang kami tidak menemukan bukti ilmiah terbaru terkait dengan efeksamping tersebut sehingga kemungkinan besar tidak ada efek pada tulang belakang.

      efek samping tersebut hanya bersifat sementara, jika obat ini digunakan dalam waktu yang pendek <7 hari maka kemungkinan efek samping cenderung kecil, tidak perlu takut dengan semua efek samping obat karena manfaatnya lebih besar daripada efek sampingnya.

      Semoga Bermanfaat

      Delete
    2. Selamat siang pak aji

      Pak saya baru mengkonsumsi 2 tablet sporacid, tapi saya sudah merasakan effect sampingnya, lambung saya berasa nyeri, mual seperti mau muntah. apakah sebaiknya saya tetap melanjutkan mengkonsumsi obat tersebut?
      terima kasih

      Delete
    3. Selamat sore, Willmart Lemon tea

      efek samping obat pada setiap individu berbeda-beda bisa timbul pada anda tetapi orang lain tidak. itraconazol memiliki struktur kimia bersifat asam sehingga bisa mengiritasi lambung, untuk mengatasinya sporacid diminum 15 menit setelah makan agar lambung terlindung oleh makanan dan tidak membuat iritasi lambung.

      Semoga lekas sembuh, Salam Apoteker

      Delete
  2. Saya mau bertanya
    Awalnya saya divonis gejala typus karena panas tinggi,badan terasa lemas dan susah tidur
    Setelah diberi obat tiba2 saya batuk kering dan setelah di rontgen ada masalah pada dada kiri yang dikhawatirkan tbc,setelah dikasih obat untuk mengeluarkan dahak,dahak saya di tes dan hasilnya negatif tbc tetapi dokter tetap kukuh dengan hasil rontgen akhirnya saya diberi obat tbc,awalnya batuk saya lumayan reda tetapi setelah meminum obat itu batuk saya jadi sering lagi ( mungkin karena tidak minum obat batuk lagi),badan saya kembali payah,sering ngos2n,susah tidur (tiap jam 1 malam selalu bangun) badan lemas,takutnya gejala typus saya kambuh

    Ada saran dari teman untuk minum imboost force untuk meningkatkan daya tahan dan vermint untuk gejala typusnya,yang saya tanyakan apa perlu saya meminum obat saran teman saya tadi dan apa ada efek ke obat tbc-nya,atau ada saran obat lain untuk mengatasi keluhan saya ini
    Terima kasih atas jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terimakasih atas komentar Bpk/Ibu tetapi sangat disayangkan sekali informasi penting tidak disertakan yaitu umur dan berat badan Bpk/Ibu, tetapi kami akan coba untuk menjawabnya.

      Pertama, kami memerlukan nama obat yang diresepkan untuk gejala typus’nya karena bisa dimungkinkan batuk kering tersebut dikarenakan efek samping obat yang diresepkan serta nama obat yang diresepkan untuk terapi TBC

      Kedua, kapan waktu pengambilan dahak tersebut? Karena dahak terbaik untuk pemeriksaan bakteri TBC adalah saat pagi hari/setelah bangun tidur

      Ketiga, diagnosis TBC tidak hanya dengan test rontgen agar hasilnya akurat yaitu dengan test Mantoux dan uji dahak, rontgent hanya digunakan sebagai test tambahan/penguat bukan test utama pada pasien yang diduga terinfeksi TBC.

      Typus atau demam Tifoid ditandai dengan gejala : demam lebih dari 1 minggu biasanya membaik pada siang hari dan memburuk pada malam hari, lidah terlihat bercak putih (kotor), mual dan muntah, diare, pusing, lemas, sakit perut, sampai tidak sadarkan diri. Jadi kemungkinan besar batuk kering anda disebabkan karena efek samping salah satu obat yang diresepkan.

      Saran kami adalah Bpk/ibu perlu pemeriksaan lebih lanjut pada spesialis penyakit dalam untuk pengatasan Typusnya dan minta kepada dokter untuk test TBC yang lebih akurat.

      Karena keterbatasan data-data nama obat, umur dan berat badan Bpk/ibu kami tidak bisa menjawab pertanyaan “apakah ada interaksi antar obat TBC dengan vermint dan imboost force”

      Semoga dapat membantu

      Delete
  3. saya mau bertanya tentang obat albothyl untuk sariawan..

    apakah tidak berbahaya jika albothyl di pake untuk pengobatan oral jangka panjang?

    saya mendengar dari beberapa dokter yang pernah saya ajak diskusi online pernah mengatakan bahwa albothyl bisa memicu
    kanker jika di konsumsi secara ORAL?

    mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk/ibu
      Maaf, sebelumnya saya ingin meluruskan pengertian “oral” yaitu cara pemberian obat-obatan melalui mulut, masuk ke dalam sistem pencernaan. Jadi jika obat tersebut hanya sebagai obat kumur/di dalam mulut saja tidak dikatakan sebagai obat oral.

      Info terkait dengan produk albothyl (Policresulen) yang memicu kanker rongga mulut tidaklah benar, ada seorang blogger yang menulisnya pada tahun 2006 tetapi saat saya cross check tulisan tersebut ternyata tidak berdasarkan data ilmiah penelitian bahkan hanya berdasarkan dan pernyataan tersebut sangat menyesatkan. Ada juga seorang dokter yang menyatakan hal yang sama di social networking, padahal hal tersebut hanya case report yang belum teruji secara ilmiah kalau zat aktif dalam albothyl menyebabkan kanker rongga mulut.

      Lain persoalan jika pasien sudah terkena kanker rongga mulut tetapi dikira sebagai sariawan biasa dan diobati dengan albothyl lalu tidak kunjung sembuh dan memburuk. Hal ini karena kanker berbeda dengan sariawan sehingga albothyl tidak cukup poten untuk mengobati peradangannya.

      Menurut saya rasanya kurang bijak jika belum ada studi ilmiah berdasarkan bukti-bukti yang kuat di lapangan dan laboratorium lalu kita mengatakan albothyl (Policresulen) menyebabkan kanker rongga mulut. Sedikit informasi : Albothyl tidak menyembuhkan sariawan dia berfungsi memperbaiki peradangan kulit/gusi pada sariawan. yang menyembuhkan sariawan adalah sistem imun anda sendiri.

      #hati-hati dengan informasi yang beredar di dunia maya karena walaupun banyak yang bermanfaat dan benar tetapi tidak sedikit juga yang menyesatkan

      Semoga bermanfaat

      Delete
  4. ohh jadi begitu ya pak aji...

    awalnya saya sempat ragu untuk memakai albothyl untuk obat keluarga sehari hari..tapi setelah di beri pencerahan dari pak aji rasa takut saya sudah pergi..

    pak aji kalau misalnya albothyl saya pakai sebagai obat kumur setiap hari apakah ada efek samping kedepannya?

    rencananya saya ingin mengganti produk pembersih mulut l*ster*n dengan albothyl apakah aman untuk di gunakan sehari hari atau ada cara khusus dalam penggunaan albothyl untuk sehari hari?

    jika memang bisa saya minta petunjuk pak aji bagaimana cara memakai albothyl untuk obat kumur setiap hari?

    terimakasih sudah mau berbagi informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang ada indikasi sariawan dan jelas bahwa bercak putih dan terasa perih tersebut adalah sariawan maka pemakaian albothyl yang sesuai dengan petunjuk pada brosur kemasannya dapat dikatakan aman walaupun akan terasa perih pada bercak sariwan dan kulit mukosa di sekitar sariawan tersebut akan terasa menebal. Saya juga menggunakan obat ini saat sariawan muncul, tetapi jika tidak ada sariwan lebih baik tidak digunakan karena tidak ada manfaatnya.

      Albothyl juga bisa digunakan untuk obat kumur dengan cara Teteskan 10 – 15 tetes Albothyl ke dalam 1 gelas air (200 ml). Kumur – kumur selama ½ - 1 menit. Kumur ulang dengan air putih matang untuk membilas (brosur Albothyl).

      Saya tidak dapat menyatakan mana yg lebih baik antara l*st*r*n atau A*bo*hy* keduanya sudah melalui uji praklinis dan klinis dan dinyatakan aman untuk penggunaan luar tubuh (dalam rongga mulut juga termasuk luar tubuh) tetapi sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena dikhawatirkan dapat membunuh flora normal (bakteri baik) dalam rongga mulut dan jika digunakan terlalu sering zat yang terdapat dalam l*st*r*n atau A*bo*hy* dapat mengikis lapisan email gigi seperti efek samping terlalu banyak gosok gigi dengan pasta gigi (berdasarkan penelitian). Jadi gunakan obat kumur sewajarnya saja (tidak terlalu sering/setiap hari) yang penting adalah gosok gigi dengan baik dan benar.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  5. saya ingin mengetahui obat apa yang mungkin cocok untuk saya...
    saya 20 tahun dan mulai menderita kebotakan pola pria..
    dan saya memutuskan untuk membeli obat regrou forte karena anjuran dari teman saya..
    rencananya saya ingin membeli obat tambahan pendamping obat topicalnya..
    saya ingin membeli proscar sebagai obat minum untuk kebotakan saya..
    tapi saya ragu dengan proscar karena dari efek samping + saya umur 20 tahun tak tahu berapa dosis yang tepat untuk saya..

    saya juga mulai ragu untuk memilih obat proscar atau dari extrac sawpalmetto yang herbal +efek samping ringan walaupun tidak seampuh proscar..
    atau mungkin ada obat lain yang bisa saya konsumsi ?

    mohon masukannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Bpk
      Perlu diketahui penyebab kebotakan yang paling banyak adalah masalah hormonal daripada penyakit kulit kepala, Regou Forte dengan zat aktif minoxidil awalnya didaftarkan sebagai Obat Hipertensi tetapi pada uji klinis dilaporkan memiliki efek samping yg bisa bermanfaat yaitu menebalkan dan menumbuhkan rambut sehingga dilakukan penelitian lanjut untuk efek anti kebotakan sehingga didaftarkan sebagai obat anti kebotakan. Tetapi orang yang memiliki penyakit jantung dilarang menggunakan obat ini.

      Hari-hati Proscar bukanlah obat kebotakan tetapi obat untuk terapi tumor jinak prostat, tidak ada yg mendaftarkan obat tersebut sebagai obat anti kebotakan, untuk permasalahan kebotakan anda sebaiknya diperiksa lebih akurat oleh dokter spesialis sehingga penyebab kebotakan anda akan diketahui secara pasti apakah karena faktor hormonal atau ada penyakit lain pada kulit kepala. kedua obat yang anda sebutkan termasuk obat keras sehingga penggunaannya diperlukan informasi yang lebih lengkap dari Apoteker dan dokter secara langsung.

      Saran saya anda cukup menggunakan Regou Forte dan tetap berkonsultasi kepada dokter dan apoteker secara langsung terkait penggunaanya.
      Semoga membantu

      Delete
  6. saya mau tanya obat yang manjur untuk fisura ani, karena saya sdh menderita lbh dari 5 bln. apakah policresulen dalam faktu rectal misalnya, bisa mengobatinya? apa efek samping yang mungkin muncul? amankah obat tsb untuk luka di anus (fisura ani)? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam bpk/ibu
      fisura ani adalah suatu lesi atau luka pada batasan kulit dan lubang dubur, luka ini biasanya karena buang air besar yang susah atau dalam bahasa kesehatan disebut konstipasi.

      Faktu rektal adalah obat Hemoroid internal & hemoroid eksternal yang berhubungan dengan gejala-gejala peradangan juga dapat mengobati fisura ani. Efek samping yang sering dilaporkan adalah rasa tidak nyaman pada daerah yang diolesi, mungkin terjadi ruam kulit pada pasien yang hipersensitif terhadap zat aktif obat. Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan efek samping tersebut karena tidak semua orang mengalaminya dan manfaat penyembuhannya lebih besar.

      Pencahar juga bisa mengurangi sakit saat buang air besar, atau suplement serat, pencahar dapat menstimulasi gerak peristaltik usus serta mengurangi kepadatan fecesnya.

      Obat faktu rectal termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaan obat ini disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter dan Apoteker untuk mengetahui dosis yang tepat untuk anda.

      Kurun waktu 5 bulan sudah termasuk dalam kategori kronis tetapi secara ilmiah fisura ani dapat sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Saran kami adalah memeriksakan lebih lanjut pada dokter spesialis penyakit dalam.

      Fisura ani dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolah raga secara teratur, minum air putih 8 gelas/hari, makan makanan berserat, hindari makanan pedas, hindari duduk terlalu lama.

      Semoga dapat membantu, salam..

      Delete
  7. pak ,saya mau naya penggunaan daun sirsak untuk pencegahan dari penyakit spt kanker dll , untuk ibu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah menghubungi, mas huda.
      Terkait dengan informasi daun sirsak dapat digunakan sebagai pencegahan kanker atau lebih tepatnya memperlambat pertumbuhan sel kanker memang bebar, tetapi perlu dicatat FDA (Food and Drug Administration) suatu lembaga di USA seperti BPOM di Indonesia, menyetujui efek daun sirsak adalah membantu fungsi imunitas yang pada akhirnya imunitas tersebut akan menghambat pertumbuhan kanker. Saat ini sudah banyak prduk herbal daun sirsak dalam bentuk kapsul, teh ataupun tablet. Hal yg terpenting dalam pemilihan produk herbal tersebut adalah adanya ijin dari BPOM ditandai dengan No Reg POM *** bisa anda cek pada website pom.go.id atau mengunjungi BPOM di daerah anda, Info lebih lanjut tentang daun sirsak silahkan kunjungi website ini http://rainforest-database.com/plants/graviola.htm

      Semoga membantu, dan kunjungi facebook fanpage kami http://www.facebook.com/Farmatika

      Delete
  8. Pak saya mau tanya. Saya kemarin sempat sakit asam lambung naik. Dan tidak tahu kenapa tiba2 ditenggorokan saya seperti ada dahak yang menggumpal dan mengganggu aktivitas saya. Saya sudah coba untuk muntah supaya dahak nya keluar tp tetap saja masih nyangkut dan kalau malam saya susah tidur. Mohon solusinya pak. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mba’ Nissa
      Sebelum saya menjawab lebih lanjut perlu dipahami pertanyaan anda mengarah pada perlunya diagnosa dokter yang lebih lanjut. Tetapi akan kami coba jawab terkait dengan keilmuan farmasi, gejala yang mba’ Nissa alami kemungkinan besar adalah gastro esophageal reflux disesase (GERD) gejala ini diakibatkan karena penyakit maag yg akut atau kronis, pada penyakit ini asam lambung menyebabkan tekanan tinggi ke bagian atas sehingga makanan yg ada dalam lambung bisa kembali ke kerongkongan. Gejala sakit yg paling umum dijumpai adalah rasa panas di dalam dada sampai nyeri seperti gejala sakit jantung, terdapat produksi sputum/dahak yg meningkat sampai mual/muntah. Obat untuk mengurangi gejala sakit maag bisa menggunakan antasida, atau pr*maag, m*lanta dll, untuk mengatasi dahak yg susah keluar bisa menggunakan obat pengencer dahak seperti sila*ex Mucolytic & Expectorant. Saran kami mba’ nissa perlu konsultasi kepada dokter yg lebih berkompeten untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut tentang maag anda karena GERD termasuk dalam maag yg sudah parah serta konsultasi kepada apoteker untuk mendapatkan terapi obat yang tepat untuk gejala maag anda sesuai dengan hasil diagnosis dokter.
      semoga membantu
      Arif.S.Farm.,Apt

      Delete
  9. Selamat siang bpk, sy mau nanya tp mungkin agak keluar dari pakem bpk. Begini bpk kl konsumsi obat herbal dalam bentuk rebusan dengan bentuk ekstrak lebih baik yang mana? utamanya terkait dengan dampaknya bagi organ lain seperti fungsi ginjal dan fungsi hati. tks sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk Met win
      sekedar info, farmasis dibekali keilmuan herbal seperti mata kuliah Kimia Bahan Alam, Fitokimia, Fitofarmasi, Botani Farmasi & Farmakognosi yang didalamnya mempelajari semua tentang skrining, cara pembuatan, khasiat dari tanaman obat oleh karena itu farmasis diberikan kewenangan sebagai penanggungjawab bidang Industri Obat Tradisional di Indonesia.

      Ada beberapa teknik ekstraksi tanaman obat salah satunya dengan rebusan dan diekstrak dg pelarutan zat aktif obat. Rebusan juga termasuk dalam cara ekstraksi yang sederhana tetapi zat-zat aktif dalam tanaman obat yang tidak tahan terhadap pemanasan (rebusan) akan rusak dan efek’nya berkurang atau bahkan menghilang dan semua zat aktif obat terlarut didalam air hasil rebusan itu. Di dalam Air hasil rebusan terdapat berbagai macam zat aktif obat dari tanaman obat yang direbus sehingga perlu perhatian khusus pada orang yg mengidap penyakit tertentu. Tetapi secara kepraktisan pasti semua orang bisa mempraktekan teknik rebusan tanaman obat.

      Obat herbal dalam bentuk ekstrak (berbentuk serbuk halus) maka zat aktif obat didalamnya lebih spesifik lagi tergantung dengan pelarut pada saat proses ekstraksi, cara ini bisa mengindari kerusakan pada zat aktif yang tidak tahan panas sehingga efek dari zat aktif dalam tanaman obat tersebut masih tetap ada. Dapat dikatakan obat herbal bentuk ekstrak lebih optimal dalam membantu proses pengobatan karena kespesifikan zat aktif obat yang terkandung didalamnya serta dosis yang terukur secara pasti sehingga jika dibandingkan dengan rebusan akan lebih aman untuk ginjal. Proses ekstrasi ini memerlukan alat khusus dan teknik khusus sehingga tidak praktis dalam pembuatannya

      Semoga membantu
      Info Pelengkap
      http://farmatika.blogspot.com/2012/04/kontroversi-efek-samping-obat-herbal.html

      http://farmatika.blogspot.com/2012/05/waspada-efek-samping-tanaman-obat.html

      Delete
  10. maaf sblmya saya mau bertanya efek samping dari ramuan herbal itu sendiri apa?
    mhn d jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi mba' arum
      efek samping bukan terletak pada ramuan herbal,tetapi pada konten atau isi dari ramua herbal itu. misal dalam ramuan herbal jamu pegelinu yg dikeluarkan oleh salah satu industri obat tradisional yg cukup terkenal di indonesia, didalam ramuan tersebut terdapat berbagai macam jenis tanaman obat yg memiliki khasiat masing-masing serta efek samping masing-masing.

      secara ilmiah semua bahan/zat aktif yg bersifat obat dapat menimbulkan efek samping, mengapa orang menilai obat herbal/obat tradisional/jamu (semuanya memiliki arti yg sama) tidak ada efek sampingnya ? karena utk menemukan efek samping tersebut diperlukan minimal penelitian praklinis (uji toksik pada hewan) bahkan seharusnya penelitian klinis (pada sukarelawan manusia) utk melakukan penelitian tersebut diperlukan biaya yang cukup besar sampai angka miliar rupiah, sehingga dg penelitian tersebut dapat dipastikan berapa dosis optimalnya, apa saja efek sampingnya, bagaimana aturan minumnya.

      ramuan herbal yg sudah terstadarisasi seperti obat modern disebut fitofarmaka info lebih lanjt silahkan baca coretan sy di http://farmatika.blogspot.com/p/fitofarmaka.html

      informasi efek samping beberapa tanaman obat bisa dibaca disini http://farmatika.blogspot.com/2012/05/waspada-efek-samping-tanaman-obat.html

      Delete
  11. selamat malam mas aji salam kenal ya,boleh saya tanya2 ini mengenai sepupu saya yang terus2an mengonsumsi obat yang saya khwatir itu jenis obat apa ....untuk lebih jelas boleh saya ATT gambar obat yang saya temukan di tas nya? :)

    berikut saya lampirkan PIC obatnya ke email farmatika ..bisa jelaskan itu obat kegunaannya untuk apa,sekali lagi saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam belinda,..salam kenal juga..sebelumnya mohon diperjelas maksudnya "terus2an" itu diminum berapa kali sehari? selama berapa hari/minggu/bulan ?

      sangat disayangkan sekali resolusi picture yg dikirimkan berukuran kecil jd sy tidak bisa mengenali nama zat aktif atau nama brand obat tersebut, mungkin bisa disebutkan saja nama obatnya dan produksi dari produsen obat apa, terimakasih..

