Fitofarmaka

fitofarmaka
Logo Fitofarmaka

Fitofarmaka adalah obat tradisional dari bahan alam yang dapat disetarakan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia dengan kriteria memenuhi syarat ilmiah, protokol uji yang telah disetujui, pelaksana yang kompeten, memenuhi prinsip etika, tempat pelaksanaan uji memenuhi syarat. Dengan uji klinik akan lebih meyakinkan para profesi medis untuk menggunakan obat herbal terstandar di sarana pelayanan kesehatan. Masyarakat juga bisa didorong untuk menggunakan obat herbal karena manfaatnya jelas dengan pembuktian secara ilmiah. 

Adapun masyarakat menggunakan bahan alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya menggunkan sebagai obat tradisional atau jamu maka dari itu isi makalah ini membahas tentang resep obat tradisional dan bukti penggunaannya di masyarakat. 

Produk Fitofarmaka yang sudah disetujui BPOM
Nodiar/tablet : untuk pengobatan diare nonspesifik
Rheumaneer/kapsul : untuk pengobatan nyeri sendi ringan sampai sedang
Stimuno/kapsul : sebagai immunomodulator  dan sebagai terapi adjuvan dalam pengobatan tuberkulosa
X-gra/kapsul :  untuk disfungsi ereksi dengan atau tanpa ejakulasi dini
Tensigard agromed/kapsul : untuk menurunkan tekanan darah sistolik/diastolik pada hipertensi ringan hingga sedang

Fitofarmaka dapat dikatakan sebagai obat herbal tertinggi dari Jamu dan Herbal Terstandar karena proses pembuatannya sudah mengadopsi CPOB dan sampai uji klinik pada manusia.

Aji Wibowo,S.Farm.,Apt.,M.P.H
Semoga Bermanfaat Wallahu a’lam bishshawab

16 Komentar :

  1. dian mei saputri1 Oct 2012, 14:54:00

    makasih kak aji wibowo S,farm apt ..
    krn ini tugasku jadi dech .. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa membantu tugas mba' dian mei saputri. tapi jangan cuma copas aja yah hehee..kalau untuk tugas perlu ada analisis atau tambahan reverensi yg lebih lengkap dari yg saya tulis di sini

      Delete
  2. ada yang tau gimana cara dapetin obat rheumeneer???

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kontak langsung pada apotek terdekat jika tidak ada mba' inassa bisa memesannya dari Apotek

      Delete
  3. kode registrasi fitofarmaka bagaimana yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode registrasi Fitofarmaka hampir mirip dengan kode registrasi Obat Lainnya

      kode awal adalah FF= Fitofarmaka serta ada 9 digit kode angka yaitu :
      dua digit pertama : Tahun Pendaftaran Produk
      satu dikit kedua : Bentuk perusahaan; 1= Industri Farmasi, 2= IOT, 3= IKOT, 4= Importir
      satu digit ketiga : Bentuk sediaan; 1= Rajangan, 2= Serbuk, 3= Kapsul, 4= Pil, granul, boli/bolus, pastiles, jenang/dodol, 5= Tablet/kaplet, 6= cairan, 7= Salep/krim, 8= Koyo/plester, 9= Bentuk lain.
      lima digit terakhir : Nomor urut produk

      Salam Apoteker

      Delete
  4. mau tanya ni kak...yang saya tahu produk fitofarmaka kan tidak telalu banyak. sebenarnya apa sih yang menjadi kesulitan atau kendala suatu produk untuk menjadi fitofarmaka? makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi dari salah satu perusahaan yang memproduksi fitofarmaka : untuk penelitian obat herbal sampai uji klinik pada manusia (Fitofarmaka) biayanya mencapai Rp 10-50 miliar. Sementara anggaran penelitian dari pemerintah untuk penelitian obat herbal maksimal hanya sekitar Rp 60 juta. Yap lagi-lagi terkendala pada biaya, hal ini berbeda dengan tetangga utara kita yang bisa memberikan biaya sampai miliaran untuk penelitian yang dikerjakan oleh para ahlinya

      Delete
    2. Kak Aji, sy mau tanya. Apakah penelitian Fitofarmaka hanya diperuntukan utk perusahaan? Apakah penelitian S-1 dibidang Farmakologi bisa dijadikan fitofarmaka?

      Delete
    3. Penelitian pada tingkat produk fitofarmaka saat ini baru bisa dilakukan oleh suatu perusahaan produsen obat karena biaya yang digunakan sangat besar. Penelitian S1 pada bidang farmakologi terbatas pada penelitian efek dari suatu zat aktif bahan tradisional. Contoh : agen anti kolesterol yang diekstrak dari limbah kulit udang. penelitian S1 baru sebatas hal tersebut belum sampai pada tingkat produk fitofarmaka yang memerlukan penelitian klinis pada manusia

      Delete
  5. Ini harus di update nih, kan fitofarmaka sudah ada 7 kalo gak salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas info yang diberikan Mba Feby Anggraini, Mei 2013 Ketua BPOM sedang menguji dokumen penelitian 4 CALON produk Fitofarma baru yaitu disolf (untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah), dismeno, (membantu meredakan nyeri haid), inclacin (untuk memperbaiki resistensi insulin) dan redacid dari PT Dexa Medica. Artinya produk tersebut masih dalam tahap "naik kelas" karena sampai saat ini label yang tercantum pada produk tersebut masih "Jamu" bahkan belum menyentuh "Obat Herbal Terstandar" urutan "Naik Kelas" produk tersebut adalah Jamu --> Obat herbal Terstandar --> Fitofarmaka

      Delete
  6. mau tanya apakah fitofarmaka dan fitomedisin itu sama?produk-produk fitomedisin itu seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitomedisin adalah penggunaan bagian tumbuhan untuk tujuan pengobatan. Fitofarmaka adalah obat tradisional dari bahan alam yang dapat disetarakan dengan obat modern. jadi Fitofarmaka adalah produknya. Fitomedisin adalah istilah penggunaan produk fitofarmaka untuk pengobatan pasien.

      Delete
  7. Pak Aji, mo nanya kalo supply chain produk kategori fitofarmaka seperti apa ya? Tidak hanya sekadar dilihat dr proses ada tidaknya pengujian, tapi lebih kepada rantai nilai yg lebih detil. Apakah ada info terkait hal ini? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ibu Ariana, saya tidak memiliki info nyata terkait bagaimana supply chain industri farmasi produk Fitofarmaka

      Delete

Terimakasih, Komentar anda berisi :

1. Nama Komentator adalah Nama anda sebenarnya

2. Kalimat Sopan, Bijak, Positif dan sesuai dengan Topik Coretan (Baca : Tulisan)

3. Promosi, Link Hidup, dan Spammer akan saya tempatkan khusus di Folder Spam

Maaf jika komentar anda tidak langsung dibalas karena kesibukan Offline saya




My Ping in TotalPing.com Page Ranking Tool TopBlogIndonesia.com BlogrollCenter.Com Health