      Delete
  12. kak kenapa y kok g ada kebijakan mengenai obat antibiotik yg diberikan pada anak?? padahal itu mengakibatkan penurunan imunitas

    kemudian kenapa setiap pergi kerumah sakit pulangnya pasti kita bawa obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pertanyaan bagus nih...
      Antibiotik untuk anak sebenarnya sudah ada beberapa dengan dosis yang lebih kecil antibiotik untuk dewasa dan anak-anak adalah sama tidak ada klasifikasi khusus untuk anak tetapi klasifikasi pembedanya ada pada dosisnya, untuk anak-anak diperlukan penyesuaian dosis sesuai dengan umur dan berat badan anak-anak. Kecuali pada golongan tetrasiklin, doksisiklin, fluoroluinolon (cirpofloxacin, levofloxacin, ofloxacin). Anak-anak sendiri digolongkan berdasarkan umur 0-14 tergolong anak-anak lalu dibagi lagi 0-1 tahun disebut bayi, 1-5 tahun balita dan 5-10 tahun anak-anak, 10-14 tahun menjelang dewasa. Selain berdasarkan umur penentuan dosis antibiotik juga berdasarkan berat badan anak. Jadi antibiotik yang diciptakan khusus untuk anak-anak memang tidak ada karena menurut ilmuan WHO anak-anak adalah makhluk yang jarang sakit.

      Penurunan imunitas pada pemberian antibiotik pada anak dikarenakan sistem imun pada anak belum sempurna jadi saat ada infeksi dan diberikan antibiotik yang tidak tepat dosis dan indikasi yang sesuai justru akan menyebabkan resistensi bakteri dan pelemahan sistem inum, intinya si dokter bisa meresepkan antibiotik yang sesuai dengan kondisi anak, dari umur dan berat badan serta diagnosis yang tepat.

      Saat ini paradigma “pergi kerumah sakit pulangnya pasti kita bawa obat” mulai ditinggalkan pada kalangan klinisi karena tidak semua penyakit harus disembuhkan dengan obat tetapi paradigma dan faktor kepercayaan yang terlanjur sudah terbentuk dimasyarakat bahwa setelah pergi ke dokter/RS harus dapat obat kalau tidak maka penyakit tidak akan sembuh, sama halnya seperti kepercayaan kalau tidak disuntik maka tidak sembuh. Hal ini yang menyebabkan para klinisi tetap memberikan obat kepada pasien walaupun obat tersebut hanya vitamin.
      semoga membantu yaa..

      Delete
  13. Apakah obat Nexium dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam dr.trisna
      menurut beberapa literatur Nexium (esomeprazol)
      tidak menyebabkan efek samping terhadap fungsi pendengaran. Efek samping yang sering dilaporkan dari esomeprazol adalah sama seperti efek samping golongan penghambat pompa proton lainnya, terdiri dari gangguan pencernaan (mual, muntah, nyeri abdomen, flatulens, diare, konstipasi)
      Semoga membantu
      Ditya.S.Farm., Apt

      Delete
  14. Setiap sakit dan periksa ke dokter, anak saya selalu diberi antibiotik. Amankah?
    mohon arahannya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk/Ibu
      sayang sekali tidak ada informasi umur anak bpk/ibu sehingga kami menjawabnya secara umum untuk pasien dewasa
      AB yang relatif aman adalah amoksisilin, namun tetap memiliki efek samping, misalnya dapat menimbulkan alergi. Sehingga, tidak boleh digunakan untuk orang yang punya riwayat alergi terhadap antibiotik penisilin dan penggunaannya disarankan dengan anjuran dokter dan apoteker

      tetapi, tidak semua penyakit diobati dengan antibiotik tergatung dari hasil diagnosisnya, jika memerlukan maka dokter akan meresepkan antibiotik, fungsi dari Apoteker pada setiap pengobatan adalah memastikan resep yang diberikan dokter sudah sesuai dengan guideline pengobatannya agar efek terapinya lebih maksimal
      semoga membantu

      Delete
  15. Ayah saya umur 63th mengidap sakit asam urat tinggi,jantung koroner dan pernah operasi prostat. Beberapa bulan ini sering minum jamu yang komposisinya sbb: zingiberis rhizoma (30%), retrofracti fructus (20%), nigeliae semen (20%), plantaginis folium (10%), foeniculli fructus (10%). Yang saya tanyakan, apakah keguanaan obat ini sebenarnya? Adakah efek samping yang memberatkan penyakit bapak saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mas/mba
      Sebelumnya mohon disebutkan nama merk dan produsen apa karena kami cek di database BPOM tidak menemukan jamu dengan komposisi sama persis seperti yang disebutkan, karena khasiat/kegunaan dari tiap tanaman obat yang disebutkan berbeda-beda seperti meningkatkan stamina vitalitas pria, mengurangi sakit otot karena asam urat, meningkatkan imunitas, melancarkan aliran darah dan air seni, menjaga stamina tubuh dan lain-lain. Sekilas saja memang dapat membantu kesehatan ayah anda tetapi melihat umurnya sudah masuk kategori lanjut usia dan beberapa organ sudah mengalami degeneratif, efek samping jamu ini akan memberatkan kinerja ginjal pada pasien lanjut usia yang sudah diberatkan dengan adanya asam urat.

      Komposisi dalam jamu ini kontraindikasi dengan keadaan ayah anda adalah kandungan retrofracti fructus (berbahaya pada pasien jantung, hipertensi dan kanker prostat) sayang sekali mas/mba tidak menyebutkan jenis operasi prostatnya (ada 3 indikasi terkait dengan prostat yaitu Pembesaran Prostat Jinak, Radang Kelenjar Prostat, Kanker Prostat) yang jelas kandungan retrofracti fructus dalam jamu tersebut akan mengganggu kesehatan prostat pasien. Saran kami konsultasikan hal ini langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam dan apoteker di RS yang menangani operasi prostat ayah anda.
      Semoga membantu salam apoteker
      Reza Amalia.S.Farm.,Apt

      Delete
    2. Terima kasih jawabannya.
      Merk jamu tersebut adalah AKAR DEWA, bentuknya cair dalam kemasan botol besar (botol bir bintang). Diproduksi oleh UD Citra Alam Jatim.

      Bapak saya operasi pembesaran prostat jinak (BPH), 7 th lalu dan mengidap jantung koroner sudah 10th, kontrol teratur tiap bulan ke spesialis jantung. Tekanan darah normal bahkan cenderung rendah.
      Mohon penjelasan lebih lanjut, terima kasih banyak.

      Delete
    3. Selamat malam mba hastuti, senang anda bisa merespon jawaban kami.
      Menurut penelusuran kami jamu akar dewa benar produksi UD Citra Alam Jatim dengan label jamu, tetapi pada tahun januari 2012 beberapa media nasional memberitakan jamu tersebut mengandung bahan kimia obat piroxicam (obat osteoartritis) atau banyak yang mengenali sebagai obat pegelinu. Secara ilmiah bahan kimia obat tidak diperbolehkan dicampur dalam obat tradisional karena berbahaya bagi konsumen. Tetapi di bulan yang sama produk tersebut terdaftar di BPOM dengan no.Reg POM TR.033618111 artinya jamu tersebut sudah melalui evaluasi registrasi obat tradisional oleh BPOM.
      Terlepas dari informasi terkait dengan pemberitaan tersebut kondisi Bpk mba hesti kontraindikasi dengan salah satu bahan alam dalam jamu akar dewa. Menurut saya sebaiknya tidak mengkonsumsi jamu tersebut karena dapat membahayakan kondisi penyakit jantungnya.
      Sedikit informasi, tekanan darah seharusnya pada area normal yaitu 110/80-120/90 bukan dibawahnya dan bukan melebihi angka tersebut. Tekanan darah rendah maupun tinggi juga berdampak negatif terhadap tubuh.
      Semoga membantu

      Delete
  16. selamat siang

    saya seorang pria dengan umur 41th, TB 165cm dan BB 78kg.
    Saya mempunyai keluhan soal penyakit darah tinggi, kalau pas tinggi bisa sampai 200/110 dan yang terakhir diperiksa dokter kemarin 170/100 ... dan kemarin dari dokternya diberikan amlodipine 10mg dan candesarten 8mg .
    saya sudah sering berganti obat-obatan hipertensi dari micardis plus, herbesser, captopril , dll .
    yang saya pertanyakan efek samping konsumsi obat hipertensi secara terus menerus , kalo dari dokternya katanya obat hipertensi relatif aman asal sesuai dosisnya, kalau dari pendapat anda sendiri bgm ?
    kedua saya juga sering konsumsi apazol, apakah ini juga aman dikonsumsi setiap dari dan jangka waktu yang lama ?

    terima kasih atas perhatiannya

    gunadi jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk Gunadi, terimakasih sudah memberikan informasi yang lengkap, terkait dengan badan bpk termasuk dalam kategori overweight dengan BMI 28 saran pertama kami adalah Modifikasi pola hidup sehat dengan Olahraga kecil (jalan cepat) secara teratur minimal 20 menit setiap olahraga untuk mencapai BMI normal 18,5-24,9 dengan berat badan sekitar 60-65 Kg.

      Secara umum efek samping dari kedua obat tersebut dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar pasien, Efek samping yang paling banyak dilaporkan adalah edema (bengkak) biasanya pada kaki, sakit kepala dan pusing, ruam kulit (memerah). Tidak perlu takut dengan efek samping yang timbul karena manfaat efek terapi hipertensi pada obat tersebut lebih besar dengan catatan diminum secara teratur dan menjaga makanan anda (ikan, menggunakan minyak zaitun, buah dan sayuran)

      Bahan aktif pada apazol adalah alprazolam termasuk dalam golongan psikotropik dengan efek sedatif, sangat tidak aman jika dikonsumsi tiap hari dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan efek ketergantungan dan jika Bpk menghentikan obat ini secara tiba-tiba malah akan lebih meningkatkan efek sampingnya (gejala putus obat) sebaiknya konsultasikan langsung kepada Apoteker dan dokter yang menangani Bpk terkait dengan hal ini.

      Saran lain bagi pasien hipertensi adalah
      Kurangi stres
      Kurangi alkohol
      Turunkan berat badan sampai pada angka ideal 60-65 Kg
      Olahraga kecil (jalan cepat) secara teratur
      Kurangi makanan berlemak dan berkolesterol
      Berhenti merokok
      mengurangi asupan natrium (garam)

      informasi tambahan yang berkaitan
      http://farmatika.blogspot.com/2012/05/berkenalan-dengan-benzodiazepin.html
      http://farmatika.blogspot.com/2012/07/efek-samping-obat-dan-cara.html

      semoga membantu

      Delete
    2. selamat pagi Bp.Aji .
      terima kasih atas jawabannya yang sangat komplit

      Menyambung jawaban dari Bp.Aji kemarin kalau untuk berat badan saya sudah melakukannya jalan kaki sampai beberapa km setiap hari , dan untuk kolesterolnya kemarin dites hasilnya bagus semua tigliseridnya 84, ldl 63, hdl 45 kol 153 cuma asam uratnya yg agak tinggi 7,3 tapi katanya dokter cuma disuruh ngurangi makanan yang menyebabkan asam urat .

      Yang saya mau pertanyakan lagi :
      kalau setiap kontrol dicek dokternya pasti masih hipertensi dan pasti diberi obat anti hipertensi, yang saya inginkan penjelasan apakah ada referensi untuk orang yang setiap hari makan obat-obatan tapi tidak berpengaruh untuk organ tubuhnya seperti ginjal dan hati, karena saya masih merasa was-was dan tidak bisa membayangkan untuk makan obat hipertensi setiap hari .

      seperti kalau kita pergi ke shinshe pasti ditanya sudah berapa lama minum obat dokter, memang seberapa gawatkah kalau keseringan minum obat dokter atau yang sering disebut obat kimia ya ?
      saya juga ingin menanyakan soal apazol yang menurut anda akan menyebabkan ketergantungan dan bila dihentikan secara tiba-tiba akan meningkatkan efek sampingnya, maksudnya bagaimana apakah bisa diperjelas ?

      terima kasih

      gunadi jaya

      Delete
    3. Selamat pagi Bpk Gunadi, senang bisa membantu anda, kami mohon maaf jika pertanyaan tidak langsung kami jawab karena keterbataan waktu kami saat Online.

      kadar Asam urat Bpk sedikit lebih tinggi dari normal. penyebab tertinggi kambuhnya asam urat memang dikarenakan makanan yang banyak mengandung senyawa purin seperti jeroan, sea food: udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri. Beberapa jenis sayuran yang mengandung purin seperti bayam, kangkung, melinjo, dan berbagai jenis kacang-kacangan baik kacang panjang maupun kacang tanah, kacang mede dan kedelai wajib dihindari. disarankan untuk cukup minum air putih tiap hari lebih baik lagi pada saat bangun tidur sebelum gosok gigi Bpk minum 1 gelas air mineral (suhu air normal).

      olahraga tetap disarankan untuk Bpk agar menjaga kelancaran aliran darah untuk menutrisi seluruh bagian tubuh dan menjaga kadar koleterol, olahraga yang terbaik untuk Bpk adalah jalan kaki minimal 20 menit setiap hari.

      hipertensi Bpk termasuk dalam kategori sedang pada saat terkontrol tetapi pada saat tidak terkontrol termasuk dalam kategori tinggi sehingga untuk menormalkan atau mengontrol tekanan darah Bpk diperlukan konsumsi obat anti hipertensi secara teratur, terkait dengan efek sampingnya tidak perlu dikhawatirkan karena pemilihan obat akan mempertimbangkan efektivitas, keamanan dan harganya serta sesuai dengan kondisi pasien. Oleh karena itu diperlukan support dari Bpk untuk cek tekanan darah minimal 1 minggu sekali. Bisa dilakukan di Apotek yang menyediakan jasa cek tekanan darah.
      Mayoritas tujuan shinshe menannyakan hal tersebut untuk mengukur sudah berapa lama berobat ke dokter dan tidak sembuh padahal tidak ada istilah sembuh dalam hipertensi tetapi hipertensi yang terkontrol (info ini perlu kami sampaikan karena ada beberapa anggapan salah di masyarakat “setelah berobat dari shinshe A hipertensi saya sembuh”)

      jika obat diminum dengan tepat indikasi, tepat dosis maka tidak perlu ditakutkan akan berefek negatif terhadap tubuh. Setiap zat/senyawa yang bersifat obat pasti memiliki efek samping, kewajiban para praktisi kesehatan adalah meminimalisir efek samping tersebut.

      Obat Apazol adalah obat yang digunakan untuk mengurangi rasa cemas yang berlebihan dengan stimulan menimbulkan rasa nyaman, jika berhenti secara tiba-tiba (setelah minum tiap hari lalu hari besok dan seterusnya tidak minum sama sekali) maka akan muncul efek putus obat yaitu merasa cemas berlebihan, keringat dingin, (hampir mirip pecandu yang tidak mendapatkan narkoba) ada cara tersendiri untuk menghentikan penggunaan obat ini yaitu dengan cara penurunan dosis obat secara perlahan, untuk lebih jelasnya tentang penurunan dosis ini segera hubungi Apoteker dan dokter yang menangani Bpk
      Semoga membantu

      Delete
  17. Terima kasih atas jawabannya Bp.Aji .
    Sangat komplit penjelasannya .
    Maaf nih kemarin ada yang lupa untuk menanyakan dalam setiap kemasan obat hipertensi salah satunya kontra indikasinya adalah gagal ginjal dan hati..yang masih saya khawatirkan soal itu, apakah Bp. Aji bisa menjelaskan soal kontra indikasinya itu apakah untuk pemakaian jangka panjang atau bagaimana ?
    Masih menjadi dilema antara minum obat hipertensi untuk menghindari kerusakan otak, jantung , ginjal dan organ lainnya dan informasi di masyarakat umum kalau kebanyakan obat akan menganggu ginjalnya.
    Seperti yang saya tanyakan kemarin sepertinya belum ada jawaban, adakah referensi soal pemakaian obat-obatan ini , misalnya orang yang rutin minum obat-obatan tapi organ tubuhnya sehat-sehat saja .
    Soal apazol ini saya sekarang juga merasakan itu, seperti cemasnya bertambah, kalau tidak minum obat itu rasanya badan kenceng semua.
    Kalau bedanya apazol dengan xanax apa ya? kandungannya apa sama ? sepertinya tujuannya ya sama untuk membuat rileks .

    Terima kasih

    gunadi jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk Gunadi, semoga penjelasan kami bisa membantu, terkait dengan kontraindikasi obat hipertensi perlu Bpk pahami terlebih dahulu tentang arti kontraindikasi karena jika merujuk pada pertanyaan, Bpk memahami kontraindikasi sebagai efek samping karena keduanya berbeda.

      kontraindikasi adalah suatu kondisi dimana pemberian obat atau terapi tertentu tidak dianjurkan, karena dapat meningkatkan risiko terhadap pasien. Kondisi yang dimaksud adalah orang/pasien yang memiliki keadaan klinis selain penyakit yang terdiagnosa sekarang, misal pada obat Amlodipin dengan kontraindikasi ibu menyusui, artinya jika pasien hipertensi sedang menyusui aktif maka keadaan menyusui tersebutlah yang membatasi pasien hipertensi menggunakan obat Amlodipin sehingga dipilihkan obat lain yang lebih tepat dengan kondisi pasien. Sedangkan Efek samping obat adalah suatu reaksi yang tidak diharapkan dan berbahaya yang diakibatkan oleh suatu pengobatan. Jadi,..yang perlu diperhatikan pada obat-obat antihipertensi adalah efek sampingnya agar dapat dikontol dengan baik dengan cara rutin mengamati beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena setiap orang berbeda-beda efek samping yang terjadi, bisa jadi Bpk tidak merasakan sakit kepala tetapi ada orang lain yang menggunakan obat yang sama mengalami efek samping sakit kepala. Tidak perlu takut dengan efek samping yang timbul karena manfaat efek terapi hipertensi pada obat tersebut lebih besar dengan catatan diminum secara teratur dan menjaga makanan anda.

      Informasi yang Bpk dapat di masyarakat bisa benar dan bisa juga keliru, karena semua makanan/minuman yang kita masukan ke dalam tubuh pasti akan melalui penyaringan oleh ginjal baik itu obat/suplemen/vitamin/bahkan obat tradisional semuanya melalui penyaringan ginjal. Menjadi keliru pada saat masyarakat memahami obat tradisional lebih baik daripada obat kimia dengan alasan tidak memberatkan kinerja ginjal, justru obat tradisional lebih banyak zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya belum disederhanakan dg dosis yang tepat seperti obat kimia. Kita perlu mengusahakan agar menjaga kondisi ginjal tetap prima yaitu dengan berolahraga dan menjalankan gaya hidup sehat.

      sampai saat ini kami belum pernah menemukan ada referensi yang dapat menyatakan 100% penggunaan jangka panjang obat antihipertensi tidak terjadi gangguan pada organ tubuhnya, tetapi penelitian terkait dengan khasiat,kemanan obat-obatan dan penanganan medis untuk menjaga tekanan darah pasien hipertensi tetap normal sudah banyak dilakukan dengan bukti2 ilmiah yang dapat dipercaya.

      Betul sekali Bpk, Xanax dan Apazol memiliki kandungan zat aktif yang sama hanya berbeda pabrik yang membroduksi. Sebaiknya Bpk tidak menggunakan obat-obat tersebut karena hanya akan memberatkan status hipertensi Bpk.

      Kami sarankan untuk segera berkonsultasi langsung kepada dokter terkait dengan sudah berapa lama menggunakan Apazol/Xanax dan kontrol tekanan darah setiap minggu. Saran tambahan kami adalah berdoa dahulu meminta kepadaNya kesembuhan sebelum minum obat antihipertensi, kekuatan doa lebih baik daripada obat apapun di dunia.
      Salam Apoteker, Semoga membantu

      Update Infomasi Blog di FB Fanpage kami http://www.facebook.com/Farmatika

      mohon Apresiasi Bpk jk halaman konsultasi ini memberikan manfaat kepada Bpk Gunadi

      Delete
  18. Terima kasih atas jawabannya Bp.Aji, jadi lebih terbuka wawasannya.

    saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan lagi :

    1. soal obat tradisional, kalau di masyarakat umum infonya bahwa obat itu terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan dari hewan, maksudnya lebih banyak kandungan obat kimianya bgm?

    2. soal referensi mengenai pemakaian efek samping obat kimia dalam jangka waktu lama itu apakah karena tidak pasti untuk semua penderita ataukah ada tapi disembunyikan untuk keperluan tertentu seperti menghilangkan kecemasan untuk si penderita apabila dipublikasikan .

    3. obat atau makanan apa saja yang berbahaya bagi ginjal, kalau yang dapat infonya seperti obat pelangsing, penghilang rasa nyeri, obat rematik itu berbahaya apakah betul ? kalau seperti ultracet, analsik dan obat yang mengandung parasetamol itu termasuk juga golongan pengilang rasa nyeri ya?, padahal saya sering juga minum obat itu .

    4. saya mempunyai beberapa alat untuk mengukur tensi, dari yang jarum, tensimeter digital lengan dan terakhir tensimeter digital pergelangan tangan yang bentuknya seperti jam tangan...tapi yang bentuknya seperti jam tangan itu hasilnya pasti lebih rendah dari yang lainnya sebabnya kenapa ? apakah punya petunjuk atau tip mengenai tensimeter ini ?

    5. untuk penyakit hipertensi saya apakah perlu dikombinasikan dengan obat herbal atau cukup dengan obat dokter saja ?

    terima kasih

    gunadi jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk Gunadi, senang bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan Bpk, kami coba jawab satu per satu
      1. jika labelnya obat tradisional maka bahan-bahan yang dimasukan dalam ramuan adalah bahan-bahan alami dari tanaman obat, tetapi saat ini marak sekali obat tradisional yang dicampur dengan bahan kimia obat dengan dosis yang tidak jelas pada setiap kemasannya. Pada dasarnya obat yang ada sekarang ini berawal dari tanaman dan hewan yang sudah melalui ekstraksi zat aktif obat saja yang diambil. Misal dalam 1 tanaman terdapat 5 zat aktif yg bersifat obat tetapi hanya 1 saja yg jumlahnya besar jadi dari tanaman tersebut hanya diambil 1 zat aktif obat yg kemudian diproses jd obat. Kemajuan teknologi bidang kimia dapat membuat sintesa zat aktif tanaman tersebut dengan proses kimia utk membuat senyawa yang sama dg zat aktif tanaman obat sehingga lebih efisien dan efektif pada proses pembuatan skala besar.

      2. efek samping 1 obat dapat diketahui pada tahap penelitian penemuan obat tetapi efek samping tersebut tidak dialami oleh semua orang tergantung pada kondisi tubuh masing-masing, tetapi ada efek samping yg bersifat biasa terjadi atau sering terjadi padasebagian besar pasien. Sehingga ada yg disebut efek samping sering terjadi, dan ada efek samping yg jarang terjadi. Misal pada penggunaan obat tetes mata yg mengandung benzalkonium klorida terdapat efek samping pada penggunaan jangka panjang yaitu kerusakan selaput mata dan glukoma. Pada pasien yang memiliki mata normal maka efek samping ini mungkin hanya berpengaruh negatif sedikit. tetapi pada mata rabun jauh efek samping ini akan berpengaruh negatif lebih besar yaitu kerusakan selaput mata atau terjadi glaukoma. Saya rasa informasi ini harus disampaikan kepada pasien dengan tetap berpedoman pada bukti ilmiah. tidak berlebihan dan tidak mengurangi informasinya karena pasien dan keluarga pasien berhak mendapatkan informasi tersebut agar dapat saling menjaga penderita.

      3. makanan : Pembatasan konsumsi protein (telur, ikan, daging, keju, kacang-kacangan dan susu) | batasi konsumsi garam (asin-asin, MSG) | batasi asupan cairan | batasi asupan kalium (buah pisang, alpukat, kiwi , jeruk, kismis Pilihlah pear, apel, strawberry, cherry, nanas, dan semangka. | Batasi asupan fosfor (telur, susu, yoghurt, keju, biji-bijian, dan minuman bersoda) oleh : dr. GraciellaR. Untuk obat-obatan mohon maaf kami tidak bisa mendata semuanya karena terlalu banyak. Ultracet, analsik dan paracetamol termasuk obat penghilang nyeri dan perhatian khusus pada pasien gagal ginjal tidak menggunakannya pada jangka waktu lama (sering).

      4. bedasarkan pengalaman teman-teman di bidang klinis memang ada perbedaan keakuratan pengukuran alat tensimeter digital dan manual, mereka lebih percaya pada keakuratan tensimeter manual (tensimeter air raksa) tetapi penggunaannya diperlukan latihan khusus. Tetapi mungkin perbedaan tersebut dikarenakan kualitas sensor denyut nadi pada alat tensimeter.

      5. saran kami sebaiknya Bpk tetap menggunakan obat-obat’an yang sudah diresepkan dokter dan kontrol teratur terhadap perubahan tekanan darah naik/turun atau stabil, kalaupun akan menggunakan obat herbal sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan Apoteker dan dokter terkait kemungkinan interaksi dg obat atau makanan atau mungkin kontraindikasi dengan kondisi Bpk mintalah informasi yang selengkap2nya untuk mendukung kesehatan Bpk.

      Team Klinis Blog Dunia Farmasi
      Semoga membantu

      Delete
  19. Terima kasih atas jawabannya .
    Saya belum mengerti bagaimana caranya sistem ginjal menyaring racun-racun yang berbahaya bagi tubuh kita .
    Kalau seperti jawaban anda yang mengacu dari dr.Graciella itu sepertinya untuk yang gagal ginjal ataukah untuk tubuh normal? karena spertinya seperti telur,dll dan buah pisang,kiwi dll nya itu kandungan gizinya baik bagi tubuh ya ?
    Yang saya maksudkan adakah makanan dan obat-obatan yang pasti berbahaya bagi ginjal karena "mungkin" sifatnya merusak pembuluh darah di ginjal atau meng"iritasi" ginjal semacam itu, seperti obat penghilang rasa nyeri atau obat pelangsing itu "katanya" bisa dikategorikan merusak ginjal itu bagaimana, bisa diberikan gambarannya ?

    terima kasih

    gunadi jaya

    ReplyDelete
  20. sistem kerja ginjal akan lebih detil jika diterangkan oleh dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. Benar sekali pak, jawaban yang diterangkan oleh beberapa teman kami adalah makanan yang perlu dihindari pada pasien gagal ginjal karena untuk orang normal makanan tersebut tetap diperlukan.

    makanan dan minuman yang pasti berbahaya untuk ginjal normal adalah miniman beralkohol, minuman teh dan kopi yang berlebihan (lebih dari 3x dalam sehari), merokok (walaupun tidak secara langsung), minuman berkarbonasi (sprit#,coca-co*a dan sejenisnya), petai & jengkol, kacang yang berlebihan, sari kedelai atau kedelai. Dari daftar ini yang sangat tidak dianjurkan adalah merokok dan minum alkohol, daftar makanan lainnya jika konsumsinya tidak berlebihan maka akan tetap memberikan efek positif untuk tubuh. Info lebih lengkap sepertinya bisa ditanyakan kepada ahli gizi.


    untuk obat-obatan yang digunakan pada orang dengan ginjal normal cenderung aman jika diminum sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan, informasi terkait dengan efek samping obat-obatan tersebut dapat merusak ginjal dan organ lainnya adalah jika obat tersebut digunakan dalam jangka panjang. Kontraindikasi yang tertera pada setiap obat adalah peringatan untuk pasien dengan kondisi tertentu/khusus seperti yang sudah dijelaskan oleh rekan kami.
    Obat penghilang rasa nyeri rata-rata dapat merusak ginjal tetapi dengan catatan jika digunakan pada jangka waktu lama (lebih dari 1 minggu) dan dengan dosis besar, jika digunakan dengan dosis dan indikasi yang tepat serta jangka waktu pendek (jika sakit sudah reda tidak perlu diminum lagi) maka obat anti nyeri tetap aman diminum. Obat anti nyeri menghambat sekresi prostaglandin yang bermanfaat dalam proses aliran darah ke ginjal sehingga jika prostaglandin ini dihambat pembentukannya maka proses aliran darah ke ginjal juga terhambat, lama kelamaan proses ini akan merusak ginjal. Sepengetahuan kami obat khusus utk pelangsing sebenarnya tidak ada tetapi ada yang mengambil keuntungan dari efek samping obat untuk tujuan mengurangi berat badan seperti obat pencahar,obat jantung,dan diuretic. Obat pencahar digunakan untuk orang yang mengalami konstipasi (susah buang air besar) ada yang beranggapan “jika diminum maka akan menurunkan berat badan walaupun tidak mengalami konstipasi) lalu obat diuretic (mengurangi cairan tubuh) ada yang beranggapan “jika cairan ditubuh berkurang maka berat badan juga akan berkurang” dan efek samping obat jantung adalah menurunkan berat badan karena menghilangkan nafsu makan. Logika/anggapan tersebut adalah salah besar. Obat digunakan jika ada indikasinya/sakitnya. Jika tidak ada maka hanya kan merusak organ lain karena efek sampingnya. Hubungannya dg ginjal adalah obat diuretic yang diminum akan menyebabkan dehidrasi sel dan juga terjadi pada organ ginjal.
    Semoga membantu

    ReplyDelete
  21. Ohh yaa aku kan lg susah nelen niih nah udh brp hari minum FG THROCES biasa nya sembuh tp ini kok udh brp hari minum msh sakit aja yaa .. Kira2 obat yg ampuh nya apa yaa ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jk FG Troches sudah sampai habis tapi masih sakit, kami sarankan mba' anni untuk diagnosa dokter dahulu, ditakutkan ada indikasi lain selain sakit tenggorokan. ceritakan kepada dokter dari awal sakit dan sudah minum FG troches tapi blm sembuh, radang tenggorokan saat ini sedang mewabah.

      Delete
  22. may i ask 1 question?
    have you heard about grow up usa super?can you tell me whether its a drugs that can harm our health or not...pliase anwer my question...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes of course, please feel free to ask about medicine

      yes I have heard about this product and this product are prohibited in Indonesia because it did'nt have permission from BPOM (National Agency of Drug and Food) so it has not evaluated about the safety and side effects for human, I suggest not to use it

      Delete
  23. How about hydrocalceum?have u ever heard?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm afraid I've never heard it but this information may help you with hydrocolceum

      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19895826

      Delete
    2. Tq so much for your help..

      Delete
  24. Obat. Apa yg bener"buat mengatasi wanita disaat ia mengalami keputihan yg berwarna kuning ke hijauan, dan layaknya seperti ☺яåϞԍ. Menstruasi, keluarnya, dan barbau busuk, itu akibatnya knp ?? Solusinya apa ya?? Mohon petunjuknya segera, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mba' Vann Dizy
      wanita memang normal mengalami keputihan, apalagi di Indonesia dengan kemebaban udara yang tinggi sehingga jamur mudah berkembang biak. menjadi tidak normal jika keputihan berbau busuk dan warna yg tidak normal
      (kuning kehijauan, kecoklatan atau merah muda) jika jelas keputihan yg dialami berwarna kuning ke hijauan maka bisa dipastikan akibat parasit Trichomonas vaginalis, pengobatannya dengan antibiotik oral atau vaginal (metronidazole)
      kami sarankan untuk melakukan diagnosa lebih lanjut oleh dokter kandungan atau dokter spesialis kulit & kelamin karena pengobatan keputihan yg tidak normal lebih kompleks tidak sekedar menggunakan obat saja.

      semoga membantu, dan semoga lekas sembuh

      Delete
  25. umur saya 35 thn,saya pernah makan obat dexa m 0,5+tetracyclin untuk obat jerawat selama 1thn lebih atas saran teman,jerawat memang hilang,cuma waktu berhenti makan obat diatas badan jadi lemas,lama lama rambut jadi rontok dan kulit jadi lembek.sekarang saya sudah 5thn lebih berhenti makan obat diatas,stamina saya masih belum pulih,dan rambut saya masih rontok,bagian atas kepala mulai menipis,obat apa yang cocok buat buat saya buat numbuhin rambut saya lagi,kalau bisa yang alami aja....mksh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi Bpk/ibu
      pengobatan jerawat memang ada yang menggunakan tetrasiklin tetapi dengan catatan jerawat tersebut positif diakibatkan karena bakteri, dosisnya adalah 500 mg 2x sehari. Tetapi tidak digunakan untuk terapi jangka panjang (lebih dari 1 bulan) artinya jika jerawat sudah hilang/sembuh penggunaan antibiotik tetrasiklin langsung dihentikan.

      Mohon maaf saya tidak menemukan ada literatur yang menyebutkan dexametason bisa digunakan untuk jerawat apalagi digunakan dalam jangka panjang. Badan lemas karena efek samping dari dexametason adalah katabolik steroid seperti kehabisan protein. Tetapi jika sampai 5 tahun belum pulih sebaiknya bpk/ibu check up keseluruhan & konsultasikan kepada dokter agar dapat diketahui pasti penyebabnya. Obat penumbuh rambut yang beredar diindonesia dengan kandungan minoxidil seperti aloxid, regrou F, firdaus oil dsb. Menurut informasi empiris pengobatan jawa bisa menggunakan minyak kemiri.
      Semoga membantu

      Delete
  26. Maaf, saya mau tanya, berapa lama spyramycin 1.5 MIU bisa diminum oleh orang dewasa usia 27 tahun? apa efek samping bila obat tersebut diminum terlalu lama (misal minum rutin selama setahun), aturan pemakaian bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore mas dhidhit
      spiramycin sering diresepkan untuk pengobatan infeksi saluran napas tetapi bisa untuk indikasi infeksi bakteri toxoplasma walaupun ada beberapa ahli yang meragukannya. lama waktu pengobatan antibiotik tergantung dari indikasi penyakit yang di derita sayangnya mas dhidhit tidak menyebutkan indikasinya untuk pengobatan penyakit apa apakah untuk mengobati toxoplasma atau infeksi saluran napas.

      semua antibiotik menimbulkan efek samping jika digunakan tidak dengan dosis dan cara penggunaan yang tepat serta digunakan dalam jangka panjang, efek samping yang sudah diketahui dari spiramycin adalah Mual, muntah, diare, nyeri epigastrik, ruam kulit dan urtikaria serta bersifat hepatotoksik pada pasien dengan gangguan hati

      aturan pemakaian spiramycin juga tergantung pada indikasi pengobatannya untuk infeksi apa, jadi mohon maaf kami tidak bisa menjawabnya karena kekurangan informasi yang dibutuhkan
      terimakasih, semoga membantu

      Delete
  27. Selamat Sore Pak Aji, mohon sedikit pencerahan dari Pak Aji,
    Setelah dilakukan endoskopi, Saya di diagnosa terkena GERD dan ada superfisial ulcer pada Oesophagus, dokter memberi saya Pariet 20mg 2xsehari, Purubex 3x sehari,Tripanzym 3x sehari dan Propepsa Sucralfate 3x sehari, sudah hampir 2 bulan saya makan obat-obat tersebut dan dokter mengatakan setelah itu saya harus endoskopi lagi untuk memastikan apakah ulcer-nya sudah sembuh?

    selain itu telinga saya mendenging dan setelah ke dokter tht hari ini dan melakukan beberapa test, diagnosanya kemungkinan terkena gangguan di syaraf ada sisa lendir pada hidung, di resepkan Lapibal 250 2x sehari, Aldisa SR 2x sehari, Sanexon 2x sehari, Fluimucil 200mg 2x sehari.

    Yang saya ingin tanyakan apakah obat GERD dan obat untuk telinga saya tidak saling kontradiksi? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk/Ibu sayang sekali tidak mencantumkan berat badan dan umur, kami coba menganalisis kasus peresepan yang Bpk/ibu alami. Pertama, benar dokter menyarankan endoskopi ulang untuk memastikan kesembuhan superfisial ulcer’nya. Kedua, mungkin yang Bpk/ibu maksud adalah “interaksi” dari obat-obat tersebut bukan “kontradiksi” Bedasarkan beberapa literatur, terdapat 3 interaksi dari obat yang Bpk/ibu sebutkan yaitu

      Pariet 2x1 #
      Purubex 3x1
      Tripanzym 3x1
      Propepsa sucralfate 3x1

      Lapibal 2x1
      Aldisa SR 2x1 #
      Sanexon 2x1 #
      Fluimucil 2x1
      Tanda # adalah obat yang berinteraksi
      Sanexon (metilprednisolone) + Aldisa (loratadine)
      Metilprednisolone akan menurunkan efek terapi dari loratadine, sehingga efek terapi dari aldisa dengan salah satu zat aktif’nya adalah loratadine, akan menurun/tidak berefek semestinya.
      Sebaliknya, loratadine akan meningkatkan efek terapi dari metilprednisolone (meningkatkan efek terapi disini bukan berarti baik, karena jika efeknya meningkat = efek sampingnya juga meningkat karena kadar obat dalam darah terlalu tinggi dan tidak dalam kadar yang seharusnya)

      Sanexon (Metilprednisolon) + Aldisa (Pseudoephedrine)
      Menurunkan efek terapi metilprednisolon, serta kemungkinan adanya toksisitas pada pembukuh darah jantung.

      Sanexon (metilprednisolone) + pariet (rabeprazole)
      Metilprednisolon dapat menurunkan efek terapi dari rebebrazole yang mempengaruhi metabolisme enzym Cytochrome P450. Hal ini membuat obat pariet tidak berefek semestinya, tetapi interaksi ini bersifat ringan/minor

      Saran, berikan jeda waktu minum obat antara obat-obat’an GERD dan obat telinga. Contoh : obat GERD diminum dahulu pada pagi cth jam : 07.00 pada obat-obat ini hanya pariet yang berinteraksi dengan obat telinga Bpk/ibu. tetap perhatikan aturan minum 2x sehari atau 3x sehari, Jeda waktu minum obat telinga sekitar 1-2 jam setelahnya cth : jam 09.00 adl waktu minum obat telinga, tetapi khusus untuk obat aldisa dan sanexon tidak diminum bersamaan, obat ini juga diberikan jeda waktu pe-minuman, misal jam 09.00 minum obat sanexon, maka obat aldisa diminum 1-2 jam setelahnya yaitu jam 11.00. selanjutnya intervalnya berulang seperti pada contoh.

      konsultasikan hal ini secara langsung kepada Apoteker dan dokter Bpk/ibu, kemungkinan saat diagnosis THT Bpk/ibu tidak memberikan informasi sedang mejalani pengobatan GERD.

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh, salam Apoteker

      Delete
  28. Nama satria
    Umur 20
    Berat Badan 70 kg
    saya penderita sinusitis, sudah pernah ke dokter tht namun tidak juga sembuh..
    saya ingin menanyakan tentang sebuah produk http://www.nasodren.com/
    mohon bantuaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang mas ahdi satria
      produk nasodren produksi dari Hartington Pharmaceutical adalah produk alami yang terstandar di indonesia dikenal dg nama Herbal terstandar, atau bahkan merupakan produk fitofarmaka karena sudah melewati 3 Fase uji klinik.

      menurut informasi dari website tersebut nasodren berefek untuk menghilangkan gejala hidung tersumbat dan membersihkan lendir dalam rongga hidung dan saluran pernapasan bagian atas. bahkan diinformasikan juga nasodren tidak diperbolehkan digunakan pada penderita polip hidung dan penderita sinusitis. jadi mas Ahdi sebaiknya tidak menggunakannya karena sudah ada peringatan tertulis dari nasodren.

      saran, sebaiknya diperiksakan kembali kepada dokter spesialis THT di RS lain dengan diagnosa lengkap karena ada penyebab sinusitis dan pengobatannya juga berlainan.

      semoga membantu, salam Apoteker

      Delete
  29. maaf mas, tolong d baca lagi mengenai produknya, karena nasodren itu merupakan obat utk sinusitis, bukan sebaliknya..
    trima kasih, mohon maaf klo ada kesalahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih untuk koreksinya mas saya kurang menambahkan jenis sinus yang dimaksud adalah paranasal sinuses

      Before using Nasodren®
      Do not use Nasodren®
      If you are allergic (hypersensitive) to Cyclamen, Primula and other Primulaceae.
      If you have polyposis of the nose and the paranasal sinuses that can block the meatus and secretion.

      http://www.nasodren.com/en/for-patients.html

      saya coba cari informasi produk tersebut sepertinya belum terdaftar di BPOM RI

      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
  30. terima kasih..
    sinus yg saya derita sinusitis etmodialis, atw sinus d sekitar mata,, sinus ini tdk mengeluarkan lendir hanya saja kadang suka nyeri d sekitar mata dan kadang kala saya susah bernafas, karena lubang d pangkal hidung terasa menyempit..
    apakah obat ini cocok??

    trima kasih atas jawaban dan waktunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasi tentang nasodren kami dapatkan dari website resminya saja, informasi lain kami dapatkan dari website pubmed.gov terdapat penelitia terhadap bahan herbal yg terkandung dalam nasodren yaitu Cyclamen europaeum dg hasil herbal tersebut signifikan mengurangi gejala sinus pada pasien dengan rinosinusitis akut/sinusitis (definisinya sama). Cara kerja herbal ini adalah menghilangkan gejala hidung tersumbat dan membersihkan lendir dalam rongga hidung dan saluran pernapasan bagian atas. Berdasarkan informasi penelitian dan dari website nasodren tersebut saya simpulkan bahwa nasodren bisa meringankan gejalanya tetapi bukan menyembuhkan sinusitisnya. Seperti pada obat-obat flu sebenarnya obat tersebut tidak menyembuhkan sakit flu tetapi meringankan gejala yg disebabkan oleh sakit flu tersebut.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  31. oh.. cuma meringankan..terima kasih atass bantuannya.. saya skrg jd mengerti..
    sebagai seoraang yg ahli d bidang obat, mungkin ada saran dari bapak obat yg ckup efektif utk penyakit saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinusitis etmoidalis menyebabkan nyeri biasanya diantara mata serta nyeri kepala di dahi. Peradangan sinus etmoidalis juga bisa menyebabkan nyeri bila pinggiran hidung di tekan serta berkurangnya indera penciuman dan hidung tersumbat. pengobatannya menggunakan obat-obat dekongestan untuk mengurangi penyambatan, antbiotik untuk mengendalikan bakteri penyebab infesi pada sinus, dan obat pereda nyeri jika nyeri tidak bisa ditoleransi oleh mas ahdi.
      untuk contoh obat2nya mohon maaf tidak bisa kami sebutkan karena pengobatan sinusitis diperlukan diagnosa yg lengkap oleh dokter yang berkompeten dalam diangnosa penyakit.
      semoga membantu

      Delete
  32. selamat siang,

    Saya pria berusia 26 tahun. Saya memiliki fistula ani (fisura ani) dimana terdapat lubang kecil diantara lubang anus. Fistula itu sudah ada sejak tahun 2009 (lbh kurang 3tahun).
    Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah tanpa bedah fistula dapat sembuh ?
    2. Dalam kurun 3 tahun tersebut saya sudah mengkonsumsi banyak makanan berserat , namun bila mengkonsumsi kacang tanah, cabe maka dari fistula tsb mengeluarkan nanah beserta sedikit darah. Berbahayakah itu ?
    3. Apakah Seton menjamin tidak kambuh lagi fistula tsb ?
    4. Apakah fistula yang saya biarkan selama 3 tahun itu (tanpa diolesi obat atau mengkonsumsi obat) dapat menjalar, menyebar, makin banyak, radang yang lebih parah, atau bahkan kanker ?

    sebelumnya mohon maaf karena pertanyaan saya banyak sekali. mohon bisa dijawab satu persatu dengan terperinci. terima kasih atas perhatian dan bantuannya, saya frustasi sekali karena fistula ini karena biaya juga merupakan faktor yg membuat saya tidak berobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore Bpk Rudi H
      sebelumnya kami mohon maaf karena menurut kami pertanyaan Bpk akan tepat jika dijawab oleh profesi yang lebih berkompeten tentang penyakit yaitu dokter. kasus fisura ani sudah pernah kita bahas di forum konsultasi ini dan dijawab oleh rekan kami Ditya,S.Farm.,Apt silahkan scroll ke atas.

      adanya nanah dan darah sudah menandakan adanya radang dan perlu pengobatan serius, saran kami adalah segera konsultasikan tentang kondisi anda

      Delete
  33. Selamt siang pak aji ,mau tanya nih...gimana cara menghilangkan bekas cacar air yang ada di wajah?obat apa yang sekiranya cocok buat hilangi bekas-bekas hitam di wajah....terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore Bpk/ibu
      bekas luka cacar air yang sudah benar2 mengering akan susah dihilangkan atau disamarkan jika luka tersebut masih baru kemungkinan bisa lebih mudah dan cepat dipulihkan. salep yang bisa digunakan adalah salep madecasol atau salep dermatix ultra dengan pemakaian rutin dan sesuai cara pemakaiannya diperkirakan akan hilang atau tersamarkan dalam waktu 2-3 bulan
      terimakasih semoga membantu

      Delete
  34. Doc, saya pria berusia 22 tahun, saya terkena penyakit kulit seperti totol2 berwarna beda dng kulit bagian perut saya, apakah itu sejenis panu? tp kalo panu bercaknya tidak seperti panu yg biasa yg berwarna putih cerah. saya udah meminum obat oral Zoralin / Ketoconazole, dan zoralin cream untuk pengobatan dr luar. tp sudah 5 hari ini belum ada tanda2 perubahanya, saya minum tablet zoralinya itu 1x1 hari serta salepnya sehabis mandi pagi dan sore. menurut dokter bisakah penyakit saya itu sembuh dengan Zoralin tersebut? trus adakah obat yg ampuh selain zoralin? trima kasih bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mas, sayang sekali tidak menggunakan nama dan menyebutkan berat badan, & tinggi badan. Informasi itu kami perlukan agar dapat memberikan konsultasi yang tepat khusus untuk anda.

      Pertama kami meluruskan dahulu tentang halaman ini adalah halaman konsultasi obat oleh Apoteker karena antara Apoteker dan dokter memiliki pembatas keilmuan yang jelas yaitu dokter memiliki keilmuan mendiagnosa penyakit pasien sedangkan Apoteker memiliki keilmuan tentang obat-obatan yaitu menjelaskan semua informasi terkait dg obat dan informasi lain terkait dg proses kesembuhan pasien agar pasien mendapatkan efek terapi yang optimal.

      Dari pertanyaan ini akan sangat cocok jika diajukan kepada dokter umum atau dokter spesialis kulit walaupun kami juga mempelajarinya tetapi ada pembatas etika keprofesian yang harus kami junjung tinggi. Oleh karena itu saya coba bahas bagian obatnya saja.
      - Ketokonazole merupakan antifungi berspektrum luas artinya tidak spesifik pada jenis jamur kulit tertentu saja.
      - Penggunaan obat ini minimal 10 hari untuk kondisi seperti yang dijelaskan, bahkan pada kondisi penyakit kulit lain penggunaan obat ini bisa sampai 12 bulan tergantung pada hasil diagnosis dokter.
      - Dosisnya sudah tepat 1x sehari diminum saat atau sebelum makan atau sesudah makan tetapi obat ini bersifat asam sehingga akan lebih baik jika diminum sesaat sebelum makan. Jadi anda minum obat ini sekitar 10-15 menit sebelum makan. Tetapi jika anda mengidap sakit maag sebaiknya diminum setelah makan
      - dosis max per-hari adalah 2x sehari dengan catatan pada penggunaan setelah 10 hari tidak menunjukan kesembuhan.
      - Jika anda lupa minum obat ini pada penggunaan 2x sehari maka cepat-cepat minum tetapi jika sudah mendekati waktu minum obat yang ke dua maka TIDAK disarankan minum 2 tablet sekaligus atau dalam waktu berdekatan
      - Efek samping yang paling sering terjadi adalah sakit kepala dan kulit kering di sekitar kulit yang luka. Hentikan pengobatan jika terjadi iritasi atau rasa seperti terbakar pada kulit yang diolesi.
      - Jangan gunakan krim ketokonazole pada daerah sekitar mata, mulut dan hidung

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh

      Delete
  35. Mas saya mau tanya. Saya sedang melakukan vaksinasi hepatitis banyak menggunakan euvak b. Pemberian vaksin dilakukan sebanyak 3x. pada bulan ke 0, 1, dan 6. Namun pada bulan ke 6 saya terlambat datang vaksin. Apakah saya harus mengulangi lg dr awal vaksinasinya. Saya pria umur 38 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada bulan ke 6 sudah terlambat berapa hari/minggu ? jika masih dalam hitungan minggu lekas vaksinasi kembali. sepengetahuan kami waktu 6 bulan tersebut digunakan sebagai booster imun. vaksinasinya tidak perlu diulang dari awal.

      Delete
  36. farel ramdhan9 Oct 2012 14:27:00

    sy farel 20 th,tb 172 bb51,
    dlu sktr 1 blan q pernah terkena penyakit GO ,
    n udan sembuh total,n skarang q mengalami tanda2 penyakit GO lg gara2 q onani.
    dulu q pernah berobat lewat doker sp,kulit n kelamin n di beri resep obat oleh dokter ,tp q lupa nama obatnya apa ,tp kyaknya nama obatnya diantara salah satu obat ini :
    •Amoksisilin 2 g 1 g ditambah probenesid oral m
    •Ampisilin 2 sampai 3 g ditambah probenesid 1 gsecara
    oral
    •2 g secara oral azitromisin
    •Cefixime 400 mg secara oral
    •Sefotaksim 500 mg dengan injeksi intramuskular
    •Cefoxitin 2 g dengan injeksi intramuskular, ditambah
    probenesid 1 g secara oral
    •Cefpodoxime (Vantin) 400 mg oral
    •Ceftriaxone (Rocephin) 125 sampai 250 mg dengan injeksi
    intramuskular
    •Ciprofloxacin 500 mg oral
    •Levofloxacin 250 mg secara oral
    •Ofloxacin 400 mg secara oral
    •Spectinomycin 2 g dengan injeksi intramuskular .
    dok q mt saranya obat mana yg harus aku beli sama dosisnya,
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas pertanyaan mas farel
      sebelumnya kami perjelas, saya/kami bukan seorang dokter, melainkan seorang Apoteker. Pada konsultasi sebelumnya yang ditanyakan oleh “Anonymous” pada tanggal 4 Oct 2012 21:34:00. “Pertama kami meluruskan dahulu tentang halaman ini adalah halaman konsultasi obat oleh Apoteker karena antara Apoteker dan dokter memiliki pembatas keilmuan yang jelas yaitu dokter memiliki keilmuan mendiagnosa penyakit pasien sedangkan Apoteker memiliki keilmuan tentang obat-obatan yaitu menjelaskan semua informasi terkait dg obat dan informasi lain terkait dg proses kesembuhan pasien agar pasien mendapatkan efek terapi yang optimal.” Penjelasan ini saya rasa sangat berguna untuk pengetahuan masyarakat luas tentang perbedaan keilmuan tersebut walaupun akar dan tujuan keilmuannya adalah sama.

      penjelasan obat yang sudah pernah diminum sepertinya lengkap sekali mas farel, informasi obat-obat tersebut memang beredar luas di internet tetapi tata laksana pada penyakit GO yang kambuhan berbeda dengan tata laksana terapi GO saat terjadi pertama kali. Kami tidak bisa merekomendasikan obat mana yang terbaik untuk mas farel karena informasi obat yang dahulu pernah diresepkan sepertinya kurang jelas walaupun sudah menyebutkan banyak sekali. Artinya dokter tidak mungkin meresepkan obat-obatan yang disebutkan mas farel.

      Saran kami segera datang kepada dokter spesialis kulit dan kelamin yang sebelumnya pernah mengangani mas farel, karena dokter tersebut sudah memiliki rekam medis obat apa saja yang pernah diresepkan.

      semoga membantu dan semoga lekas sembuh

      Delete
  37. cefixime, vesten, stobled itu jenis obat untuk apa aja ya? dan yang gak boleh putus diminum itu yang mana bagi penderita TBC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mas Heri, sayang sekali nih tidak menyebutkan informasi yang dibutuhkan, tetapi akan saya coba jawab.

      Cefixime adl antibiotik yang diresepkan untuk infeksi saluran kemih, bronkitis akut/kronik, infeksi tenggorokan, infeksi kelenjar tonsil.

      vestein adl mecolitik, untuk pengencer dahak

      stolbed adl obat untuk mengurangi pendarahan

      sepengetahuan saya dan beberapa literatur yang saya cek kembali terapi TBC tidak menggunakan antibiotik cefixime, saran kami silahkan mas heri datang kepada dotker spesialis paru agar penanganan terduga TBC bisa cepat terobati>

      terapi TBC menggunakan kombinasi antibiotik minimal 3 butir antibiotik khusus TBC atau 1 butir antibiotik khusus TBC yg didalamnya sudah terdapat 4 zat aktif obat antibiotik TBC

      semoga membantu

      Delete
  38. salam sejawat
    pengen tanya nie adakah obat baru dengan sediaan baru pula serta penggunaanya perlu perlakuan khusus
    trima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam mas helly
      selain teknologi nanopartikel obat, saya belum menemukan teknologi bentuk sediaan obat yang terbaru

      Delete
  39. kalo obat herbal bwt pengapuran katup jantung kira2 ada ga?

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami belum pernah menemukan ada herbal yang diteliti sampai menjadi produk fitofarmaka, khusus untuk pengobatan atau pemeliharaan Stenosis aorta pengapuran katup jantung. karena terapi utama pada Stenosis aorta adalah operasi pergantian katup dan peningkatan kualitas hidup pasien

      Delete
  40. Alhamdulillah terimaksih buat sharing ilmunya mas,menurut saya blog sangat bermanfaat untuk orang awam ky saya apa lagi ada konsultasi obat dan kesehatannya

    mas saya mau tanya, kemarin saya ujian UKDI melalui komputer dan baru beberapa menit saja leher sudah terasa pegal-pegal dan nyeri. umur saya 45th, berat badan 70 tinggi badan 165cm mohon informasinya ya mas
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi pak suparyanto,terimakasih atas apresiasinya semoga melalui blog ini bisa membantu meningkatkan kesehatan bapak dan keluarga.

      menurut TB dan BB bpk termasuk kategori gemuk tetapi masih dalam batas normal dan perlu dijaga asupan makanannya.terkait dengan pegal-pegalnya kemungkinan besar adalah salah posisi atau terlalu tegang saat ujian di hadapan komputer, usahakan gerakan leher setiap beberapa menit agar otot sekitar leher tidak kaku atau sakit. utk obatnya bpk bisa mengkonsumsi vitamin B kompleks dan oleskan salep pereda nyeri seperti lafalos plus atau counterpain dan sedikit dipijat. konsumsi juga buah pisang secara wajar dan olah raga ringan seperti jalan kaki 30-60 menit/hari

      semoga membantu pemulihan kesehatan bpk

      Delete
  41. apakah ada efek samping dari penggunaan obat antihipertensi bisoprolol fumarate dosis 5 mg dg diltiazem dosis 5 mg. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi, sayang sekali Bpk/Ibu tidak menyertakan informasi lengkap TB dan BB serta sudah berapa lama mengalami sakit jantung. Jika melihat dari pertanyaan bpk/ibu saya melihat sepertinya ada 2 kemungkinan pertanyaan. 1. Jika hanya dipertanyakan tentang efek samping masing-masing obatnya maka setiap bahan yang berkhasiat obat bagi tubuh pasti ada efek sampingnya. 2. Mungkin yang dimaksud bpk/ibu adalah ada atau tidak interaksi antara kedua obat.

      saya jawab 2 kemungkinan pertanyaan tersebut.
      Efek samping bisoprolol fumarate
      Pusing, vertigo, sakit kepala, mulut kering, insomnia, nyeri perut

      Efek samping Diltiazem
      nyeri kepala, pusing, gangguan saluran cerna dan bradikardia

      efek samping tersebut bersifat relatif pada setiap individu sehingga tidak semua orang yang menggunakan obat bisoprolol fumarate dan diltiazem mengalami efek samping tersebut.

      Interaksi Bisoprolol fumarate dan Diltiazem
      Terdapat interaksi antara keduanya yaitu efek terapi antihipertensi meningkat tetapi bukan berarti baik karena tekanan darah memiliki batas atas dan batas bawah, jika efek antihipertensinya meningkat maka dikhawatirkan terjadi hipotensi yg sama berbahaya dengan hipertensi.
      Saran : monitoring ketat satus detak jantung dan jangan minum obat ini pada saat mau tidur, waktu terbaik untuk minum obat ini adalah jam 09.00-11.00 penentuan jam ini berdasarkan hasil beberapa penelitian yg menyebutkan bahwa tekanan darah tertinggi rata2 pada jam tersebut.

      semoga membantu

      Delete
  42. 6-7 hari yang lalu tiba2 badan saya menggigil dan demam disertai nyeri kepala di bagian belakang. malam harinya saya ke dokter dan diberi obat untuk demam (lupa namanya) dan asam mefenamat untuk penghilang nyeri. selama mengkonsumsi obat,badan berkeringat sampai berlebihan. saya pikir itu masa penyembuhan. 2 hari saya konsumsi obat itu dan hari ketiga badan kembali demam tinggi dan nyeri kepala. saya kembali lagi ke dokter yang sama dan diberi obat yang berbeda yaitu terra-f,amoxilin dan satu lagi penurun panas (lupa namanya krn tidak ada pembungkusnya). sampai obat itu habis,belum ada perubahan juga bahkan tambah mual dan sampai muntah. saya memilih untuk ke rumah sakit.
    sampai di rumah sakit saya juga sempat cek darah dan hasilnya normal. saya diberi obat dari dokter di rumah sakit yaitu obat mual,sanmol dan analsik...
    sampai saat ini rasa nyeri msh terasa walau hanya sedikit...

    sebenarnya obat apa yg benar untuk nyeri kepala belakang ya? untuk mualnya kadang masih terasa,apakah itu efek dari obatnya? karena saya baca artikel di google kalau analsik bisa menyebabkan mual. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk/Ibu maaf Bpk/Ibu kurang menambahkan informasi yang lengkap agar informasi yang kami berikan lebih akurat. Tetapi akan kami coba menjawab dengan informasi yang ada.

      Pertama ke dokter : Obat penurun demam yg Bpk/Ibu gunakan prediksi saya adalah paracetamol, karena efek berkeringat merupakan tanda penurunan demam.
      Kedua ke dokter yang sama : tera f, amoxicillin, penurun panas (kemungkinan paracetamol). Indikasi dari tera f adalah untuk meringankan gejala flu seperi demam, sakit kepala, hidung tersumbat,
      dan bersin-bersin yang disertai batuk. Didalam tera f sudah terdapat zat aktif obat paracetamol sebagai penurun panas jika dokter memberikan tambahan penurun panas artinya terdapat 2 obat yang berkhasiat sama. Hal ini dikhawatirkan terjadi overdosis obat. Pemberian amoxicillin berdasarkan informasi Bpk/Ibu, menurut pengamatan saya kurang tepat karena pasien tidak menunjukan tanda2 infeksi atau mungkin dokter memiliki diagnosa khusus terkait peresepan amoxicillin.
      Ketiga pergi ke RS : obat-obatan yang diresepkan oleh dokter RS adalah untuk mengurangi gejala yg Bpk/Ibu rasakan. Sakit kepala belakang yang dirasakan Bpk/Ibu adalah Sakit kepala tipe tension headache yang seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh. Ada banyak penyebabnya biasanya adalah karena adanya tekanan/stress pikiran seperti stress bekerja, Gangguan tidur, Waktu makan yang tidak teratur, berhenti minum kopi secara tiba2 sampai pada karena tumor otak. Obatnya adalah temukan penyebab sakit kepala belakang tersebut jika setelah scan otak hasilnya normal maka perlu ditelusuri penyebab lainnya. Terkait dengan analsik memang benar obat tersebut menyebabkan mual tetapi dokter juga memberikan obat anti mual agar efek sampingnya tidak dirasakan. Karena analsik memiliki daya anti nyeri lebih baik daripada obat-obat sebelumnya.

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh

      Delete
    2. saya wanita,25th,153cm,40kg..
      apakah sakit kepala ini bisa digolongkan vertigo? dan apakah penggunaan analsik dapat menyebabkan ketergantungan ya?
      trimakasih

      Delete
    3. vertigo tidak menyebabkan sakit/nyeri kepala, gejala vertigo adalah pusing, sekelilingnya terasa berputar2 walaupun kita diam, badan serasa melayang dan kehilangan keseimbangan.

      analsik dapat menyebabkan ketergantungan secara psikis, jika tidak meminum obat tersebut maka tubuh merasa pegal dan sakit2 setelah meminumnya pegal dan sakit hilang padahal hal tersebut hanyalah sensasi otak yang mempengaruhi fisik. jadi penggunaan analsik tidak diperbolehkan dalam janmgka waktu lama, maksimal 1-2 minggu.

      Delete
  43. Infonya bagus sekali untuk pengetahuan kita bersama. Terima kasih Pak Aji Wibowo yang telah banyak memberikan informasi untuk kita. Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Bpk salam kenal..
      semoga blog ini bisa bermanfaat untuk masyarakat

      Delete
  44. assalamualaikum allhamdulillah dapat site bagus.langsun aja
    Nama andi
    Umur 29
    Berat dan Tinggi Badan 154/60
    saya terkena tinea cruris di selangkangan
    sudah 22 hari mengunakan ketoconazole sudah habis 3 tube [45 gram], semua celana dalam sudah saya ganti dengan yg baru selama pengobatan,,,dan pakain handuk saya cuci dengan air panas,,,[engobatan salep rutin pagi malam,,setelah mandi,,,tapi masih aja ..sekarang agak tipis kulit dari sebelum pengobatan,,,tetapi sekarang tersisa seperti panu putih tipis kering
    saya berencana konsumsi oral Itrakonazol,,,dosis yang tepat seperti apa, meningat saya ingin sembuh / tuntas dari jamur
    mohon pencerahanya..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk Andi, berdasarkan kalkulasi Body Mass Index, Bpk andi tergolong sedikit diatas normal yaitu gemuk saran kami turunkan berat badan sampai pada batas normal dengan berat badan sekitar 55Kg.

      Pengobatan tuntas tinea cruris memerlukan waktu sekitar 2-4 minggu. Berdasarkan informasi Bpk keadaan kulit seperti panu/mengkilat adalah proses kesembuhan dari tinea curtis, saran saya tetap lanjutkan pengobatan dengan melebihkan sekita 1 cm olesan salep ketoconazole pada kulit yang terkena tinea curtis.

      Penggunaan itraconazole adalah untuk tinea curtis parah penyebarannya luas pada kulit sekitar selangkangan. Jika kondisi tinea curtis Bpk sudah membaik maka obat ini tidak diperlukan. Tetapi jika tetap akan menggunakannya saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan resep itraconazole dengan dosis 100mg 1x sehari selama 15 hari (wajib) tidak boleh kurang dari 15 hari. Info lengkap tentang itraconazole bisa Bpk akses pada link ini http://www.mims.com/Indonesia/drug/info/itraconazole/

      Perhatian : tidak digunakan pada pasien wanita hamil & menyusui, pasien gangguan hati, serta perhatikan efek samping yang mungkin muncul

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh. Salam Apoteker

      Delete
  45. nama : Dikha
    Umur : 30
    berat :47
    Tinggi : 170
    Obat :Methylprednisolobe, cefadroxil, asam mefenamat
    sebelumnya, sy habis kecelakaan, tulang rahang atas dan bawah patah dan hbs menjalani oprasi, jd ada pemasagan pen di pipi kanan dan kiri juga rahang bawah. sudah satu bulan berlalu, kancing2 gigi juga udah bs dibuka, sy gk tau fungsi 3 obat itu untuk apa?
    1. yg saya mau tanyakan : kodisi gigi atas msh goyang dan skrg msh dipasang kawat juga behel, saya liat kodisi gigi saya sedikit berbeda dgn gigi yg laen didalamnya kayak ada semacam darah gt, jd agak kemeraha...
    2. ada gk sik obat yg bs memulihan kodisi gigi saya yg goyang, dan memerah kata dokter gigi gigi saya hampir mati/rusak
    3. ada gk obat herbal/obat kimia yg bener mengobati safar2 dan fungsi gigi, baik gusi, dan goyangnya?

    sebelumnya saya minta maaf krn terlalu banyak nanya, dan makasih atas jawabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk Dikha, terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Semoga memberikan manfaat untuk Bpk.

      Hasil kalkulasi Body Mass Index (BMI), Bpk tergolong kurus. Disarankan untuk meningkatkan berat badan Bpk sampai pada batas normal dengan berat badan sekitar 65 Kg karena jika terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa mempengaruhi absorbsi obat dalam tubuh.

      Fungsi obat
      Methylprednisolone pada kasus Bpk dikha digunakan sebagai anti peradangan atau anti pembengkakan.
      Cefadroxil digunakan sebagai antibiotik pasca operasi untuk mencegah infeksi bakteri
      Asam mefenamat digunakan untuk mengurangi nyeri yang terjadi akibat fraktur tulang

      Untuk kondisi gigi yang goyah penguatan pada akar gigi, untuk obat tersebut kami belum pernah menemukannya tetapi ada suplemen fluor untuk memperkuat gigi, informasi lebih lengkap tentang penguatan gigi bisa didapatkan dengan berkonsultasi pada dokter gigi

      Semoga membantu dan semoga cepat pulih kembali

      Delete
  46. umur saya 16 th, BB 59 kg, TB 159 cm saya mempunyai penyakit hipertensi, sudah setengah tahun , dan juga riwayat keluarga ibu dan bapak. Keluhan saya pada jantung sering terasa berdebar debar dan cepat tidak teratur dan saya dikasih obat bisoprolol fumarate 5 mg,amlodipine besylate 5 mg dan diltiazem 5mg. dan jantung saya iramanya sudah normal karena bisoprolol fumarate sudh tidak berdebar debar dan tidak cepat lagi seperti dulu. tetapi tensi saya masih sering tinggi dan abnormal kadang 130/80 dn 140/100. dan sekarang saya diberi obat furosemide dan cpatopril,dan obat yg dlu masih, apakah boleh jika obat furosemide dan captopril saya tambah dg bisoprolol agar tidak cepat lagi irama jantungnya dan bagaimana reaksinya. terima kasih bapak mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mas/mba, terimakasih sudah berkunjung ke blog dunia Farmasi. Penanganan Hipertensi diperlukan suatu perlakuan khusus agar sasaran terapi dapat tercapai yaitu tekanan darah mencapai normal dan menjaganya tetap normal. Berdasarkan pada cerita di atas mas/mba masuk dalam tahap 2 pengobatan karena obat2an pada tahap 1 belum bisa menurunkan tekanannya.

      saran saya : gunakan furosemide dan captopril saja tidak menggunakan obat lain seperti bisoprolol fumarate Karena bisa menyebabkan hipotesi ortostatik. Minum obat furosemide pada pagi dan sore untuk mencegah diuresis/kencing tersus di malam hari. Captopril dimulai pada dosis paling rendah yaitu 12,5 mg atau dikurangi 50%’nya karena sudah menerima obat diuretic furosemide. Walaupun begitu tetap mengacu pada anjuran dosis dokter spesialis jantung. kontrol tekanan darah dengan
      interval 6 – 8 minggu sekali

      Menjaga tekanan darah pada batas normal lebih baik daripada menurunkannya secara cepat. Disarankan untuk menjaga tekanan darah pada batas normal dengan berolahraga jalan kaki selama minimal 30 menit setiap pagi, tidak melakukan olah raga berat, mengurangi konsumsi garam, berhenti merokok, makan makanan yg berserat tinggi dan rendah lemak jenuh.

      Semoga lekas pulih dan lakukan aktivitas seperti biasa dan tetap waspada

      Delete
    2. terima kasih atas jawabanya pak, hipotensi ortostatik itu apa pak!

      Delete
    3. Hipotensi ortostatik adalah penurunan tekanan darah yang terjadi tiba-tiba, pada saat perubahan posisi dari telentang ke posisi duduk atau tegak.

      kejadian ini lebih sering terjadi pada pasien hipertensi yang sedang menjalani terapi anti Hipertensi dengan pengaturan dosis dan cara minum yg kurang tepat

      Gejala seperti lemah tiba-tiba, pusing, terasa mau pingsan (berkunang-kunang) sampai pingsan juga dapat terjadi. jika hal ini terjadi sebaiknya cepat diantarkan ke RS terdekat

      Delete
  47. selamat sore pak, apakah corsaneuron vit.b1 100 mg, vit b6 200 mg, vit b12 200 mcg. apakah vit ini bisa menyebabkan tekanan pada darah/hipertensi? terima kasih mohon jawabanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk/ibu
      overdosis vitamin B bisa menyebabkan kelumpuhan otot sementara dan jika digunakan bersamaan dengan obat parkinson seperti levodopa maka terjadi interaksi yang menyebabkan efek levodopa hilang. kami tidak menemukan efek samping overdosis Vit B kompleks pada kinerja jantung (hipertensi)

      penggunaan maksimal Vit B kompleks adalah 1x sehari dalam jangka waktu 1-2 minggu saja. jika lebih dari anjuran dosis maka terjadi overdosis Vit B kompleks.
      semoga membantu

      Delete
  48. Andi Sofyan A1 Nov 2012 10:44:00

    Selamat pagi pak, akhirnya ketemu juga dg blogger dan blognya yg sesuai dg profesinya dan sangat bermanfaat.

    saya ingin menannyakan hal yang sering saya alami yaitu sakit kepala yang tidak sembuh malah saya seperti kecanduan obat sakit kepala kalau tidak minum obat itu maka sakit kepala muncul lg. lalu sy ke dokter dan diresepi aspirin dan vitamin B kompleks setelah saya minum obat dari dokter tersebut,saya malah jadi ketergantungan dengan obat itu kalau tidak minum obat itu saya sakit kepala lagi,seperti ketagihan obat itu atau ketergantungan. mohon arahan Pak aji terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi pak, akhirnya ketemu juga dg blogger dan blognya yg sesuai dg profesinya dan sangat bermanfaat.

      saya ingin menannyakan hal yang sering saya alami yaitu sakit kepala yang tidak sembuh malah saya seperti kecanduan obat sakit kepala kalau tidak minum obat itu maka sakit kepala muncul lg. lalu sy ke dokter dan diresepi aspirin dan vitamin B kompleks setelah saya minum obat dari dokter tersebut,saya malah jadi ketergantungan dengan obat itu kalau tidak minum obat itu saya sakit kepala lagi,seperti ketagihan obat itu atau ketergantungan. mohon arahan Pak aji terimakasih

      Selamat siang pak Andi, terimakasih atas apresiasinya. Tapi,..maaf sepertinya Bpk lupa mencantumkan berat badan/tinggi badan dan kondisi kesehatan Bpk secara umum seperti sedang mengidap suatu penyakit selain sakit kepala dan berapa dosis Aspiriun yang diresepkan dokter.

      saya jawab berdasarkan pertanyaan Bpk Andi, sebenarnya sakit kepala merupakan gejala awal dari berbagai macam kondisi penyakit seperti migrain, vertigo, depresi bahkan hipertensi. Pemberian Aspirin sudah tepat karena obat ini memang diindikasikan untuk meringankan rasa sakit, terutama sakit kepala dan pusing, sakit gigi, dan nyeri otot serta menurunkan demam. Tetapi penggunaannya harus hati-hati pada penderita tukak lambung/maag, asma, alergi dan pasien yang sedang meminum obat anti pembekuan darah.

      Aspirin tidak menyebabkan efek samping ketagihan/ketergantungan. Mungkin perasaan “ketagihan/ketergantungan” yang dirasakan oleh Bpk Andi adalah karena setelah minum obat maka sakit kepala langsung sembuh. sehingga tersugesti bahwa jika tidak minum obat maka kepala akan sakit. Saran saya, Bpk perlu memeriksakan ke dokter spesialis syaraf jika sakit kepala yg dialami tidak kunjung sembuh karena mayoritas sakit kepala yg tidak sembuh2 merupakan gejala dari suatu penyakit lain.

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh

      Delete
  49. Hello Pak Aji... Pertama saya salut dan apresiasi cara Bapak menanggapi setiap pertanyaan... Wonderful!
    Saya 38thn BB/BT 70/167, married. Pertanyaan saya:
    1. Apakah obat sejenis cialis/viagra dapat mematikan/merusak kualitas sperma jika dikonsumsi?
    2. Apakah mengkonsumsi Zibramax (antibiotik) 3 hari berturut turut juga dapat merusak kualitas sperma.
    Terimakasih atas tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasi anda, blog ini saya dedikasikan kepada profesi Apoteker yang saya sandang sekarang, agar bisa bermanfaat setidaknya untuk masyarakat online.

      Setelah kami telusuri beberapa literatur tepercaya terkait dengan efek samping sidenafil (viagra) dan tadalafil (cialis) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas sperma termasuk jumlah/volume/kepadatan sperma dan motilitas sperma. Efek samping yang sering terjadi adalah sakit kepala.

      Zat aktif dalam zibramax adalah Azitromicyn yang memiliki daya anti bakteri yang kuat, oleh karenanya diresepkan 1x sehari selama 3 hari. Azitromicyn diresepkan untuk infeksi berat sehingga manfaat terapinya akan lebih tinggi daripada efek samping yang timbul. Efek samping terhadap kualitas sperma tidak ditemukan pada beberapa literatur terkini, sehingga dapat saya simpulkan Zibramax tidak merusak kualitas sperma. Kecuali tetrasiklin yang sudah terbukti menurunkan kualitas sperma sehingga penggunaan tetrasiklin sudah dikurangi/dihilangkan

      Penurunan kualitas dan jumlah sperma biasanya terkait dengan kondisi tubuh secara keseluruhan dan kondisi psikologis seseorang. Oleh karena itu saat merencanakan memiliki anak sebaiknya keduanya dalam kondisi baik secara fisik dan psikologis

      Semoga dapat membantu pemahaman Bpk tentang vialis/viagra dan Zibramax

      Delete
  50. Selamat pagi pak,
    Saya mau tanya, apakah seorang ibu yg sedang masa menyusui jika mengkonsumsi banyak obat2an kimia bisa menyebabkan pembesaran pada kepala sang bayi? karena sejak awal hamil sampai 1 bulan setelah melahirkan istri saya setiap hari minum CAL95 (calsium) dan Folamil genio, ditambah obat2an herbal (jamu setelah melahirkan). Kemudian, berapa persen calsium yang masuk ke ASI untuk dikonsumsi sang bayi dari total calsium yg dikonsumsi sang ibu?

    Wassalam,
    Hainur Rasyid

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk Rasyid Al Kisarani, terimakasih sudah berkunjung pada blog Dunia Farmasi.

      ada banyak penyebab pembesaran kepala bayi yaitu infeksi toxoplasma yang menyebabkan hydrocefalus, genetik, meningitis, tumor dan cedera kepala. terkait dengan obat2an kimia yang memiliki index keamanan pada wanita hamil pada grade C yaitu bersifat teratogenik yg dapat mengakibatkan kecacatan pada janin. sehingga pertanyaan Bpk Rasyid perlu dipertajam lagi obat2an dan obat herbal tersebut nama merk atau zat aktif obatnya apa..

      CAL95 memang biasa diresepkan pada wanita hamil tetapi obat ini memiliki index keamanan wanita hamil pada grade C sehingga penggunaannya perlu perhatian khusus dokter spesialis kandungan.index keamanan wanita hamil pada grade C digunakan jika manfaat obat tersebut lebih besar daripada efek samping pada janin karena belum lengkapnya penelitian pada wanita hamil.

      Folamil genio bukan obat melainkan suatu vitamin yang digunakan sebagai multivitamin dan mineral selama masa kehamilan dan menyusui. dosisnya adalah 1 kapsul/hari. untuk pertanyaan terakhir akan lebih baik jika dijelaskan oleh keilmuan yang lebih tepat tentang kehamilan yaitu bidan atau dokter spesialis kandungan.

      terimakasih, semoga membantu

      Delete
  51. selamat malam pak,nama saya michael
    saya mempunyai ayah dengan umur 51 thun BB 75 kg dan TB 173 cm. Beliau menderita trombositemi esensial

    yang ingin saya tanyakan
    bagaimana pengobatan terbaik yang sesuai untuk ayah saya ? dan jika menggunakan obat-obatan,adakah obat yang efektif namun lebih murah dari pada agrylin ?

    adakah zat lain yang berfungsi sama seperti fungsi anagrelide HCl pada agrylin ?

    adakah hewan atau tumbuhan yang dapat dikonsumsi guna penyembuhan penyakit ini ?

    Terima Kasih atas tanggapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk Michael
      Pengobatan Thrombocytopenia sebaiknya ditangani oleh dokter subspesialis darah atau hematologist. Berdasarkan informasi yang Bpk sampaikan tidak menyebutkan jenis Thrombocytopenia yang dialami karena cara pengobatannya akan berbeda. Pengobatan Thrombocytopenia sebaiknya tidak dilakukan sendiri/mandiri karena menggunakan obat-obat yang bersifat cytotoxic yang dapat menyebabkan kanker pada area sel sehat yang terkena obat tersebut atau terhirup. Mohon maaf Bpk untuk kelengkapan jawaban Bpk sebaiknya ditanyakan pada hematologist di RS besar, karena jawaban akan lebih terperinci dan detail jika dijawab oleh ahlinya.

      semoga bermanfaat dan semoga Orang tua Bpk Michael dapat segera pulih

      Delete
  52. Saya mau tanya apakah ada obat atau jamu untuk memperbesar penis? Kalau ada namanya apa dan apa efek

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang,
      berdasarkan penelitian ilmiah kami belum menemukan ada obat yang bisa membesarkan penis tetapi untuk mengatasi disfungsi ereksi sudah ada dari tahun 1998 dengan merk viagra, levitra, cialis. silahkan Bpk/ibu menuju link ini http://farmatika.blogspot.com/2012/11/tiga-obat-kuat-menggemparkan-kaum-pria.html
      semoga bermanfaat

      Delete
  53. Saya terkena infeksi pasca operasi tulang kaki kiri.Sehingga kulit kaki saya juga terinfeksi. Apakah Albotyl bisa di campur dg cairan PZ untuk membersihkan luka infeksi dikulit kaki saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk/Ibu
      Albothyl dan cairan PZ bisa digunakan untuk pembersihan luka tetapi tidak menyembuhkan infeksi yang terjadi jikaakan menggunakan cairan pembersih luka (antiseptik) sebaiknya gunakan salah satu saja Albothyl yang diencerkan atai cairan PZ saja.
      semoga lekas sembuh

      Delete
    2. Terimaksih Pak Aji. Kalau sy campur albothyl dengan air minum kemasan seperti Aqua apakah air campuran itu akan menjadi seteril. Terimakasih atas bantuannya.

      Delete
    3. pencampuran dengan air meneral bertujuan untuk pengenceran agar kosentrasi/kadar Albothyl tidak terlalu "keras" untuk lapisan mukosa seperti mulut dan bagiuan luar vagina. jadi bukan digunakan untuk penyeteril air meneral lalu bisa dimanfaatkan untuk minum. hal tersebut salah besar karena Albothyl hanya digunakan untuk bagian luar tubuh.

      Delete
  54. Aslm...saya mo tanya...TBC pada anak usia 5 tahun bisa sembuh total gak???n putri saya terapy minum obat selama 10 bulan obat serbuk merah&putih...
    krn sya baca di internet jika anak2 mengkonsumsi obat dlm jangka panjang akan mngurangi daya ingat maka stelah 10 bulan utk mjga kondisi tubuhx sya beri putri sya obat madu syifa kids ISPA& Flek paru...krn stelah 10 bln minum obat tiap hari Dr.x gamau rongcent kulang paru2 anak sya...
    usia putri sya 5,5 thn BB = 15 kg...
    mohon penjelasanx...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam ibu Anna, terimakasih sudah mengujungi blog saya, semoga bermenfaat

      TBC bisa sembuh total jika pengobatannya tepat dan disiplin tiap waktu minum obat serta tidak ada dosis obat yang terlewatkan satu pun. perlu dipertimbangkan adalah pemeriksaan kemajuan terapi biasanya setiap bulan untuk melihat efektifitas terapi terhadap bakteri TBC pada anak ibu. pemberian madu tidak berinteraksi dengan obat2 TBC walaupun begitu sebaiknya diberikan jeda sebelum jadwal minum obat atau setelahnya. pengobatan efektif TBC adalah selama 6 bulan dan wajib tidak ada obat yang terputus. jika gagal maka terapi akan digantikan dengan kelas obat lebih tinggi lagi.

      Saran saya sebaiknya dilakukan rontgen dan test sputum untuk memastikan kesembuhan anak ibu.
      semoga membantu dan semoga lekas sembuh

      Delete
  55. aslm....apa TBC/flek paru pada anak usia 5,5 thn bisa sembuh total

    ReplyDelete
    Replies
    1. TBC bisa sembuh total jika pengobatannya tepat dan disiplin tiap waktu minum obat serta tidak ada dosis obat yang terlewatkan satu pun. perlu dipertimbangkan adalah pemeriksaan kemajuan terapi biasanya setiap bulan untuk melihat efektifitas terapi terhadap bakteri TBC pada anak ibu

      Delete
  56. juli
    29 tahun 157/60
    Pak aji yang baik,,mau tanya tentang cara minum obat :
    KEMASAN
    Tablet 200 mg x 5 x 10 biji.


    DOSIS
    Dewasa : 1 tablet sekali sehari.
    Infeksi berat : 2 tablet perhari.

    Infeksi berat : 2 tablet perhari. maksudnya sekali minum 2 tablet atau 1 tablet pagi 1 tablet sore
    terimakasih
    maaf jika pertanyaanya 2 kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk/ibu
      maaf obat yang dimaksud apakah masuk dalam jenis antibiotik ? sayang sekali Bpk/ibu tidak menyertakan informasi nama obatnya. tapi saya perkirakan obat tersebut adalah antibiotik ofloxacin. berdasarkan informasi pertanyaan yang dimaksud 2 tablet per hari adalah obat diminum 2x dalam sehari 1 tablet dengan jeda tiap 12 jam. untuk lebih jelasnya segera tanyakan pada Apoteker di Apotek terdekat.
      semoga membantu

      Delete
    2. juli
      29 tahun 157/60
      Pak aji yang baik,,mau tanya tentang cara minum obat :
      KEMASAN
      Tablet 200 mg x 5 x 10 biji.


      DOSIS
      Dewasa : 1 tablet sekali sehari.
      Infeksi berat : 2 tablet perhari.

      Infeksi berat : 2 tablet perhari. maksudnya sekali minum 2 tablet atau 1 tablet pagi 1 tablet sore
      terimakasih
      maaf jika pertanyaanya 2 kali

      nama obat FORMYCO 200mg[ketoconazole] antifungal Pak. terimakasih

      Delete
    3. khusus penggunaan ketokonazole 2 tablet perhari = sekali minum 2 Tablet 200mg sekaligus tiap hari.

      Delete
  57. selamat siang pak aji..
    Saya Melly, umur 27thn, tinggi 168cm, berat 52kg.
    Bulan lalu saya ke dokter spesialis kelamin. krn di bibir vagina saya ada bintil2 bergerombol. rasanya perih,gatal dan panas. kata dokter saya terkena herpes genital. tapi utk memastikan,saya disuruh test lab. saya juga diberi obat acyclovir 400mg,diminum 3x sehari selama seminggu, dan obat salep acyclovir 5% dioleskan 5x sehari. dan setelah test lab, ternyata benar saya terkena herpes.
    setelah konsumsi obatnya selama seminggu memang ada perubahan lebih baik,tapi di bibir vagina masih ada bintil2 nya. jadi saya berinisiatif utk membeli obatnya lagi dan mengkonsumsinya selama seminggu. setelah penambahan obat, bintil2 nya berkurang lagi, tapi tetep masih ada satu dua di bibir vagina saya. dan konsumsi obat saya hentikan hari selasa tgl 6nov walaupun msh ada bintil2nya
    dan kemarin saya berhubungan dgn suami,sudah sebulan saya tidak berhubungan krn herpes.saat berhubungan,bibir vagina saya terasa perih dan sakit,bibir vagina sebelah kiri jadi bengkak. memang di area inilah awalnya infeksi herpes terjadi. dan di wilayah inilah yg bintil2 nya masih ada.
    kemudian saya oleskan acyclovir salep.tadi pagi setelah mandi saya oleskan lagi acylovir, dan saya liat bintil2 nya bertambah dari tadi malam.
    Apa yg hrs saya lakukan pak? saya jadi trauma berhubungan dgn suami.
    selama setahun ini memang kami selalu oral seks dan tidak ada keluhan apa2. baru bulan lalu ada kejadian sperti ini.
    1. apakah infeksi ini tidak bisa tuntas krn obat yg saya pakai generik? tapi itu adalah resep dari dokter spesialis kelaminnya?
    2. kemarin saya ke apotek minta obat salep yg paten. saya dikasih clinovir cream acyclovir 5%. saya baca di indikasinya "utk infeksi selaput lendir termasuk herpes genitalis". tapi di peringatan dikatakan tidak boleh utk mulut mata dan vagina. saya bingung, krn antara indikasi dan peringatan saling bertolak belakang.
    jadi obat paten apa yg aman dan terjangkau harganya yg hrs sy oleskan ke vagina agar bintil2 nya bisa ilang tuntas? apakah perlu saya mengkonsumsi tablet acyclovir lagi? dosisnya bagaimana pak? apakah aman jika sering mengkonsumsi anti virus dan mengoleskan krim acyclovir di vagina?
    3. bagaimana supaya herpes ini bisa tuntas? terutama bintil2 yg ada di bibir vagina saya?
    4.saya takut terkena kanker krn ini. apa ini bisa menyebabkan kanker ato susah mendapat keturunan? adakah imunisasi utk herpes genital?
    Tolong bantu saya pak, saya benar2 trauma berhubungan dengan suami jadinya. saya takut ada apa2
    Trima kasih banyak pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang ibu Melly, terimakasih sudah mengunjungi blog saya semoga bermanfaat. cerita ibu sangat lengkap sehingga saya bisa menganalisanya lebih lengkap, tetapi saya akan coba bahas satu persatu terutama terkait dengan pengobatannya. Yaitu terapi acyclovir.

      Penggunaan Acyclovir untuk pengobatan herpes genital seperti yang dijelaskan oleh Ibu melly sebaiknya dalam jangka waktu 7-14 hari dengan dosis 400 mg 2x sehari. Penggunaan 3x sehari pada dosis acyclovir 400 mg menurut saya dan beberapa literatur, pemberian 3x 400mg termasuk dalam kategori over dosis karena penggunaan 400 mg 3x sehari artinya 400mgx3=1200mg/hari sedangkan dosis maximal acyclovir oral adalah 800mg-1000mg untuk orang dewasa. Karena penggunaan dosis yg terlalu tinggi ini sudah berjalan hampir 1 bulan lebih serta ada kemajuan efek terapinya. Saya sarankan untuk kembali berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Pengobatan herpes memang memakan waktu lama walaupun tanda-tandanya sudah hilang hal ini bertujuan untuk menghindari kekambuhan virus tersebut.

      1. pengobatan obat generik atau obat bermerk sama saja efektifitasnya, karena sama-sama menggunakan zat aktif obat yg sejenis. Bedanya hanya pada kemasan obat bermerk lebih terlihat baik daripada obat generik. (secara khasiat sama). Pengobatan herpes simplex diwajibkan minimal 10 hari dengan oral dan cream acyclovir. Bukan 1 minggu. Jika dalam 10 hari belum membaik tuntas sebaiknya konsultasikan kembali pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Pada pasien herpes simplex kambuhan pengobatan dapat memakan waktu hingga 12 bulan untuk benar-benar memastikan virus mati.

      2. indikasi herpes tidak hanya pada selaput lendir (mukosa), infeksi virus ini bisa pada kulit lain di seluruh tubuh acyclovir cream memang tidak untuk daerah dalam vagina (labia mayora dan labia minora) atau bagian dalam vagina. Cream ini hanya digunakan untuk infeksi herpes genitalis di daerah luar sekitar vagina.

      Untuk menjawab perlu atau tidak meminum acyclovir kembali diperlukan pemeriksaan lab lengkap terkait dengan infeksi virus ini. keamanan pada setiap obat sudah melalui sederet penelitian yang ketat sehingga jika obat digunakan dengan tepat untuk indikasi yang tepat maka obat akan lebih bermanfaat dan aman daripada tidak diobati sama sekali. Jadi, Ibu tidak perlu takut untuk kembali diterapi dengan obat acyclovir oral.

      Catatan penting sebelum menggunakan obat acyclovir oral adalah jika Ibu berencana hamil segera konsultasikan kepada dokter kandungan karena obat ini termasuk dalam kategori keamanan B pada ibu hamil. Obat dalam kategori ini diberikan pada wanita hamil jika memang sangat diperlukan.

      3. herpes bisa sembuh jika pengobatannya tepat dan disiplin dalam meminum obat serta tidak berhubungan badan tanpa pelindung (kondom) selama proses penyembuhannya. Menjaga kondisi tubuh dengan cara berolah raga agar kondisi imunitas ibu mely tetap dalam keadaan baik, agar herpes tidak kambuh. Virus herpes tidak mati total tetapi jika sudah sembuh maka virus ini dalam keadaan dormant (tidak aktif) karena sistem imunitas kita akan terbentuk lebih kuat dan perlu dijaga. Celana dalam yang biasa dipakai perlu dicuci dan direndam dengan air panas dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

      4. maaf ibu, sampai saat ini saya belum pernah membaca/mendengar jika virus herpes dapat menyebabkan kanker dan imunisasi herpes menggunakan vaksin varisela zoster, untuk mendapatkannya silahkan hubungi Rumah Sakit besar dikota ibu. Walaupun begitu beberapa ahli masih memperdebatkan efektifitas vaksin ini terhadap herpes simpleks.

      Semoga dapat membantu kesembuhan ibu melly, jika masih ada yang perlu ditanyakan silahkan klik reply. Salam Apoteker

      Delete
    2. Terima kasih pak aji buat penjelasannya.. saya merasa sedikit lega kalo herpes tidak menyebabkan kanker. Saya memang belom planning hamil. mungkin thn dpn.
      Dari penjelasan bapak, sepertinya aman utk mengkonsumsi acyclovir jika memang herpes saya belom tuntas. bagaimana dgn dosisnya pak yg aman?
      1. Dari penjelasan bpk, supaya tidak overdosis berarti saya konsumsi 2x sehari dosis 400mg?
      dan oleskan acyclovir salep 5x sehari?
      acyclovir oral dan salep ini minimal 10 hari kan pak? jika belum tuntas juga bagaimana pak?? apa saya harus perpanjang sampe 10 hari ke depan nya lagi?
      2. apa faktor penyebab herpes saya belom tuntas pak?? apakah ada penderita herpes yg mengalami seperti saya,yg lebih dari 10 hari tapi masih belum tuntas?
      3. apa tanda2/ciri2 kalo herpes saya sudah tuntas?
      4. Perlukah saya mengkonsumsi suplemen utk daya tahan tubuh saya? sbg informasi, saya sudah mengkonsumsi stimuno+Ester C tiap hari spy stamina saya fit.

      Mohon bantuannya pak. terima kasih banyak

      Delete
    3. pa aji,saya hendro,umur 42,TB 165 BB 65.kenapa bisa timbul efek samping batuk bila minum captopril dan apa pengertian dari biotransformasi?terima kasih.

      Delete
    4. Selamat malam ibu melly, mohon maaf saya baru bisa menjawabnya sekarang karena kesibukan beberapa hari ini.

      1. dosis yang saya anjurkan berdasarkan pada informasi dari sumber terpercaya terkait Acyclovir dan melihat kondisi Body mass index ibu pada range normal sehingga tidak diperlukan penyesuaian dosis kembali. Tetapi hal tersebut perlu dikonsultasikan kembali kepada dokter yang meresepkan karena dimungkinkan adanya pertimbangan lain. penggunaan Acyclovir minimal 7-14 hari dan diminum secara berlanjut (tidak ada obat yang terlewatkan/lupa). Jika masih ada tanda2 herpes pada kulit sebaiknya dilanjutkan kembali 7-14 hari.

      2. herpes adalah suatu virus bukan bakteri jadi bisa dimungkinkan kambuh. Penderita herpes simplex kambuhan diwajibkan untuk diterapi dengan Acyclovir dalam jangka waktu 6-12 bulan. pertanyaan no 2 dan 3 ibu akan lebih jelas dan akurat jika dijawab oleh profesi yang berkompeten yaitu dokter spesialis kulit atau dokter umum.

      4. penggunaan suplemen adalah jika asupan makanan yang ibu makan belum mencukupi gizi harian ibu misal dalam 1x makan terdapat sumber karbohidrat, lemak sayuran dan buah. Jika sudah terpenuhi maka vitamin dan stimuno tidak diperlukan. Sebaiknya ibu tidak mengkonsumsi vitamin C dan Stimuno setiap hari dalam jangka waktu lama (30 hari lebih) karena dalam vitamin C dapat menyebabkan pengeroposan gigi dan tulang. Stimuno bisa menyebabkan respon imun tubuh berlebihan seperti pada penyakit auto imun yang tubuh justru menyerang sel sendiri. Gunakan vitamin dan suplemen hanya pada saat anda merasa kelelahan saja. Pengingkatan daya tahan tubuh bisa dengan berolahraga kecil seperti jalan kaki 30-60 menit per hari.

      Semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
    5. selamat pagi Bpk Hendro, maaf kami baru bisa menjawabnya sekarang karena kesibukan beberapa hari ini.

      Captopril memang memiliki efek samping batuk kering yang sering dirasakan oleh sebagian besar pasien pengguna captopril, mekanisme terjadinya batuk kering adalah Captopril merupakan golongan Antihipertensi angiotensin converting enzyme inhibitor (ACE Inhibitor) obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan Angiotensin 1 menjadi angiotensin 2 maka cairan tubuh banyak yang keluar sebagai urin. salah satu cairan tersebut adalah meneral Na yang bertanggungjawab pada kejadian hipertensi. jadi jika Angiotensi 2 tidak terbentuk maka pembuluh darah akan melebar dan tekanan darah menurun. penghambatan Angiotensin 2 juga berdampak pada produksi bradikinin yg berefek pada pelebaran pembuluh darah dan terakumulasi pada saluran napas sehingga menyebabkan batuk kering.

      Biotransformasi akan lebih jelas pada penjelasan yang ditulis oleh rekan saya disini http://moko31.wordpress.com/2010/03/29/biotransformasi/

      semoga dapat membantu pemahamamn Bpk Hendro

      Delete
  58. Siang pak, saya dea, ibu dari anak saya 11 bulan.
    Setiap obat pasti punya efek samping. yang ingin saya tanyakan apakah semua efek samping obat tersebut bisa tersekresikan oleh tubuh semua? anak saya 11 bulan pernah mengalami kejang demam ketika usia 10 bulan dan ketika 11 bulan. beberapa obat telah dikonsumsi seperti diazepam, proris, ikhapen, dll (sesuai dengan anjuran dokter anak) walaupun dalam jangka pendek (3 sampai 5 hari). saya ingin meyakinkan bahwa anak saya tetap akan tumbuh kembang sempurna seperti anak2 yg lainnya. mohon pencerahannya. oh ya anak saya full asi dan MPASI Homemade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam ibu dea
      Efek samping merupakan efek lain dari suatu obat yang digunakan untuk terapi penyakit tertentu tulisan tentang efek samping sudah pernah saya bahas di sini http://farmatika.blogspot.com/2012/07/efek-samping-obat-dan-cara.html. efek samping akan berkurang atau hilang karena kadar obat yang terkandung dalam darah akan menurun seiring berjalannya waktu tergantung pada nilai T1/2 suatu obat yaitu waktu dimana kadar obat dalam darah tersisa ½’nya sampai tereliminasi sempurna dari tubuh. Pada saat itu efek samping obat juga akan menghilang. Hal ini berlaku pada obat-obat’an yang digunakan dalam jangka waktu pendek (< 15 hari). Pada obat-obat’an yang digunakan dalam jangka waktu lama maka kadar obat dalam tubuh juga akan terakumulasi sehingga efek samping yang timbul juga akan bertahan lama. Penanganan pada kejadian yang ibu alami sudah tepat dengan pemberian obat-obat tersebut dalam jangka waktu pendek. Jaga kesehatan anak karena masih rentan terhadap penyakit menular seperti flu yang disertai demam. Siapkan termometer keluarga pantau terus suhu tubuh anak jika mulai demam lagi,sebaiknya suhu anak pada rentang (36,5C-37,5C) jika sudah mendekati 38C sebaiknya segera dibawa ke RS. Tumbuh kembang anak akan tetap baik, disertai dengan asupan gizi yang sesuai dengan umur dan berat badannya. Informasi terkait dengan gizi dan tumbuh kembang anak bisa ditanyakan pada ahli gizi dan dokter spesialis anak.

      Semoga membantu dan sehat selalu untuk anak ibu dea, Salam Apoteker

      Delete
  59. apakah captopril dan digoxin aman d konsumsi seumur hidup pd px hypertensi dan jantung? Apakah tidak berpengaruh k ginjal

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi Bpk Sugeng
      Captopril dan digogxin relatif aman pada penggunaan jangka panjang dengan catatan untuk pasien tanpa komplikasi penyakit lain seperti gagal ginjal. Captopril memang berpengaruh pada fungsi ginjal oleh karena itu pemberian dosis captopril adalah yang ter'rendah dahulu pada pemberian pertama serta dilakukan kontrol fungsi ginjal setiap bulan untuk mengetahui dampak negatifnya. pada pasien hipertensi jika tidak diobati karena takut berpengaruh pada ginjal, maka kerusakan ginjal akibat hipertensi itu sendiri lebih berbahaya daripada efek samping yang disebabkan oleh captopril.

      diperlukan informasi kesehatan dan pengobatan Bpk lebih lengkap untuk menentukan obat apa yang tepat untuk Bpk Sugeng. hindari pencetus darah tinggi seperti stres, dan lakukan olahraga kecil untuk menjaga tekanan darah tetap pada rentang normal

      Semoga membantu kesehatan Bpk.

      Delete
  60. Nama saya Rere, Umur 22 thn, Berat dan Tinggi Badan saya 50 kg, 148 cm.
    Saya menderita keputihan selama 1 tahun.
    Keputihan saya berwarna putih susu, tdk gatal dan tdk berbau.
    Saya selalu melakukan papsmear 1 tahun sekali dan hasilnya tetap sama yaitu terkena bakteri.
    Sblmnya saya dikasih resep dokter flagystatin vaginal ovule 5 biji namun masuh blm berkurang keputihan saya.
    Saya mau tanya, apakah guna obat zibramax?
    Bisa kah untuk mengobati keputihan saya?
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mba' rere
      Zat aktif dalam zibramax adalah Azitromicyn yang memiliki daya anti bakteri kuat. tetapi penggunaan obat ini harus dan wajib dengan resep dokter karena Azitromicin hanya digunakan untuk infeksi berat.

      keputihan ringan sebenarnya bisa menggunakan Albotyl yang diencerkan dan digunakan untuk mencuci daerah kewanitaan mba' rere sehingga tidak diperlukan minum obat.

      untuk lebih jelasnya tentang penyakit atau infeksi keputihan tersebut sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin.

      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
    2. Lalu kalau govazol gunanya untuk apa?
      Apakah bisa untuk mengobati keputihan saya?
      Terima kasih

      Delete
    3. indikasi govazol dengan zat aktif Flukonazol
      Blastomycosis
      Bone Marrow Transplantation
      Candida Infections, Systemic
      Candida Urinary Tract Infection
      Chronic Mucocutaneous Candidiasis
      Coccidioidomycosis
      Coccidioidomycosis, Meningitis
      Cryptococcal Meningitis, Immunocompetent Host
      Cryptococcosis
      Esophageal Candidiasis
      Fungal Infection Prophylaxis
      Fungal Infection, Internal and Disseminated
      Fungal Peritonitis
      Fungal Pneumonia
      Histoplasmosis
      Onychomycosis, Fingernail
      Onychomycosis, Toenail
      Oral Thrush
      Tinea Corporis
      Tinea Cruris
      Tinea Versicolor
      Vaginal Yeast Infection

      tidak ada literatur yang menyebutkan govazol dapat mengatasi keputihan, sebaiknya ibu konsultasi kepada dokter kembali dan meminta diagnosis lengkap

      Delete
  61. andi
    29 th 165/60
    Pak aji yang budiman
    saya mau tanya kalau Tinea Cruris Akut dengan lesi Luas
    berapa lama pengobatan dengan ketoconazole 200Mg.?
    2 tablet per hari. apakah 2 / 4 pekan..? dan apa ciri tinea cruris itu sembuh
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk Andi
      pengobatan ketokonazole sebaiknya 10-15 hari tanpa ada obat yg lupa terminum. maksud 2 tablet per hari adalah 2x dalam sehari pada dosis 200mg. misal bpk minum 1 tablet ketokonazole 200mg pada jam 07.00 maka 1 tablet lagi diminum pada jam 19.00. untuk mengetahui ciri kesembuhan dari tinea curtis sebaiknya Bpk konsultasikan pada dotker sesialis kulit dan kelamin karena bidang keilmuan tersebut berkompeten untuk menjawab pertanyaan Bpk.

      Terimakasih, Salam Apoteker

      Delete
  62. slmat mlm pak,,,
    saya mau nanyak
    obat ap yg baik qta minum kalo vagina sakit?
    trmaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mba' vivri, maaf informasi "sakit" yang mba' sampaikan sepertinya masih kurang lengkap. sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan "sakit" yang mba vivri rasakan.

      Delete
  63. permisi pak saya mahasiswa jurusan kesehatan. maaf pertanyaan bukan mengenai obat tapi mengenai sistim pengobatan di indonesia.
    di atas bapak menerangkan klo dokter dan apoteker memiliki fungsi yang berbeda.

    Pertanyaan saya:
    1. bagaimana pendapat bapak tentang praktek dokter/perawat/bidan yang melakukan dispensing obat?
    2. bagimana pula dengan praktek Apotek yang memperbolehkan pembeli membeli obat keras terbatas bahkan psikotroika kepada pelanggannya tanpa resep?
    3. kira2 solusi yang baik terhadap dua masalah di atas seperti apa ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungan mas/mba mahasiswa kesehatan. Pertanyaan anda sudah sering kali dibahas di forum diskusi dokter atau apoteker. Benar sekali dokter dan Apoteker memiliki peran masing-masing dalam dunia kesehatan. Dokter lebih banyak mengenal bagian anatomi tubuh manusia dan bagaimana patofisiologi suatu penyakit muncul (diagnosa penyakit). Peran Apoteker khususnya Apoteker bidang klinis seharusnya adalah sebagai pendamping dokter dalam menentukan terapi obat yang tepat walaupun dokter juga menentukan obatnya. Tugas Apoteker klinis adalah menganalisa obat-obat yang sudah diberikan.

      1. permasalahan terkait dengan dispensing sangat pelik dan tidak selesai-selesai jika ada faktor pengganggu lain yaitu “bisnis”. Dalam aturan perundangan sudah sangat jelas dijelaskan apa kewenangan dokter,perawat,bidan dan Apoteker. Selain Apoteker profesi kesehatan lain bisa/boleh memberikan obat tanpa resep dengan catatan berada di daerah terpencil dan jauh dari akses Apotek dan Apoteker. Perawat dan bidan boleh memberikan obat pada batas maksimal obat bebas terbatas atau label biru dan label hijau. Dokter bisa memberikan semua label obat. Tetapi tetap pada ketentuan berada di daerah terpencil dan jauh dari akses Apotek dan Apoteker. Apoteker’pun ada pembatasan ada obat-obat yang boleh diberikan tanpa resep dokter yaitu obat label hijau dan biru serta obat label obat keras dalam daftar obat wajib apotek. Jika masing-masing mengerti aturan tersebut dan menjalankannya secara ikhlas tanpa ada faktor “bisnis” maka permasalahan dispensing ini bisa teratasi.

      2. tidak ada obat keras terbatas, mungkin maksud anda adalah bebas terbatas. Obat bebas dan bebas terbatas bisa diperjual belikan bebas dengan atau tanpa resep dokter. Apoteker memiliki dasar hukum daftar Obat wajib Apotek yaitu obat-obat yang bisa/boleh diberikan oleh Apoteker kepada pasien tanpa resep dokter tetapi disertai informasi yang cukup terkait penggunaan dan peringatannya. Obat psikotropika dan narkotika diwajibkan menggunakan berkas resep yang lengkap karena penggunaan obat ini diawasi oleh dinkes dan BPOM setempat serta pelaporan penggunaannya setiap bulan. Jika ada Apotek yang melanggar maka akan diberikan sangsi sesuai pada pelanggarannya sampai dicabut ijin operasi apotek.

      3. menurut saya solusi terbaik adalah sadar pada tugas dan fungsi masing-masing profesi kesehatan, karena pekerjaan kesehatan tidak hanya bisnis ekonomi saya tetapi ada unsur sosial terhadap sesama manusia agar tidak merugikan pasien yang sudah sakit tetapi malah dimanfaatkan oleh para pekerja kesehatan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa bisnis dan pekerjaan kesehatan akan tetap berjalan jika ada orang sakit tetapi apakah nurani kita juga akan mengatakan “semoga banyak orang yang sakit ??” saya rasa tidak.

      Delete
  64. Selamat malam pak, saya ingin bertanya..

    Maaf kalau bisa dijawab agak cepat krn saya membutuhkan informasi secepatnya tentang ini.

    Sekitar tiga minggu yang lalu setelah hasil ronsen keluar, katanya saya diduga mengindap bronkhitis biasa, yang disertai dengan sinusitis juga. Lalu saya diberikan empat macam obat oleh Prof. Hadiarto Mangunnegoro (Profesor spesialis paru di RS Asri Kalibata) dan Dr Iqbal (spesialis THT di RS Asri Kalibata). Dua diantaranya yang saya hentikan penggunaannya adalah nasonex dan Aldisa SR. Lalu baru hari jumat kemarin saya sempat kontrol, dan kata dokter THT nya sudah baikan, tidak ada lagi infeksi di hidung saya, tetapi Aldisa SR dan Nasonex tetap perlu dihabiskan. Saya juga mengeluh masih ada sedikit susah nafas (bukan sesak nafas) dan kata dokter THT saya setelah di teropong kedalam tenggorokan dia bilang asam lambung naik. Saya juga kontrol ke profesor paru dan dia juga bilang kemungkinan ada maag. Dan hasil tes darah juga menunjukkan lgE total saya mencapai 533,2 dan leukosit saya lebih besar dari kadar normal, dan kata prof nya saya juga ada alergi.

    Intinya, saya diberikan obat baru dengan spesifikasi resep :

    1. Zibramax 500 1x1

    2. - Salbutamol 1
    - Teofillin 60
    - Bisolvon 1 tab
    - Cetirizine 1/2 cap
    - ada informasi tertulis (MF cap dtd NO XXX) S 2X1

    3. Ranitidine 150 XV 2x1

    Sekarang nafas saya masih tidak enak dan masih belum mengkonsumsi obat baru ini karena Prof nya bilang saya disuruh menghabiskan Aldisa SR dan nasonex nya terlebih dahulu baru mengkonsumsi obat-obatan ini karena saya bilang aldisa nya tinggal untuk 2 hari lagi, ternyata masih untuk 4 hari.

    Apakah obat-obatan ini tidak boleh dipakai bersamaan dengan aldisa dan nasonex ? Karena perkiraan saya, kemungkinan aldisa dan nasonex ini baru akan habis hari selasa (20/11/2012) nanti.

    Mohon jawaban dan tanggapan secepatnya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mas Angga Raditya, terimakasih sudah memberikan informasi yang lengkap terkait dengan pengobatan anda.

      Singklat kata dari pertanyaan mas Angga adalah ada atau tidak interaksi antara komponen obat ALDISA SR, NASONEX dengan obat-obatan yang baru diresepkan yaitu Zibramax (Azitromicin), Racikan Salbutamol, Theophiline, Bisolvon, Cetirizine dan Ranitidine.

      Setelah saya analisis ternyata komponen Zat aktif obat dalam Aldisa dan nasonex banyak ditemukan interaksi antar obat yang akan berpengaruh negatif terhadap efektifitas terapi zat aktif obat yang terkandung dalam Aldisa dan nasonex. Saya contohkan interaksi antara Zibramax (Azitromicin) dengan Aldisa SR (Loratadin) akan meningkatkan efek obat Zibramax dari yang semestinya. Perlu dimengerti bahwa obat perlu bekerja secara optimal bukan maksimal seperti pada contoh walaupun meningkatkan efek obat Zibramax bukan berarti akan berdampak baik bagi kesembuhan. Interaksi lainnya adalah komponen obat Nasonex (mometasone) dengan komponen obat Salbutamol dalam racikan. Interaksi yang terjadi adalah menurunkan kadar potasium tubuh. Selain 2 interaksi tersebut masih ada 8 interaksi lain yang kemungkinan dapat terjadi dalam tubuh.

      Saran saya adalah tetap gunakan terlebih dahulu obat Nasonex dan Aldisa SR sampai habis. Pengobatan sinusitis karena infeksi diperlukan pengobatan tuntas. Setelahnya, diminum obat yang baru diresepkan sesuai petunjuk penggunaannya. Azitromicin sebaiknya diminum pada waktu yang sama, misal mas Angga meminum 1 butir obat Azitromicin (zibramax) pada jam 8 pagi maka pada hari ke 2 dan ke 3 juga diminum pada jam 8 pagi. Zibramax sebaiknya diminum saat perut kosong yaitu 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan agar penyerapan dalam tubuh lebih baik. Ranitidine dan obat racikan bisa diminum sebelum atau sesudah makan atau disamakan dengan cara minum Zibramax juga bisa.

      Semoga membantu dan semoga lekas sembuh, Salam Apoteker

      Delete
    2. Terima kasih mas aji atas jawabannya, saya bisa tenang skrg untuk meminum obatnya. Tetapi, kira-kira besok tanggal 20/11/2012 Aldisa SR nya sudah habis di pagi hari. Apakah obat yang baru langsung boleh diminum pada siang hari / sore harinya juga ? Terima kasih.

      Delete
    3. berdasarkan waktu paruh (T1/2) dari zat aktif obat Nasonex dan Aldisa memiliki nilai 8 jam, artinya setelah 8 jam kadar obat dalam darah tinggal 1/2'nya sehingga masih terdapat zat aktif obat Nasonex dan Aldisa dalam tubuh. walaupun biasanya tidak berpengaruh signifikan/berdampak saat itu juga tetapi sebaiknya menghindari interaksi obat yang bersifat mayor.

      misal terakhir menggunakan Aldisa dan nasonex pada jam 8 pagi maka T1/2 pada sekitar jam 16.00. mas Angga dapat meminum obat barunya pada jam 21.00 atau mulai meminum pada hari berikutnya.

      semoga lekas sembuh, Salam Apoteker

      Delete
  65. Oh ya info tambahan, tinggi saya sekitar 173, berat saya 89kg , Umur 21 tahun, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Body Mass Index anda termasuk dalam kategori gemuk hampir mendekati obesitas, sebaiknya dibarengi dengan olahraga dan diet penurunan berat badan agar tidak mengganggu metabolisme obat yang masuk dalam tubuh.

      Delete
  66. siang pak aji,,
    sebelumnya perkenalkan nama saya nafiah, perempuan, usia 29 tahun, BB 43kg TB 154cm.

    saya adalah penderita anxiety. oleh dokter saya diberi apazol 1mg yg hrs diminum setiap malam. saya mau tanya, saya pernah baca bahwa penggunaan alprazolam lebih dari 1 minggu akan menimbulkan ketergantungan, betul ga pak ? apakah boleh apazol itu saya gunakan hanya saat anxiety saya kumat saja ? kalo seperti itu, berapa dosis yang harus saya makan saat kumat ?

    makasih banyak sebelumnya pak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore mba nafiah, benar sekali Apazol dengan zat aktif obat Alprazolam dapat menyebabkan ketergantungan pada penggunaan jangka panjang, studi di inggris menyatakan jangka panjang adalah 2-4 minggu. Perlu diketahui bahwa penggunaan dosis awal Alprazolam sebaiknya dengan dosis terkecil dahulu yaitu 0.25 atau 0.5 mg 3x sehari tetapi mungkin dotker anda memiliki pertimbangan lain sehingga meresepkan 1 mg 1x sehari. Terapi Ansietas dengan obat-obatan adalah menahan sementara agar tubuh merasa tenang sehingga reaksi cemas tidak terbentuk. Terapi disarankan selama 1-2 minggu saja dan penghentiannya tidak diperbolehkan secara langusng berhenti meminumnya. Cara berhenti kosumsi Alprazolam adalah dengan penurunan dosis obat. Misal mba’ nafiah minum Alprazolam pada dosis 0,25 mg 3xsehari maka diturunkan dengan cara 0,25 mg 2x sehari dalam 1-2 hari, selanjutnya 0,25 mg 1x sehari pada hari ke tiga selama 1-2 hari setelahnya benar-benar dihentikan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi efek withdrawal. Efek ini dapat menyebabkan kecemasan yang lebih tinggi daripada sebelum menggunakan obat Alprazolam.

      jika sudah diresepkan dan sudah mengkonsumsi 1 mg 1x sehari maka tetap gunakan Alprazolam 1 mg 1 x sehari selama 1 minggu atau sesuai dengan petunjuk dokter yang meresepkan, setelahnya gunakan dosis 0,5 mg 2x sehari sampai berhenti menggunakannya. Hindari Alkohol dan rokok selama menggunakan obat ini.

      Terapi Ansietas sebaiknya disertai dengan terapi psikologis kepada psikolog untuk membantu terapi kecemasan yang mba nafiah alami. Semoga membantu, semoga lekas sembuh. Salam Apoteker

      Delete
    2. berarti kalau menggunakan apazol hanya saat2 tertentu seperti itu ga boleh ya pak ?

      tapi ada kenalan saya yang selalu minum xanax setiap kali akan manggung buat ngilangin demam panggungnya, itu bagaimana menurut bapak ? berbahayakah ?

      terima kasih sebelumnya pak,,

      Delete
    3. sangat tidak diperbolehkan, obat tersebut memiliki efek seperti narkoba. efek samping yang tidak terkontrol adalah ketergantungan terhadap obat tersebut sama seperti narkoba.

      efek Alprazolam adalah menenangkan pada pasien cemas tetapi bentuk kecemasan ini tidak sama dengan kecemasan atau demam panggung walaupun bisa menenangkan tetapi dengan minum obat Alprazolam tidak mengatasi gangguan kecemasan, sehingga afeknya hanya seperti sugesti agar saat manggung bisa lebih tenang. saran saya sebaiknya tidak menggunakan secara bebas obat-obat yang bertanda "K" terlebih pada obat-obat psikotropik.

      Delete
    4. saya masih belum jelas pak,,
      terus kecemasan seperti apa yg diatasi dengan alprazolam itu ?

      berarti pantas saja saya masih sering merasa cemas saat mau presentasi atau sejenisnya walaupun saya sudah rutin minum apazol ya pak.

      satu lagi pak, apakah ANTIPRESS boleh digunakan berbarengan dengan alprazolam ? dan bagaimana menghilangkan efek samping mualnya pak ?

      Delete
    5. kategori kecemasan yang diharuskan terapi dengan Ansietas adalah kecemasan berlebih walaupun bersifat subjektif tiap indiidu akan merasakan berbeda tingkat kecemasannya. Kecemasan berat atau ringan dapat juga dilihat dari fisiologis pasien seperti jantung berdebar, telapak tangan berkeringat, mulut kering, mudah terkejut, mudah marah, susah tidur, takikardi, gemetar, palpitasi. Ganguan psikologis seperti agorafobia, fobia spesifik, fobia sosial, gangguan obsesif-kompulsif dan gangguan stres setelah trauma. Gejala ansietas berat serupa dengan takut. Walaupun begitu setiap orang pasti pernah merasakan ansietas ringan seperti tampil di depan banyak orang (presentasi, panggung dll) mayoritas hal ini tidak memerlukan pengobatan khusus dengan Alprazolam. Penggunaan Alprazolam diperlukan suatu diagnosis yang lengkap seperti :
      1. Pemeriksaan riwayat dan fisik, termasuk pemeriksaan neurologi.
      2. Evaluasi pengaruh potensial dari obat dan zat.
      3. Penyaringan (screening) dengan studi diagnostik, contoh darah rutin, konsentrasi kalsium, level hormon tiroid dan elektrokardiogram

      Pengobatan kecemasan sebaiknya dengan metode pendekatan psikologis untuk menemukan penyebab utama terjadinya kecemasan itu. Jadi jika kecemasan yang anda alami sepertinya tidak termasuk dalam kategori kecemasan berat yang memerlukan obat.

      Antara Alprazolam dan sertraline (Antipres) tidak terjadi interaksi obat tetapi sama halnya dengan Alprazolam penggunaan obat ini tidak bisa sembarangan. Perlu diagnosa lengkap untuk mendapatkan obat ini agar terapi bisa tepat sasaran.

      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
  67. selamat malam pak aji
    22 th menikah 155/49kg
    saya mau tanya,,apakah pemakaian albothyl concentrate berbahaya untuk ibu hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam mba'
      dalam keterangan Albothyl dengan zat aktif polycresulen memang perhatian khusus pada pasien wanita hamil dan menyusui terutama pada trisemester 1. obat ini digunakan jika memang benar2 dibutuhkan oleh pasien wanita hamil. saya sarankan untuk tetap berkonsultasi pada dotker spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah mba' membutuhkan terapi Albothyl. Semoga membantu

      Delete
  68. selamat malam pak,
    saya ingin bertanya mengenai obat stobled.
    apa stobbled itu sama dengan obat china yunnan baiyo? karena diliat dr komposisi kandungannya sama.
    apakah ada obat herbal lainnya dengan fungsi yang sejenis?
    kalo ada obat apa?
    bagaimana caranya kita mengetahui obat tersebut obat inovator atau mito? mengingat komposisinya bahan alam.

    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam, Bpk/Ibu
      kami tidak menemukan informasi tentang Stolbed berdasarkan penelitian ilmiah tetapi pada informasi BPOM Stolbed adalah obat untuk mengurangi pendarahan/peradangan. literatur yunnan baiyo yang kami temukan adalah "Yunnan Baiyao capsules are an effective and safe haemostatic Chinese medicine" terdapat dalam jurnal NCBI PUBMED yg dapat dipercaya. mohon maaf kami tidak/belum mendalami produk2 herbal lokal/china yang memiliki khasiat sebagai anti pendarahan.

      cara paling mudah untuk mengenali apakah suatu obat adalah inovator atau meeto produk adalah harganya. karena produk obat inovator memiliki paten sehingga memiliki keleluasaan penentuan harga yang biasanya sangat mahal. meeto produk obat diproduksi setelah masa paten obat inovator habis sehingga industri obat lain dapat memproduksinya dan harganya lebih murah dari inovator.

      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
    2. maaf saya ingin bertanya lagi..
      jadi apakah stobled dan yunnan baiyao itu sama?
      jika saya ingin mencari jurnal meta analisis mengenai komposisi dari obat tersebut kira-kira kata kunci apa yg tepat? karena saya sudah mencoba mengakses beberapa jurnal namun belum banyak informasi mengenai kedua obat tersebut. terutama kandungan bahan alam apa yg berkhasiat dlm obat tersebut.

      terima kasih sebelumnya..

      Delete
    3. terima kasih atas jawabannya pak.
      saya ingin bertanya lagi, jadi stobled dengan yunnan baiyao itu sama ya?
      bagaimana sih caranya agar kita dapat mengakses jurnal-jurnal meta analisis mengenai kandungan obat tersebut? dan kata kunci apa yg tepat?
      karena saya sudah mencoba mencari jurnal2 namun informasi mengenai kedua obat tersebut sangat minim sekali. terlebih saya ingin mengetahui kandungan berkhasiat dr tanaman tersebut yg berguna untuk pengobatan pendarahan tersebut.
      dan sebetulnya ini adalah tugas yang saya dapatkan di kuliah saya..
      ^^

      terima kasih sebelumnya..

      Delete
    4. berdasarkan informasi dari BPOM RI
      kandungan Yunan Baiyao adalah :
      - Bornolum syntheticum
      - Herba geranii & herba erodii
      - Menispermi rhizoma
      - Radix notoginseng
      - Rhizoma dioscorea

      kandungan Stobled adalah :
      - Borneolum Syntheticum
      - Herba Geranii Herba Erodii
      - Radix Et rhizoma Notoginseng
      - Rhizoma Dioscoreae
      - Rhizoma Dioscoreae Nipponicae
      - Rhizoma Menispermi

      penelitian meta analysis adalah penelitian analisis secara mendalam dari berbagai penelitian dengan topik yang sama, sehingga penelitian ini termasuk dalam tipe penelitian besar. kata kunci pencarian silahkan dengan keyword "meta analysis yunan baiyao" atau meta analysis (nama tumbuhan dalam kandungan yunan baiyao atau stobled) dicari satu per satu.

      beberapa link yang bisa diakses
      http://lib.bioinfo.pl/paper:23052909*
      http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTOTAL-LNZY201012026.htm*
      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19087695*
      http://www.biomedsearch.com/nih/effect-Yunnan-Baiyao-reduction-intra/17672962.html*
      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22800696*

      hapus tanda (*) pada akhir link
      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
    5. terima kasih banyak pak atas bantuannya..

      Delete
    6. sama-sama, senang bisa berbagi :)

      Delete
  69. Diharapkan setiap konsultasi menyertakan :

    Nama popoy
    Umur 51
    Berat dan Tinggi Badan 60 dan 160
    1. pyrazinamide 500 mg
    2. rifampicin 450 mg
    3.nocid glurenorm 30 mg
    4. candesartan
    saya terkena penyakit diabetes, dan setelah pemeriksaan kata dokternya saya kena TB paru, dan setiap kali saya meminum obat yang diatas, jantung saya terasa sangat berdebar...
    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. apa orang yg menderita diabetes bisa membuat kena TB paru??
    2. knp setiap kali saya meminum obat, jantung saya terasa berdebar
    3. sejujurnya saya tak percaya, saya kena TB paru, karena saya bkn perokok, dan juga peminum minuman keras...
    tolong saran dan masukannya.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang Bpk Aritonang
      1. diabetes bukan sebagai penyebab TB paru tetapi pasien diabetes memiliki kecenderungan lebih besar terhadap infeksi TB paru daripada orang sehat. karena sifat diabetes adalah imunosupresi yang menurunkan tingkat imunitas tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi TB paru.

      2. dari obat yang disebutkan Bpk, saya mencurigai pada dosis candesartan. karena jika dosisnya berlebih dapat mengakibatkan meningkatnya denyut jantung (berdebar). akan lebih baik lagi jika informasi penggunaan candesartan lengkap dengan dosis dan berapa kali penggunaan tiap hari

      3. rokok dan minumam keras juga bukan penyebab TB paru, karena TB paru disebabkan oleh bakteri Tuberculosis. merokok dan minumam keras akan memperburuk keadaan pasien TB paru. untuk meyakinkan Bpk terkena TB paru atau tidak silahkan meminta test laboratorium TB di Rumah Sakit dengan beberapa test sehingga diagnosisnya akan lebih akurat.

      semoga dapat membantu pengobatan Bpk aritonang, Salam Apoteker

      Delete
  70. selamat malam pak aji wibowo.
    maaf, saya ingin bertanya tentang penyakit ibu saya.. saat ini kata dokter, beliau terkena penyakit jantung, tapi lebih mengarah ke sesak napas, ibu memang pernah terkena penyakit asma.

    sudah 3 bulan,ibu mengkonsumsi obat jantung. yang ingin saya tanyakan :

    1. apakah dengan mengkonsumsi obat2an tersebut, tidak menimbulkan efek samping seperti ginjal ? apakah mesti dikonsmsi setiap hari ?
    2. apakah selain minum obat dokter, apa bisa meminum susu semacam anlene atau obat asam urat seperti neouralgin.. dikarenakan kadangkala agak susah berjalan.

    demkian.. terima kasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Bpk/Ibu
      penyakit kardiovaskular/jantung memang terdapat gejala sesak napas oleh karena itu pemeriksaan terhadap sakit jantung atau asma perlu diagnosa yang lebih akurat.

      1. mohon disebutkan obat-obat'an tersebut karena ada banyak jenis penyakit pada jantung dengan obat dan efek samping yang berbeda. tetapi secara keseluruhan obat-obat tersebut lebih besar manfaatnya pada terapi pengobatan sakit jantung daripada efeksampingnya pada ginjal.
      2. untuk mengetahui lebih akurat sebaiknya berkonsultasi langsung kepada Apoteker dan dokter yang memeriksa. saya tidak bisa menyebutkan bisa atau tidak jika mengkonsumsi anlene atau neuralgin karena tidak ada informasi obat jantung yang dimaksud.


      semoga membantu, Salam Apoteker

      Delete
  71. Selamat Siang Pak Aji Wibowo,

    Saya mau menanyakan obat batuk promethazine expetorant syrup apakah boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil. Umur saya 27 Tahun, usia kehamilan 5 bulan jalan 6 bulan.
    Kalau tidak boleh, obat apa yang boleh dikonsumsi saat hamil.
    keluhannya adalah dari tanggal 21 nov saya demam/meriang, batuk, tenggorokan sakit. saya tidak berani minum obat-obatan warung, takut mempengaruhi si jabang bayi. saya hanya minum madu dan susu anmum materna 2x sehari. kemudian hari tgl 22 sudah tidak demam lagi, tapi pilek serta hidung tersumbat dan karena pilek jadi pusing kepalanya dan batuk. untuk makanan kemarin saya mengkonsumsi sayur bayam dicampur dengan oyong. sebaiknya bagaimana ya dok? karena mempengaruhi aktivitas saya bekerja. sulit untuk berkonsentrasi.
    Kemudian sampai saat ini saya kalau bekerja mengendarai motor, apakah berbahaya untuk si bayi?

    Demikian, mohon sarannya dok.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Ibu, maaf sebelumnya saya sampaikan halaman konsultasi obat ini oleh Apoteker bukan dokter.

      Promethazine memiliki index keamanan ibu hamil pada grade C (terbaik adalah grade A) dan obat ini tidak dianjurkan digunakan pada wanita hamil, tetapi jika obat tersebut diresepkan oleh dokter maka kemungkinan ada pertimbangan lain.

      berdasarkan pada cerita ibu di halaman konsultasi obat ini, sepertinya gejala yang dirasakan ibu adalah Flu dan demam biasa tidak seperti pada indikasi promethazine yang lebih banyak digunakan untuk terapi alergi. Cara penanganan ibu terhadap flu dengan memakan sayuran hijau dan madu asli sudah tepat karena bisa meningkatkan imunitas tubuh ibu selama kehamilan. Jika gejala Flu (hidung tersumbat, sakit kepala, pilek dan batuk) mengganggu kegiatan ibu, disarankan menggunakan obat Flu seperti Nalgestan. Berdasarkan index keamanan ibu hamil pada kategori B (lebih aman daripada kategori C) atau cukup minum paracetamol untuk menghilangkan sakit kepala.

      Untuk pertanyaan terakhir sebaiknya ibu berkonsultasi pada bidan atau pada dokter kandungan. Semoga Ibu dan bayi’nya dalam keadaan sehat.

      semoga membantu. Salam Apoteker

      Delete
  72. Erlina A S.Farm.,Apt25 Nov 2012 18:11:00

    I every tіme spent my hаlf an hour to read this blog's articles along with a mug of coffee, very nice job's mas aji wibowo and happy birthday anyway. Salam apoteker

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba' erlina.. mohon koreksinya dari senior hehee..

      Salam Apoteker

      Delete
  73. Terima kasih banyak Pak Aji, sangat amat membantu sarannya.

    Alhamdulillah, saya tidak meminum promethazine tersebut karena saya awam untuk komposisi obat tersebut, tetapi lebih banyak mengkonsumsi herbal (madu dan sayuran).

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Ibu, senang bisa membantu..
      bijaksana dalam menggunakan obat akan menghindarkan ibu dari efek samping yang tidak diinginkan terlebih pada kondisi ibu sedang hamil. kosumsi herbal pun perlu kehati-hatian karena semua bahan/zat yang bermanfaat sebagai pasti obat memiliki efek samping

      Delete
  74. Selamat siang Pak Aji,

    Saya mau bertanya tentang obat Pariet 20 mg, Saya mempunyai masalah asam lambung yang cenderung tinggi jadinya harus minum pariet setiap hari. sayangnya harga pariet cukup mahal, apakah ada generikny?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi pak dhimas, pariet 20 mg dengan zat aktif obat Rabeprazol sampai saat ini belum ada generiknya. tetapi jika Bpk terhambat karena harga, ada suatu penelitian tentang efektifitas biaya antara rabeprazol dan generik ranitidine yaitu rabeprazol lebih efektif walaupun harga satuannya lebih malah daripada generik ranitidine.

      Salam Apoteker

      Delete
  75. Saya ryan sekarang sementara komsumsi obat herbat menyembuhkan ejakulasi dini, dan obatnya herbal bermerek vimax dari kanada, apakah obat herbal ini aman dikomsumsi selama 3 bulan,

    Sebelum saya minum saya udah periksa fungsi hati dan ginjal normal, apakah obat herbal ini tdk akan merusak fungsi hati dan ginjal saya

    terima kasih

    mohon jawaban dan tanggapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mas ryan, merk VIMAX yang terdaftar di BPOM memiliki kandungan Sildenafil Sitrat yang digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi dengan produsen ROEMMERS SA.ICF - Argentina bukan VIMAX yang dijual bebas di internet. jika produk tersebut tidak terdaftar di BPOM RI sebaiknya tidak digunakan karena tidak dapat dipertanggung jawabkan keamanannya termasuk keamanan pada fungsi ginjal dan hati.

      Salam Apoteker

      Delete
  76. selamat malam pak aji saya apakah masalah yang timbul ketika pengobatan tbc d hentikan?
    dan apakah efek samping dari menkonsumsi ryfamisin dan INH bisa seperti yang saya alami
    1. kulit gatal kemerahan
    2. mulut kering seperti sariawan dan susah menelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi Bpk Criztianto
      TBC disebebkan oleh bakteri sehingga jika pengobatan dihentikan maka efek negatif yang sangat ditakutkan adalah resistensi pada bakteri tersebut terhadap Antibiotik yang digunakan saat ini. jika bakteri resistensi ini menyebar ke orang lain melalui udara dari pasien maka Antibiotik yang ada saat ini sudah tidak bisa mengatasi sakit TBC akibatnya adalah manusia kan sangat rentan terserang TBC sampai tidak ada obat yang mampu dengan efektif membunuh bakteri TBC.

      benar sekali Bpk, gejala tersebut merupakan efek samping dari INH dan Isoniazid. jika efek samping tersebut sangat mengganggu sebaiknya disampaikan ke dokter dengan informasi lengkap agar mendapatkan terapi obat lainnya serta konsultasikan kepada Apoteker terkait cara penggunaan obat tersebut.

      Salam Apoteker

      Delete
  77. sore pak aji....., ibu saya mengalami gangguan gak bisa tidur kalo malam, beliau kena penyakit stroke ringan,....., bagaimana kalo saya kasih xanax 1 mg ? apakah berbahaya >/ mksh pak aji

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk/Ibu
      pemberian xanax sebaiknya dengan diagnosa yang lengkap, mohon maaf saya tidak bisa memberikan saran aman atau tidak agar menghindari penggunaan xanax secara bebas.
      Terimakasih, Salam Apoteker

      Delete
  78. selamat malam pak aji,
    saya mau nanya jumlah persentase penderita hipersensitivitas obat di indonesia dalam kurun waktu 5 tahun ini berapa ya ?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Bpk/ibu
      untuk keakuratan data tersebut silahkan menghubungi pusat litbangkes pusat di jalan percetakan negara jakarta. terimakasih

      Delete

  79. Yth pa aji saya joko minum vimax from kanada apa betul bisa dipertanggjawabkan ini daftarnya :
    Health Canada product number: 159345, USA Trademark: 3307253, Canada Trademark: TMA690523
    Affiliate Program: OA Internet Services Ltd. Credit Card Billing: Izef llc., Pillsexpert Inc.
    Isinya :
    Dodder seed (seman Cuscutae), Epimedium Sagittatum 4:1 Ext (bark), Ginkgo Biloba Pwd, Panax Ginseng (root), Saw Palmetto Pwd, Hawthorne Berry (Fructus Crataegi), Inosine Anhydrous, Avena Sativa Ext 10:1 (Oat Straw Ext), Cayenne Pepper (Fruit) Pwd.
    Other Ingredients: Magnesium Stearate. Contains NO yeast, wheat gluten, corn, milk/dairy, sodium, sugar, artificial coloring, preservatives or flavoring.

    Amankah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbicara aman atau tidak sebaiknya ada data penelitian ilmiah yang lengkap bukan berdasarkan "katanya" merk VIMAX yang terdaftar di BPOM RI berisi sildenafil sitrat (lihat tulisan terbaru saya tentang obat kuat) indikasi obat ini untuk disfungsi ereksi tetapi bukan dikonsumsi setiap hari. jadi hanya pada saat akan melakukan hubungan sexual. produk VIMAX yang disampaikan oleh Bpk tidak terdaftar dalam database BPOM jadi tidak ada yang bisa menjamin keamanannya.

      Terimakasih, semoga membantu

      Delete
  80. selamat siang...
    saya mau tanya pak...saya sering merasa cemas, gelisah yang berlebihan, bahkan kadang untuk alasan yang tidak saya ketahui. doketer mendiagnosa saya menderita gangguan cemas dan depresi ringan. saya diberikan obat, salah satunya apazol. setelah membaca penjelasan bapak untuk obat ini, saya berniat untuk menghentikan pengobatan ini. yang ingin saya tanyakan, saya baru dua kali meminum obat ini, yaitu malam 1/2 dan paginya 1/4. apakah bisa langsung saya hentikan pemakaiannya pak? terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore Bpk/ibu mohon maaf baru saya balas hari ini. penggunaan Apazol dengan indikasi dan penggunaan yang tepat bisa dikatakan tidak berbahaya walaupun tetap diperhatikan efek samping yang mungkin muncul pada Bpk/Ibu.

      penggunaannya juga berdasarkan pada anjuran dokter yang meresepkan misal untuk digunakan dalam waktu 4 hari atau 1 minggu maka Bpk/Ibu tetap menggunakannya sampai akhir hari yang dianjurkan. untuk proses penghentiannya tidak bisa instan dalam 1-2 hari, biasanya bersifat subjektif antar individu. faktor kemauan untuk menghentikan juga sangat berpengaruh. mulailah dengan mengurangi dosis pemakaian misal sebelumnya 2x sehari maka diminum 1x sehari selama 1-2 hari lalu kurangi dosisnya menjadi setengah 1x sehari 1-2 hari setelahnya dihentikan dan buang sisa obat yang masih ada.

      Terimakasih, Semoga membantu Salam Apoteker

      Delete
  81. selamat sore. saya baru mengkonsumsi apazol sebanyak 2 kali, yaitu malam 1/2 dan paginya 1/4. bisakah saya langsung menghentikannya? terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore Bpk/ibu mohon maaf baru saya balas hari ini. penggunaan Apazol dengan indikasi dan penggunaan yang tepat bisa dikatakan tidak berbahaya walaupun tetap diperhatikan efek samping yang mungkin muncul pada Bpk/Ibu.

      penggunaannya juga berdasarkan pada anjuran dokter yang meresepkan misal untuk digunakan dalam waktu 4 hari atau 1 minggu maka Bpk/Ibu tetap menggunakannya sampai akhir hari yang dianjurkan. untuk proses penghentiannya tidak bisa instan dalam 1-2 hari, biasanya bersifat subjektif antar individu. faktor kemauan untuk menghentikan juga sangat berpengaruh. mulailah dengan mengurangi dosis pemakaian misal sebelumnya 2x sehari maka diminum 1x sehari selama 1-2 hari lalu kurangi dosisnya menjadi setengah 1x sehari 1-2 hari setelahnya dihentikan dan buang sisa obat yang masih ada.

      Terimakasih, Semoga membantu Salam Apoteker

      Konsul http://farmatika.blogspot.com/p/konsultasi-obat.html#ixzz2EG7iO6Q3

      Delete
  82. selamat sore...saya baru dua kali mengkonsumis apazol, malam 1/2 tablet, pagi 1/4. bisakah saya langsung menghentikan pemakaian apazol...??terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore Bpk/ibu mohon maaf baru saya balas hari ini. penggunaan Apazol dengan indikasi dan penggunaan yang tepat bisa dikatakan tidak berbahaya walaupun tetap diperhatikan efek samping yang mungkin muncul pada Bpk/Ibu.

      penggunaannya juga berdasarkan pada anjuran dokter yang meresepkan misal untuk digunakan dalam waktu 4 hari atau 1 minggu maka Bpk/Ibu tetap menggunakannya sampai akhir hari yang dianjurkan. untuk proses penghentiannya tidak bisa instan dalam 1-2 hari, biasanya bersifat subjektif antar individu. faktor kemauan untuk menghentikan juga sangat berpengaruh. mulailah dengan mengurangi dosis pemakaian misal sebelumnya 2x sehari maka diminum 1x sehari selama 1-2 hari lalu kurangi dosisnya menjadi setengah 1x sehari 1-2 hari setelahnya dihentikan dan buang sisa obat yang masih ada.

      Terimakasih, Semoga membantu Salam Apoteker

      Konsul http://farmatika.blogspot.com/p/konsultasi-obat.html#ixzz2EG7iO6Q3

      Delete
    2. selamat siang, maaf ada gangguan sistem Blogspot sehingga jawaban komentar halaman konsultasi obat tidak bisa ditampilkan..

      sebaiknya nama merk obat ditulis lengkap saja agar informasi yang coba kami berikan lebih akurat. penurunan berat badan 4 Kg dalam 1 bulan masih dianggap normal tetapi bukan karena penyakit dan tidak makan. sebaiknya tetap ada asupan makanan yg bergizi. banyak penyebab rasa mengganjal di tenggorokan, lendir yang menggumpal dan ada peradangan di sekitar tenggorokan. kalaupun terkena virus maka obat Antibiotik Azitromicin dalam zibramax menjadi tidak efektif. Azitromicin digunakan untuk terapi peradangan akibat bakteri.

      Delete
  83. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang dunia farmasi adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas apresiasinya, semoga blog ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat Online

      Delete
  84. Selamat sore doc..,saya ingin tanya., apakah ada obatnya utk penyakit Sperti "Veruka Vulgar" ini yg ada diwajah sya, katanya harus dioperasi, apa benar doc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore, sebelumnya kami bukan dokter melainkan Apoteker. Obat yang spesifik untuk Veruka Vulgaris (kutil) memang tidak ada. terapi utama untuk menghilangkan kutil adalah operasi kecil di daerah kutil tersebut.

      semoga membantu, Salam Apoteker

      # Halaman Konsultasi Obat dilanjutkan pada Link ini http://farmatika.blogspot.com/p/konsultasi-apoteker.html atau arahkan kursor mouse pada halaman Konsultasi Obat pada bagian atas klik Konsultasi

      Delete
Top Health blogsMy Ping in TotalPing.com Top Blogs Page Ranking Tool TopBlogIndonesia.com